5 Basic Types of Web Pages

Untuk kebanyakan orang saat ini, tentunya sudah cukup sulit untuk membayangkan kehidupan tanpa website dan internet. Berbagai website telah membantu kita dalam setiap aktivitas seperti memasak, berbelanja, mendukung edukasi kita dengan banyaknya data, membuat kita cepat dalam menemukan informasi dan berita, membantu mengelola, mengkalkulasi, bekerja dan berkomunikasi. Menurut data dari Internet Live Stats, hampir 1.8 miliar website ditemukan hingga bulan Agustus tahun 2020. Jadi, perbedaan dari setiap website dalam pendekatan desain dan solusi senantiasa diperlukan. Dan juga, ada beberapa halaman dasar bagi beberapa struktur website. Berikut ini beberapa jenis halaman dasar yang dapat kami informasikan.
 
Beranda / Halaman Utama (Homepage)
 
Homepage merupakan salah satu halaman paling strategis yang dimiliki dari sebuah website. Halaman tersebut disebut sebagai home karena menjadi titik awal dari perjalanan pengguna dimana mereka mendapatkan pengenalan dasar tentang website dan memilih ke arah mana perjalanan mereka akan dilanjutkan. Homepage biasanya berisikan tautan ke dalam zona yang paling penting dari website tersebut. Dengan kata lain, kehadirannya dapat menjadi halaman awal atau halaman indeks. Homepage merupakan awal dari perjalanan pengguna jika mereka diarahkan ke dalam website tersebut oleh mesin pencarian. Dalam beberapa kasus, halaman tersebutlah yang memiliki jumlah terbesar dari segi pengunjung website.
 
Homepage biasanya memiliki kolom pencarian sebagai dasar dari fungsi orientasi untuk beberapa website yang dipersonalisasi yang menyajikan dari berbagai area navigasi dan menampilkan berbagai kategori data kepada pengguna. Halaman tersebut juga dapat memiliki pesan sambutan dan blok copy dengan slogan atau penjelasan tentang manfaat dari website atau brand yang dimiliki. Jadi, dalam cakupan pemasaran website, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memiliki desain homepage yang konsisten dan sejalan dengan perusahaan atau brand untuk memberikan asosiasi visual yang kuat.
 
Tampilan dan struktur dari homepage mungkin dapat berbeda dari website dimana pengguna memasukkan data dan membuat akun. Dalam hal ini, hal tersebut seringkali terjadi, khususnya saat ada pengguna yang sudah memiliki akun dan yang tidak. Contohnya, jaringan sosial website untuk pengguna yang sudah memiliki akun dan masuk ke dalamnya mungkin terlihat seperti feeds yang tersusun rapi dengan berbagai pembaruan. Sementara untuk pengguna yang belum masuk dengan akun mereka, tampilannya bisa saja berupa halaman yang menyajikan manfaat dari website dan formulir registrasi untuk mereka. Dalam website e-commerce, homepage tersebut biasanya menunjukkan promosi terbaik dan menyajikan akses cepat untuk berbagai kategori produk.
 
Bergantung pada tujuan bisnis dan target audiens, solusi desain untuk homepage dapat berbeda dari satu website dan website lainnya - Beberapa website mungkin bergantung pada seberapa banyak informasi yang diberikan dan beberapa website lain ingin menyajikan pengunjung dengan efek dan konten media atau animasi yang menarik perhatian dan membuat nuansa tertentu bagi pengguna.
 
Halaman Layanan (Services Page)
 
Halaman ini cukup memiliki tujuan yang sama dengan halaman portofolio - menyajikan profesionalitas untuk klien potensial. Namun, dibandingkan dengan menunjukkan pekerjaan dan produk apa yang sudah dikerjakan seperti dalam halaman portofolio, halaman ini memberikan pengenalan terhadap layanan atau produk yang diberikan oleh perusahaan atau brand terkait. 
 
