5 Common Mistakes E- Commerce Website Owners Make & How to Prevent Them

Terlepas dari seberapa besar pengalaman Anda, tentunya masih ada kesalahan yang mudah dibuat ketika menjalankan bisnis e-commerce. Sepanjang perjalanan, tentunya Anda pernah melewati percobaan dan tantangan yang tentunya membuat Anda menjadi lebih matang dalam berbisnis dan semakin profesional. 
 
Maka dari itu, dalam artikel berikut ini, kami berusaha untuk membagikan beberapa masalah umum yang dapat Anda temui saat menjalankan bisnis berbasis e-commerce Anda dan bagaimana cara yang tepat untuk mencegahnya terulang kembali.
 
Mencegah Spam & Serangan Setelah Terlambat
 
Pencegahan proaktif untuk serangan spam dan DDoS disarankan jika Anda ingin mencegah pekerjaan pembersihan membosankan yang diperlukan untuk menyingkirkan akun spam yang tak terhitung jumlahnya dan atau menangani efek pasca serangan DDoS.
 
Banyak CMS yang saat ini memiliki fitur bawaan yang membantu mengurangi spam umum di website Anda. Serangan DDoS biasa terjadi pada website E- Commerce yang mendorong banyak penjualan dan traffic. Terutama jika Anda memiliki pesaing yang mengetahui rahasia serangan DDoS dan cara mengaksesnya. Hal ini tidak sulit untuk dilakukan, dan sayangnya, hal tersebut terjadi cukup sering.
 
Alasan mengapa pelaku spam menargetkan banyak website e-commerce adalah karena ada begitu banyak website di luar sana yang memungkinkan akun dibuat dan pada akhirnya membuka pintu belakang untuk mendapatkan tautan balik atau peretasan. Untuk mencegah pelaku spam membuat akun palsu di website Anda, pastikan untuk menginstal Recaptcha oleh Google atau layanan serupa. Menurut pengalaman kami, Recaptcha melakukan pekerjaannya dengan sangat baik jika dibandingkan dengan solusi berbayar lainnya.
 
Untuk menghentikan serangan DDoS, kami merekomendasikan layanan seperti Cloudflare, yang telah ada sejak lama, dan sangat efektif dalam mengurangi serangan DDoS yang benar-benar dapat memperlambat bisnis Anda. 
 
Alat ini adalah layanan berbayar, tetapi dalam pengalaman kami selama bertahun-tahun, alat ini adalah layanan yang sepadan dengan biayanya untuk mencegah waktu henti dari bisnis Anda. 
 
Menduplikasi Konten Produk Dibandingkan Dengan Membuat Yang Baru
 
Jika Anda memiliki website e-commerce dan ingin memberi peringkat secara organik untuk kata kunci khusus bagi produk, maka Anda perlu menulis konten produk Anda sendiri. Google tidak menghargai konten yang anda duplikasi. Mengambil deskripsi pabrikan dan menyalinnya adalah langkah pemula yang akan mencegah Anda untuk mendapatkan peringkat bagi kata kunci khusus untuk produk, dalam banyak kasus.
 
Dibandingkan dengan mengambil jalan keluar yang mudah, luangkan waktu untuk mengembangkan deskripsi produk yang unik, dan dapatkan juga gambar asli produk Anda jika memungkinkan. Semakin unik media dan konten yang Anda miliki untuk halaman produk, semakin baik. Meluangkan waktu untuk menambahkan tautan internal ke deskripsi produk Anda ke halaman yang relevan juga berguna jika Anda ingin membangun sistem tautan internal yang kuat untuk membangun otoritas halaman dari halaman lain pada website Anda.
 
Inti yang dapat Anda ambil dalam poin ini adalah untuk memimpin, bukan mengikuti dari segi konten produk Anda. Google lebih menghargai website yang memiliki konten produk asli jika dibandingkan dengan halaman produk yang menduplikasi konten yang sudah ada dan telah diindeks Google. 
 
