4 Ways COVID-19 Is Affecting Search Traffic & How SEOs Can Respond

Pertanyaan tentang setiap praktisi SEO adalah “bagaimana COVID-19 ini mempengaruhi matriks SEO?” Jawabannya adalah, tergantung. Karena pencarian merefleksikan kebiasaan manusia, COVID-19 tentunya mempengaruhi setiap industri dengan cara yang berbeda. 
 
Sebagai contoh, sama seperti ketika orang-orang mengantri di luar supermarket, website e-commerce yang menjual kebutuhan serupa juga mengalami permintaan dan traffic yang besar. Hal ini juga mengganti sebagian besar berita di luar. Contohnya, impressions dan traffic untuk makanan yang tidak mudah rusak meningkat tinggi saat himbauan tentang social distancing dan untuk tetap di rumah diberikan oleh pemerintah. 
 
Sebagai praktisi SEO, kita harus merespon wabah ini. Berikut ini beberapa dampak yang dihasilkan oleh COVID-19 terhadap SEO dan bagaimana cara kita meresponnya dari berbagai data website:
 
Website E-Commerce Yang Menjual Kebutuhan Penting Mengalami Peningkatan Traffic
 
Kami yakin bahwa tidak hanya satu website e-commerce pun (setidaknya yang menjual hal-hal penting) yang mengalami lonjakan besar dalam impressions dan trafficnya. Traffic ini berdatangan dari setiap orang yang mencari tisu kamar mandi, hand sanitizer, tisu basah, termometer dan sebagainya yang merupakan produk pencarian yang sangat diinginkan dalam menghadapi pandemi ini. Permintaan besar ini, sama seperti produk alternatif lainnya, menciptakan kueri baru seperti “penjual tisu toilet di dekat saya” atau “penjual hand sanitizer di dekat saya.”
 
Disisi lain, banyak penjual dengan barang yang tidak menjual produk yang berkaitan dengan pandemi ini mengalami penurunan yang cukup signifikan, seperti produk yang berkaitan dengan perjalanan, seperti koper. Tetapi, hal yang mungkin saat ini belum terlihat penting, akan menjadi penting kedepannya. 
 
Dalam waktu yang sama banyak pusat kebugaran yang mulai tutup, dan semakin banyaknya melihat lonjakan impressions dan traffic untuk hal-hal seperti "ring fit" dan opsi kebugaran dalam ruangan lainnya. Atau bagaimana ketika pengusaha mulai memberi arahan untuk kerja-dari-rumah? Ya, - hal ini beredar bersamaan dengan lonjakan untuk hal-hal seperti "kursi kantor" dan "meja kantor" mulai bermunculan di data kueri.
 
Respon Yang Baik
 
Permintaan dari pengguna tentunya sangat tinggi saat ini, tetapi permintaan ini bergeser lebih besar ke arah produk yang dibutuhkan untuk menghindari atau menghadapi pandemi ini. Bagi anda yang merupakan praktisi SEO dalam e-commerce, anda dapat mempertimbangkan pembuatan segmen dari halaman produk yang tinggi permintaan, berdasarkan data traffic website, untuk mengawasi perubahannya. Jangan lupa untuk senantiasa melakukan crawl bagi halaman tersebut secara berkala. Awasi file log website anda untuk memastikan bahwa mereka tidak menyediakan bot error dalam menghadapi permintaan pengguna. Buatlah halaman tersebut mudah untuk ditemukan dari navigasi website anda. Perhatikan data kueri untuk halaman tersebut dan pastikan bahwa konten anda merefleksikan intensi pengguna saat ini. 
 
Website Kesehatan Mengalami Lonjakan Peningkatan Traffic
 
Garis kesehatan dan kesejahteraan hidup merupakan sebuah hal yang senantiasa berjalan bersamaan. Baru-baru ini, Google sering menindak konten yang menyediakan saran dan informasi tentang isu kesehatan (tergantung dari kualitas pedoman mereka), dengan standar yang tinggi. Sebagai hasil dari merebaknya COVID-19, website tentang kesehatan dan kesejahteraan yang kami lihat beberapa minggu terakhir ini mengalami lonjakan traffic yang begitu tinggi. Hal ini dikarenakan kueri yang makin berkembang seperti “gejala virus corona.”
 
