5 Completely Sane Reasons Why You Shouldn’t Stop SEO Efforts During COVID-19

Pandemi global bernama COVID-19 mempengaruhi hampir setiap bagian dari kehidupan seluruh masyarakat di dunia. Menurunnya rantai perekonomian karena dampak wabah ini, banyak bisnis yang mengubah strategi, menimbun uang tunai, dan mempersiapkan kemungkinan terburuk. Tetapi nyatanya, bisnis terkadang dapat berkembang dalam situasi ini. 
 
Tentunya akan ada yang menang dan kalah dalam situasi normal di dunia bisnis. Dan kebanyakan pemenangnya akan menginvestasikan hasil tersebut dalam pemasaran di mesin pencarian. 
 
Berikut ini lima alasan mengapa anda masih perlu melanjutkan strategi pemasaran melalui mesin pencarian dalam situasi COVID-19 ini:
 
Pemasaran Melalui Mesin Pencari Menghasilkan Uang Tunai
 
Saat turunnya ekonomi seperti saat ini, uang tunai dapat diibaratkan sebagai raja. Bagi mereka yang memiliki uang tunai, atau arus kas, untuk mendorong bisnis mereka dalam keadaan sulit ini merupakan bisnis yang dapat keluar dari waktu sulit. Satu-satunya teknik pemasaran yang dapat memproduksi ROI selain pemasaran melalui mesin pencarian adalah penggunaan opt-email list. daftar email opt-in ini tidaklah tumbuh dari pohon. Daftar tersebut harus dibuat dengan menghasilkan permintaan - dan pemasaran melalui mesin pencari adalah salah satu cara terbaik untuk membuat daftar email opt-in yang menguntungkan ini.
 
Pemasaran melalui mesin pencari baik berbayar maupun gratis meraih pelanggan saat mereka memiliki kebutuhan. Strategi ini memproduksi penjualan dan mengarahkan pengguna secara otomatis karena mereka terkoneksi langsung dengan merk saat mereka mencari produk atau layanan anda.
 
Orang-orang masih membutuhkan produk dan layanan, bahkan jika mereka dikarantina selama 14 hari karena virus ini. Faktanya, saat menghabiskan waktu di rumah, mereka akan lebih sering mencari produk secara online. Dengan menempatkan merk anda di depan mereka, tentunya anda akan lebih mudah mengarahkan mereka untuk mengambil keputusan dalam pembelian. 
 
Bahkan jika keseluruhan penjualan dari produk dan jasa yang anda tawarkan mengalami penurunan karena pandemi ini, anda masih tetap bisa menyisihkan sedikit penghasilan anda untuk berinvestasi dalam program pemasaran di depan konsumen. 
 
Pencarian Dapat Diukur
 
Jika Anda telah memasarkan produk anda tetapi mengalami krisis anggaran, masuk akal bagi Anda untuk memindahkan upaya Anda ke konsumen yang memiliki niat pembelian yang lebih cepat. Pemasaran mesin pencari juga seperti itu - tetapi yang lebih penting, Anda dapat membuktikan apakah Anda berhasil atau tidak. Tidak seperti upaya "branding", lebih mudah bagi anda untuk melihat apakah pemasaran mesin pencari berjalan dengan efektif.
 
Yang perlu anda lakukan untuk mengukur penjualan anda adalah dengan melihat analytics. Hal ini dapat membuat anda untuk memutar anggaran dan usaha jika diperlukan. Kebiasaan pembeli tentunya akan senantiasa berubah secara signifikan dalam beberapa bulan ke depan. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memastikan bahwa strategi pemasaran anda dapat dengan mudah diputar mengikuti situasi saat ini. 
 
Pemasaran melalui mesin pencari secara alami merupakan hal reaktif. Pemasar dalam mesin pencari yang kompeten akan bereaksi terhadap data dan taktik yang juga senantiasa berubah. Pemasar dapat memindahkan anggaran ke dalam kata kunci yang lebih memiliki intensi pembeli lebih kuat, atau mempromosikan konten yang dapat menarik perhatian pengguna dalam keadaan saat ini. Tetapi pada akhirnya, jika anggaran anda tidak terlalu besar, setiap sen dari anggaran tersebut haruslah efektif. 
Dengan pemasaran melalui mesin pencari ini, anda dapat mengetahui lebih cepat apakah anggaran anda memberikan hasil yang positif bagi perkembangan bisnis anda. 
 
