4 Features Every Mobile Commerce App Needs to Have

Merancang aplikasi perangkat berbasis e-commerce merupakan salah satu cara yang tepat untuk mendatangkan penjualan bagi bisnis online. Hal tersebut dikarenakan konversi yang dihasilkan lebih tinggi di website yang dibuka pada aplikasi perangkat. Tetapi, hal tersebut tidaklah mudah untuk dilaksanakan.
 
Aplikasi perangkat berbasis e-commerce yang berkualitas memiliki fitur umum yang sama dari satu dengan lainnya. Elemen spesifik ini seluruhnya berfokus pada meningkatkan pengalaman pengguna, mendatangkan penjualan dan meningkatkan konversi.
 
Entah jika aplikasi Anda masih berjalan atau baru ingin dikembangkan, menambahkan fitur yang tepat dapat mengarahkan Anda pada kesuksesan dan juga penjualan yang tinggi. 
 
Maka dari itu, berikut ini beberapa fitur yang dapat kami berikan untuk membantu Anda menambahkan fitur-fitur berkualitas agar aplikasi perangkat Anda senantiasa berkualitas dan memberikan pengalaman pengguna yang baik untuk calon pelanggan potensial.
 
Push Notifications
 
Manfaat yang jelas terlihat dari aplikasi perangkat berbasis e-commerce Anda adalah untuk berkomunikasi dengan penggunanya secara langsung. Anda tidak memiliki keuntungan ini dengan website berbasis perangkat atau desktop untuk hal tersebut.
 
Ketika dimanfaatkan secara baik, mengirimkan push notifications pada waktu yang tepat dapat membawa bisnis Anda lebih banyak penjualan. Push notifications dapat digunakan sama seperti kampanye pemasaran melalui email yang Anda jalankan. Anda dapat mengirimkan informasi pembaruan produk, diskon, promosi, dan penawaran lainnya. 
 
Jika penawaran yang Anda miliki cukup menarik sehingga Anda ingin mengirim pesan kepada pelanggan Anda tentang hal tersebut, maka Anda dapat mengirimkannya dalam bentuk push notifications.
 
70% pengguna aplikasi menganggap push notifications sangatlah bermanfaat. 40% orang terlibat dengan push notifications dalam satu jam jika dibandingkan dengan hanya 8% yang mengabaikannya sama sekali.
 
Berikut adalah rincian hal yang paling diinginkan yang diinginkan pengguna pada sebuah aplikasi konten dari push notifications yang mereka dapatkan:
 
  • Promosi - 34%

  • Perkembangan baru - 26%

  • Informasi Berdasarkan Lokasi - 26%

  • Lainnya - 14%

Merilis flash sale untuk produk Anda? Kirim push notifications untuk memberitahu pengguna. Ingin merilis produk dengan jumlah ketersediaan yang terbatas? Beri tahu pengguna dengan hal tersebut. Pertimbangkan untuk menggunakan push notifications dalam memperbarui informasi yang dibutuhkan pengguna tentang pesanan mereka. Misalnya, Anda dapat mengirim pesan "paket terkirim" saat pesanan mereka tiba di depan pintu.
 
Location Tracking
 
Hampir 26% pengguna aplikasi menginginkan push notifications yang relevan dengan lokasi mereka. Selain itu, 53% orang setuju untuk membagikan lokasi mereka dengan aplikasi seluler. Gunakan data penting ini sebagai keuntungan Anda dalam meningkatkan strategi pemasaran dari berbisnis dengan perangkat. Ada banyak cara berbeda untuk memanfaatkan pelacakan lokasi bagi aplikasi berbasis perangkat.
 
Jika Anda yang memiliki lokasi ritel fisik, Anda dapat memiliki fitur "pencari lokasi toko" dalam aplikasi Anda. Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk menemukan toko terdekat dengan posisi mereka saat ini.
 