Banyak orang yang tampaknya kurang peduli tentang hal-hal seperti puasa intermiten. Tampaknya juga ada pertanyaan dalam uptick untuk solusi alami seperti "herbal antivirus," "minyak esensial antibakteri," dan "makanan antivirus."
 
Respon Yang Baik
 
Berusaha lebih keras untuk E-A-T (Expertise-Authoritativeness-Trust) dengan jenis konten yang menyesuaikan isu saat ini lebih penting daripada sebelumnya. Orang-orang beralih ke mesin pencari untuk menjawab pertanyaan medis mereka, yang merupakan tanggung jawab yang tidak bisa dianggap enteng.
 
Traffic Website Perjalanan Ada Dimana - Mana
 
Mungkin anda berpikir bahwa website perjalanan mengambil traffic besar karena pembatasan perjalanan dan social distancing. Namun, traffic dan impressionsnya ternyata malah meningkat. Mungkin saja bisa dikarenakan orang-orang yang membatalkan, menyesuaikan waktu perjalanan, atau mendapatkan pengembalian uang dari tiket yang sudah mereka beli. Tetapi, nyatanya jauh dari hal tersebut. Banyak traffic dan impressions yang meningkat untuk kueri seperti “penerbangan murah” -  yang mungkin disebabkan karena semua pembatalan, orang-orang berasumsi bahwa perusahaan penerbangan akan menjual tiket dengan harga diskon yang lebih murah. 
 
Kueri tentang hotel lebih menurun, khususnya di lokasi yang berdekatan dengan tempat umum seperti Disneyland. Tidak mengherankan, pertanyaan seperti pelayaran juga cenderung menurun. Industri perjalanan bergerak di berbagai sektor seperti penerbangan, hotel, kapal pesiar, dan banyak lagi. Dampak yag spesifik akan terjadi secara variatif tergantung pada sektornya. Namun secara keseluruhan, industri perjalanan pasti merasakan dampaknya.
 
Respon Yang Baik
 
Seperti dikatakan Kevin Gibbons, perusahaan perjalanan kemungkinan besar akan bergeser dan memperkuat dukungan pelanggan dan manajemen reputasi, bukan akuisisi. SEO website dalam industri perjalanan dapat membantu upaya ini dengan memonitor data kueri untuk melihat di mana permintaan audiens berubah, dan menggunakannya untuk menginformasikan dukungan dan upaya PR kepada pengguna. 
 
Situs Website Penerbit Berita Sangat Tinggi Permintaan
 
Hal ini tidak mengejutkan, tetapi lonjakan yang besar terjadi di bagian impressions dan traffic untuk website penerbit khususnya berita. Banyak orang mencari tentang peta persebaran virus corona dan bagaimana corona virus ini berdampak pada stok pasar. Satu hal yang dapat dipastikan adalah untuk saat ini, tentunya kita akan melihat informasi dan berita seputar hal tersebut. 
 
Respon Yang Baik
 
Jika jurnalis senantiasa melaporkan berita dan pembaruan tentang virus corona, penerbit dalam SEO dapat menawarkan beberapa dukungan seperti:
 
  • Mengawasi file log untuk memastikan bahwa halaman AMP tidak gagal dimuat. 

  • Mengawasi halaman berdasarkan tanggal unggahan untuk memastikan bahwa bot mesin pencari melakukan crawl terhadap halaman baru. 

  • Menggunakan data pencarian untuk menginformasikan dimana minat publik dalam situasi ini. 

  • Mengkoordinasikan konten yang tahan lama untuk mengimbangi volatilitas musiman dan berbasis berita.



 
 
Setelah memahami lebih dalam tentang bagaimana COVID-19 dapat mempengaruhi SEO dari website anda, kini saatnya anda memperbarui sistem dalam website anda untuk tetap dapat beradaptasi dengan wabah ini. 
 
Jika anda baru saja memulai bisnis anda dan memerlukan website yang sederhana namun profesional dilengkapi dengan SEO yang membantu anda untuk semakin memiliki peringkat tinggi dalam mesin pencarian, kami memiliki solusinya. 
 
Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 

Related Articles