Dan lagi, halaman ini bukanlah halaman dimana pengunjung menghabiskan banyak waktu untuk membaca banyak teks. Jadi, Anda harus membuat presentasi visual dari halaman ini sangat mudah dibaca dan dipindai. Anda dapat menggunakan poin dan deskripsi yang yang jelas tanpa banyak slogan di dalamnya. Gambar juga dapat membantu tampilan visual dari halaman ini karena dapat lebih mudah dipersepsikan dan memiliki kekuatan untuk mengatur nuansa hati dan emosional yang tepat dari sebuah brand
 
Halaman Produk (Product Page)
 
Halaman produk merupakan salah satu halaman paling vital dari setiap website e-commerce. Halaman ini memberikan setiap informasi yang diperlukan tentang produk yang memperbolehkan pengguna untuk memeriksa foto, opsi warna yang berbeda, membaca ulasan dan peringkat dari pembeli sebelumnya, dan menempatkan produk tersebut dalam keranjang belanja mereka. Halaman produk yang dirancang dengan buruk dapat menyia-nyiakan seluruh usaha yang dilakukan untuk membuat pengguna masuk ke dalam halaman, khususnya untuk produk tersebut. Jadi, berfokuslah untuk memberikan fungsi yang baik, kejelasan, keterbacaan, dan membuat tombol CTA yang dapat dengan mudah disadari keberadaannya.
 
Halaman About (About Page)
 
Halaman ini merupakan halaman yang membuat pengguna lebih mudah untuk mengetahui segala informasi tentang perusahaan, produk, atau orang dibalik website yang berkaitan. Halaman ini merupakan bagian penting dari branding yang kuat dan merupakan jalan pintas untuk memberitahu pengguna tentang manfaat apa yang dapat mereka rasakan jika menggunakan produk atau layanan dari perusahaan terkait. Dan juga, pengguna dapat melihat berbagai pengenalan dasar dari perusahaan atau brand yang bersangkutan dalam halaman ini. Tautan halaman ini biasanya disertakan dalam homepage di bagian atas (header) bawah (footer), atau keduanya.
 
Halaman Blog (Blog Page)
 
Sederhananya, sebuah blog merupakan jenis halaman website yang dirancang untuk memberikan informasi atau diskusi dalam topik tertentu. Kehadirannya dapat diibaratkan sebagai sebuah jurnal atau catatan harian yang disimpan oleh setiap orang secara online, tempat membagikan pikiran atau keahlian sebuah brand dan juga menjadi halaman yang digunakan untuk mengundang pembaca untuk mendiskusikan suatu masalah dalam bagian komentar.
 
Dengan berbagai variasi dalam blog saat ini, Anda mungkin dapat menemukan blog yang pribadi dan profesional, dan sebagian lainnya ditujukan untuk menulis catatan harian aktivitas orang tertentu. Blogger membagikan unggahan mereka dan menjadikannya konten dasar yang dijalankan berbasis website Dalam hal ini, blog dapat dikategorikan sebagai satu website terpisah.
 
Namun, dalam satu hingga dua dekade terakhir, beberapa situasi sudah lebih berkembang. Dalam sebagian besar bidang, kompetisi akan blog senantiasa meningkat dan tinggi dalam website. Untuk senantiasa tetap berada pada peringkat yang tinggi dalam mesin pencarian, website yang bersangkutan tidak hanya berkoresponden dengan bagian teknis dan persyaratan desain saja tetapi juga harus senantiasa memperbarui konten di dalamnya.
 
Sekarang, Anda dapat menemukan blog yang dimasukkan ke dalam e-commerce dan website perusahaan, platform pendidikan, serta portofolio. Dalam hal ini, blog bukanlah hanya menjadi bagian dari sebuah website tetapi juga menjadi bagian yang menyajikan berita dan artikel menarik seputar tema dari website yang berkaitan.
 
Dalam kasus akhir-akhir ini, website senantiasa memerlukan halaman blog yang dapat ditunjukkan dalam halaman artikel atau feeds. Presentasinya mungkin berbeda mulai dari daftar kronologikal hingga berbagai bagian berbeda dari fitur artikel. Seluruh hal tersebut bergantung pada frekuensi penambahan unggahan baru dan preferensi dari apa yang ingin ditampilkan kepada pengunjung website. 
 
 
Berikut adalah 5 jenis umum dari halaman website yang biasa Anda temukan secara online. Jika Anda ingin mulai membuat website untuk meningkatkan visibilitas dari bisnis Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Tubik Studio

Related Articles