Orang Akan Lebih Sering Mencari Sesuatu Saat Terjadi Kelangkaan
 
Sudah ada indikasi yang menunjukkan bahwa kebutuhan akan lebih sulit dicari di masa-masa saat ini. Mungkin sekarang daftar pencarian terbanyak di toko e-commerce seperti Tokopedia adalah tentang masker, tisu toilet, dan barang sejenis dengan harga yang juga tinggi. Saat kebutuhan umum mulai langka, konsumen akan lebih giat untuk mencarinya. Jika barang tersebut malah tidak tersedia, konsumen akan mencari alternatif lainnya. 
 
Jika anda dapat muncul di hasil pencarian saat mereka mencari kebutuhan atau layanan yang langka, bisnis anda dapat menjadi penerima rejeki tersebut. Jenis kelangkaan yang mungkin kita lihat dalam beberapa bulan mendatang belum pernah terjadi sebelumnya di sebagian besar kehidupan kita.
Pemasar mesin pencari yang berpikiran maju akan mencari peluang untuk:
  • Memanfaatkan kelangkaan barang tertentu.

  • Mulai bekerja untuk memberi peringkat untuk item-item itu, serta memberi peringkat dalam topik di sekitar item-item itu.

Banyak pakar SEO yang akan membangun kampanye dengan membangun tautan di sekitar alternatif produk yang terlalu mahal dan sulit ditemukan. Mereka yang dapat memanfaatkan SEO akan berjalan lebih baik, karena biaya kata kunci di sekitar item langka kemungkinan besar akan meningkat dengan meningkatnya permintaan.
 
Orang - Orang Masih Memerlukan Produk & Layanan
 
Terlepas dari apa yang dipikirkan oleh beberapa orang di Facebook, dunia tidak akan berakhir. Manusia masih membutuhkan produk dan layanan. Dan seperti yang telah kita lihat, pemasaran melalui mesin pencari, baik yang berbayar maupun organik, merupakan cara terbaik untuk menjangkau konsumen dengan niat beli. Kami tidak mengatakan bahwa pemasaran melalui mesin pencari merupakan perbaikan yang cepat - tetapi Anda dapat menjalankan dan menjalankan kampanye Iklan Google dalam beberapa jam atau kurang.
 
Pada Akhirnya Semua Akan Kembali Normal
 
Akhirnya, segala sesuatu akan menjadi normal. Mungkin berbeda, dan mungkin ada hal baru, tetapi dunia akan kembali stabil. Dan pemasaran melalui mesin pencari masih akan menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjangkau konsumen. 
 
Mereka yang menerapkan program pemasaran melalui mesin pencari yang efektif selama situasi ini akan lebih siap untuk menjalani hal-hal normal. Terutama mereka yang berinvestasi dalam optimasi mesin pencari. Meskipun Anda dapat melihat hasil dari SEO dalam waktu singkat, keefektifan SEO secara keseluruhan tidak terjadi dalam semalam.
 
Diperlukan waktu untuk mendapatkan kampanye SEO yang dapat berjalan secara efektif. Tetapi pada saat kita berhadapan dengan kekacauan global, sebuah bisnis dapat membuat kampanye SEO yang akan menuai hasil untuk tahun-tahun mendatang.
 
Dan hasil-hasil tersebut dapat menghasilkan pendapatan yang dibutuhkan bisnis Anda untuk melewati masa-masa sulit yang tak terhindarkan di masa yang akan datang. 
Karena itulah, kami mendorong semua bisnis untuk melanjutkan atau memulai upaya pemasaran mesin pencari yang lebih giat. Pemasaran melalui mesin pencari merupakan cara paling efektif untuk memasarkan bisnis Anda di saat-saat ini.
 
 
Terlepas dari hal diatas, kami senantiasa mengingatkan anda untuk tetap menjaga kesehatan, tidak bepergian keluar rumah jika tidak terlalu penting, dan tetap produktif di rumah untuk mencegah penyebaran virus yang lebih masif dari saat ini.
 
 
Ketika sudah memahami lebih dalam alasan mengapa anda harus tetap menjalankan strategi SEO anda saat COVID-19 ini melanda, kini saatnya anda menerapkannya. 
 
Jika anda baru saja memulai bisnis anda dan memerlukan website yang sederhana namun profesional dilengkapi dengan SEO yang membantu anda untuk semakin memiliki peringkat tinggi dalam mesin pencarian, kami memiliki solusinya. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 

Related Articles