5 Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Online Customer dengan Metode Sisipan Paket

Sisipan paket merupakan item yang biasa ditambahkan oleh para pemilik bisnis atau penjual e-commerce kedalam pesanan dari customer sebelum paket dikirimkan. Hal ini dapat menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk memaksimalkan strategi pemasaran & meningkatkan loyalitas customer Anda. Menyisipkan produk tambahan ini memberikan konsep kejutan tidak terduga yang untuk customer dan hal ini sangat tepat untuk meningkatkan citra positif di mata customer.
 
Pelanggan tidak perlu membayar apapun untuk setiap sisipan dalam paket yang mereka terima. Justru, sisipan tersebut digunakan untuk lebih meningkatkan kesadaran mereka terhadap kampanye promosi yang Anda lakukan dan juga branding dari produk atau toko Anda. Hal tersebut juga terbukti sebagai salah satu gestur positif yang hemat biaya dalam membangun hubungan yang baik dengan customer dibandingkan dengan program-program lainnya.
 
Mengapa Sisipan Paket Ini Berperan Penting?
 
Setiap pesanan tentunya tidak senantiasa memberikan kesan positif bagi customer Anda saat menerimanya. Mereka selalu berekspektasi terhadap produk atau paket yang akan mereka terima, terkadang ekspektasi tersebut terpenuhi namun terkadang juga tidak. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi misalnya, karena pengiriman yang lama atau produk yang kurang sempurna di mata pelanggan. 
 
Hal kecil seperti menggunakan sisipan paket kedalam pesanan customer, apabila dilakukan secara tepat bisa menjadi alternatif dalam memperkuat branding Anda atau bisa juga menutupi kekurangan dari yang ekspektasikan customer. Mari kita lihat beberapa alasan utama lainnya mengapa sisipan paket ini berperan penting:
 
  • Sisipan Paket Hemat Biaya: Tidak perlu menginvestasikan sejumlah uang yang besar untuk dapat memberikan sisipan paket kedalam setiap pesanan customer. Tidak harus berupa produk, Anda bisa saja menyisipkan sebuah kupon potongan diskon yang ditujukan kepada customer Anda untuk digunakan pada pembelian selanjutnya.
  • Penggunaan Sisipan Lebih Tertarget: Penerima dari sisipan ini bukanlah lagi sembarang orang melainkan customer dari toko Anda, baik itu customer dari marketplace ataupun webstore brand Anda. Anda tahu jelas apa yang mereka beli, dan produk apa yang kemungkinan mereka sukai, oleh karena itu gunakanlah informasi ini untuk menyesuaikan sisipan paket yang tepat serta membahagiakan customer Anda saat menerimanya.

  • Tidak Diperlukan Biaya Pengiriman Tambahan: Customer Anda sudah membayarkan pesanannya berikut dengan biaya pengiriman, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah memanfaatkan kesempatan ini sebagai media program retensi customer dengan mengirimkan barang namun tanpa biaya pengiriman tambahan.

  • Sisipan Paket Dapat Dimanfaatkan untuk Cross-Selling: Karena Anda tahu persis apa yang disukai oleh customer, Anda bisa saja menyisipkan brosur promosi atau produk sampel yang dapat meningkatkan potensi bagi toko Anda untuk melakukan cross-selling.

  • Sisipan Paket Bisa Dijadikan Alternatif untuk Melikuidasi Produk Anda: Daripada terbuang sia-sia, barang dagangan yang sulit dijual dapat diubah menjadi alat pemasaran untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Hal itu tentunya dapat dilakukan dengan menjadikannya sisipan dalam paket untuk customer Anda.

  • Sisipan yang Tepat dapat Meningkatkan Loyalitas Customer: Customer lebih cenderung kembali ke brand yang menghargai dirinya, dan sisipan paket dapat memberikan kesan positif tersebut kepada customer untuk merasa lebih istimewa.

Berikut beberapa jenis opsi sisipan paket yang paling populer digunakan oleh para pelaku bisnis online baik di e-commerce marketplace maupun webstore:
 
Penawaran Diskon 
 
Salah satu jenis sisipan yang paling populer di kalangan e-commerce adalah penawaran diskon. Meskipun Anda dapat mengirimkannya melalui email, bisa saja kupon tersebut masuk kedalam folder spam mereka. Oleh karena itu, memasukan kupon langsung ke dalam kotak pesanan jauh lebih efektif dibandingkan e-mail dikarenakan kupon tersebut langsung diterima di tangan customer saat membuka paket mereka.
 