Kekurangan Sistem Filter Katalog Yang Baik
 
Jika Anda memiliki banyak kategori produk, Anda HARUS memiliki sistem filter yang kuat untuk mempersempit hasil dari kueri pencarian pengguna. Hal ini adalah salah satu elemen terpenting bagi website untuk mengubah traffic menjadi penjualan pada tingkat yang lebih baik.
 
Saat Anda memberikan opsi filter bagi pelanggan untuk memilih kisaran harga dari minimum hingga maksimum, hal tersebut akan sangat memudahkan mereka untuk menemukan produk sesuai anggaran mereka. Jika Anda menambahkan filter untuk harga, warna, ukuran, dan berbagai metrik lainnya, hal ini dapat menciptakan pengalaman yang sangat positif untuk pengguna Anda dalam menemukan apa yang mereka cari.
 
Meningkatkan tingkat transaksi e-commerce dari sebuah website dapat mengarah pada peningkatan pendapatan,penjualan dan profitabilitas dalam banyak kasus.
 
Memiliki Proses Checkout Yang Rumit
 
Salah satu masalah terbesar dengan sebagian besar CMS adalah memiliki sistem pembayaran yang terlalu rumit. Hal ini dapat menjadi penghambat bagi website e-commerce dan membuat pelanggan frustasi dalam perjalanan berbelanja mereka. Pada akhirnya, proses pembayaran yang buruk dapat menyebabkan nilai transaksi yang juga buruk.
 
Untuk menyempurnakan proses pembayaran Anda, Anda dapat mencoba menghapus bidang atau langkah apa pun yang tidak 100% diperlukan untuk memenuhi pesanan secara efektif. Misalnya, banyak pemilik website e-commerce yang meminta pembuatan akun sebelum pembelian dapat dilakukan. Menawarkan guest checkout seringkali merupakan ide yang lebih baik untuk Anda terapkan karena hanya membutuhkan lebih sedikit langkah dalam prosesnya. 
 
Anda dapat menggunakan solusi yang dikenal sebagai "One Step Checkout" yang menyimpan semua proses check-out pada satu halaman. Halaman ini juga memiliki alat pelengkap otomatis dan saran bawaan untuk setiap kolom alamat yang dapat membantu pelanggan Anda agar hanya menekan sedikit. Lebih sedikit langkah dalam proses pembayaran biasanya menghasilkan lebih sedikit keranjang belanja yang ditinggalkan.
 
Secara Otomatis Memasukkan Pelanggan Ke Dalam Email Newsletter Anda
 
Satu kesalahan umum lainnya yang seringkali dilakukan oleh pemilik website e-commerce terjadi di halaman checkout. Kesalahan dibuat saat pemilik website mensinkronisasikan setiap perangkat lunak pemasaran berbasis email dengan proses pembayaran. Mungkin memang ide ini terlihat baik untuk menambahkan semua pelanggan ke daftar newsletter pemasaran berbasis email Anda pada awalnya.
 
Tetapi, hal ini dapat menjadi langkah yang sangat buruk kecuali jika Anda secara khusus menanyakan mereka apakah mereka ingin bergabung dengan menyisipkan kotak centang pada halaman checkout Anda. Kotak centang untuk bergabung dengan newsletter Anda tidak perlu dicentang secara default untuk menjaga akun pemasaran email Anda agar tetap berjalan.
 
Sebagian besar platform pemasaran email akan menonaktifkan akun Anda jika Anda memiliki rasio pentalan (bounce rate) tinggi di daftar email Anda. Dengan menambahkan pengguna ke daftar email yang mendapatkan newsletter, Anda berisiko memiliki tingkat berhenti berlangganan dan tingkat penyalahgunaan yang tinggi.
 
 
 
Berikut adalah beberapa masalah umum yang dapat Anda temukan ketika menjalankan bisnis e-commerce. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola atau membuat website untuk bisnis e-commerce Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
 
Reference: SEMRush
 

Related Articles