Menurut survei konsumen, kemampuan untuk menemukan lokasi toko fisik dari aplikasi merupakan salah satu fitur yang  bernilai dari aplikasi perangkat.
 

 
Selain fitur lokasi toko, Anda dapat menggunakan teknologi geofencing untuk mengirim push notifications yang relevan. Jika pengguna aplikasi melihat toko Anda, Anda dapat langsung mengirimi mereka push notifications yang mendorong mereka untuk mampir dan membeli produk Anda. Meskipun Anda tidak memiliki toko fisik, pembatasan wilayah ini masih sangat berguna untuk mendorong konversi dari website Anda.
 
Profil Pengguna
 
Mengizinkan pengguna untuk masuk dan melakukan pembelian dari profil pelanggan merupakan keuntungan utama dalam bisnis e-commerce berbasis aplikasi perangkat. Fitur ini memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya bagi Anda dan juga pelanggan Anda. 
 
Sebagai permulaan, profil pengguna memberi Anda begitu banyak insight tentang pikiran setiap pelanggan. Anda dapat merekomendasikan produk yang relevan berdasarkan riwayat pembelian dan riwayat penjelajahan mereka.
 
Pelanggan senang karena mereka mendapatkan penawaran yang dipersonalisasi, dan Anda juga dapat senang karena rekomendasi tersebut akan menghasilkan penjualan. 90% orang menganggap personalisasi ini menarik.
 
 
Seperti yang Anda lihat, 80% konsumen mengatakan bahwa mereka lebih cenderung melakukan transaksi dengan brand yang menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi. Selain personalisasi, profil pelanggan membuat perjalanan pengguna aplikasi jauh lebih mudah.
 
Karena semua informasi mereka disimpan ke profil, mereka dapat berbelanja dan keluar dalam hitungan detik. Pikirkan tentang berapa banyak informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi. Minimal, Anda tentunya menanyakan hal-hal seperti nama pelanggan, nomor kartu kredit, alamat penagihan, alamat pengiriman dan alamat email.
 
Setiap langkah tambahan yang harus diambil pelanggan mengurangi peluang mereka untuk berkonversi. Dari perangkat mereka, memasukkan semua informasi ini  terasa membosankan. Namun, pengguna aplikasi hanya perlu melakukan ini sekali. Kemudian informasi tersebut dapat disimpan dan digunakan untuk pembelian di masa mendatang.
 
Integrasi Media Sosial
 
74% pembeli dipengaruhi oleh media sosial dalam keputusan pembelian. Anda dapat berasumsi (dan berharap) bahwa bisnis Anda sudah aktif hadir di media sosial. Jadi, integrasikan saluran tersebut dengan aplikasi perangkat  Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari mereka.
 
Inilah alasannya. Ada kemungkinan bahwa pelanggan yang memasang aplikasi seluler Anda tidak mengikuti Anda di media sosial. Bahkan pelanggan Anda yang paling loyal pun tidak akan membuka aplikasi Anda setiap hari, tetapi kemungkinan mereka menggunakan media sosial setiap hari.
 
Menambahkan halaman Facebook atau feeds Instagram pada aplikasi Anda dapat mendorong pengguna untuk mengikuti Anda. Pada hari-hari ketika mereka tidak berbelanja melalui aplikasi, Anda masih dapat berinteraksi dengan pengguna tersebut melalui media sosial.
 
Integrasi media sosial juga menghemat waktu Anda dalam menambahkan konten pada aplikasi Anda. Misalnya, jika Anda memasang plugin YouTube, video apa pun yang diunggah ke saluran YouTube Anda akan muncul secara otomatis di aplikasi. Jadi, Anda tidak perlu mengunggahnya dua kali.
 
 
Berikut adalah beberapa fitur yang sekiranya dapat Anda miliki dalam aplikasi perangkat untuk bisnis e-commerce yang Anda miliki. Jika Anda masih membutuhkan bantuan, kami dapat membantu Anda. 
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: BuildFire

Related Articles