Plus, hal tersebut juga meninggalkan kesan pengingat yang lebih nyata di benak mereka untuk melakukan pembelian selanjutnya. Ini merupakan salah satu cara paling hemat biaya dalam membuat diskon atau penawaran untuk customer Anda. Anda cukup mencetaknya pada sebuah kertas/karton yang umumnya berukuran sebuah kartu nama.

Sampel Produk
 
Sampel dapat menjadi nilai tambah yang bagus untuk pengiriman produk Anda karena beberapa alasan. Pertama, tergantung pada produk yang Anda jual, terkadang Anda dapat mendapatkan sampel gratis dari vendor Anda. Kedua, sampel produk memberikan cara yang tepat dalam cross-selling kepada pelanggan dan memperkenalkan mereka pada produk dan lini produk lain yang mungkin tidak mereka ketahui atau ingin mereka coba sebelumnya.

Hadiah Kecil
 
Sama seperti sampel, hadiah kecil dapat menjadi cara yang tepat untuk mengejutkan dan menyenangkan pelanggan tanpa membuat mereka merasa seperti dihasut untuk membeli produk lain. Hadiah yang Anda berikan tidak harus mahal. Karena unsur tidak terduga, sebagian besar pelanggan pasti akan tetap terkejut meski sekecil apapun hadiahnya.

Terkadang hadiah kecil dan murah pun sudah cukup untuk membuat setiap customer Anda merasa diistimewakan. Hal ini bisa menjadi pemicu respon psikologis yang kuat dan membuat orang ingin membalas kebaikan Anda, serta dapat membantu mendorong pembelian yang berulang sambil membuat semua orang merasa senang dengan transaksi tersebut.

Kartu Ucapan Terima Kasih & Sentuhan Personal
 
Sisipan paket yang paling sederhana, paling murah, dan paling personal yang dapat Anda tambahkan ke pesanan customer adalah kartu ucapan terima kasih yang ditulis tangan. Kartu sederhana ini dapat menjadi simbol kedekatan antara Anda dengan customer Anda. Sebagai tanda bahwa Anda mengenal dan menghargai setiap pembelian yang dilakukan oleh customer Anda dan juga loyalitas mereka.

Kartu mungkin sangat efektif bagi Anda yang baru memulai bisnis ini, karena sentuhan personal ini merupakan keunggulan kompetitif yang tidak dapat lagi ditawarkan oleh sebagian besar perusahaan berskala besar. Gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk membangun relasi dengan customer Anda.

Berikut beberapa tips dalam menulis catatan terima kasih kepada pelanggan Anda:
 
  • Jika Anda cukup memiliki budget, Anda dapat menggunakan alat tulis yang berkualitas seperti pena tinta, kertas karton atau kertas custom dan lainnya

  • Pastikan untuk menuliskan nama pelanggan tersebut

  • Ungkapkan rasa terima kasih Anda, dengan menyatakan dengan jelas alasan pengiriman catatan tersebut

  • Sebutkan detail yang Anda miliki tentang pengalaman Anda dengan setiap pelanggan 

  • Singgung interaksi masa depan Anda dengan pelanggan

  • Tutup dengan tanda tangan profesional Anda namun tetap dengan kesan hangat dari Anda. (contohnya seperti Hormat Kami, Best Regards, Warm Regards, Cheers, dsb).
Ulasan Produk atau Permintaan untuk “Sebarkan Lewat Media Sosial”
 
Karena pesanan yang dikirim biasanya mewakili akhir dari transaksi bagi sebagian besar pelanggan, sisipan paket Anda bisa juga menjadi tempat yang tepat untuk meminta ulasan produk atau meminta pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka melalui media sosial yang mereka miliki.
 
Siapkan Sisipan Spesial Anda untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Pada akhirnya, sisipan paket Anda yang akan berbicara untuk memberikan nilai lebih yang melampaui ekspektasi dan kecocokan penawaran yang tepat kepada online customer Anda. Seperti semua upaya pemasaran yang Anda lakukan, pastikan untuk senantiasa menguji program penyisipan pesanan yang berbeda dan penawaran berbeda untuk membangun program yang efektif dalam meningkatkan loyalitas, penjualan, dan keuntungan bisnis e-commerce Anda.
 
 
Jika Anda masih kesulitan dalam membangun strategi penjualan, kewalahan dalam mengelola toko, pesanan, pengemasan, hingga pengiriman paket untuk customer Anda,
Jet Commerce bisa menjadi solusi lengkap untuk segala permasalahan bisnis e-commerce yang Anda hadapi.
 
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce enabler & solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan Jet Commerce meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment service (storing products - order processing – packing – shipping by logistic partners).
 
Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer Brand Partners kami merupakan sebuah prioritas.
 
 
 
 
Reference: Shopify

Related Articles