5 Manfaat Penggunaan Kemasan Yang Sustainable & Ramah Lingkungan Untuk Bisnis Anda

Menjadi lebih peduli lingkungan saat ini bukanlah menjadi sebuah fase semata, - faktanya, hampir sebagian besar perusahaan di dunia senantiasa menerapkan penggunaan kemasan yang ramah lingkungan ini untuk mendukung keberlanjutan dari kehidupan kita. Mungkin memang tidak seluruh perusahaan menerapkan hal ini, tetapi mulai banyak dari mereka yang mempertimbangkan kemasan yang ramah lingkungan bagi setiap produknya. 
 
Anda tidak harus secara drastis mengubah sistem bisnis Anda dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, tetapi, sekecil apapun Anda mencoba untuk melakukannya, Anda sudah membantu orang lain untuk lebih memperhatikan lingkungannya. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan:
 
Mengurangi Jejak Karbon 
 
Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. tetapi, saat bisnis Anda mencoba untuk menggunakan material yang berkelanjutan dan ramah akan lingkungan, Anda senantiasa membantu mengurangi dampak negatif yang dihasilkan dari jejak karbon terhadap lingkungan. 
 
Jejak karbon didefinisikan sebagai jumlah karbon dioksida dan komponen karbon lainnya yang dihasilkan dari konsumsi bahan bakar fosil dari setiap orang, atau kelompok. Entah jika Anda percaya atau tidak tentang krisis global warming, Anda dapat mengurangi emisi CO2 yang Anda hasilkan dengan memotong jumlah kemasan yang Anda gunakan untuk menyempurnakan produk Anda, yang juga berdampak baik untuk lingkungan.  
 
Berat dari material kemasan yang Anda gunakan secara langsung berdampak pada jumlah energi yang diperlukan untuk menyelesaikan produk Anda. energi yang digunakan untuk mengirimkannya kepada pelanggan Anda juga senantiasa terpengaruh. Jika Anda mengganti kemasan produk Anda menjadi lebih ringan, bersifat ramah lingkungan atau dapat di daur ulang, Anda dapat meningkatkan dampak positif dalam mengurangi jejak karbon di bumi.
 
Banyak konsumen atau pelanggan saat ini yang saat ini peduli tentang lingkungan, yang secara langsung berkaitan dengan pemilihan produk yang mereka inginkan serta brand yang mereka anggap layak untuk mendapatkan perhatian mereka. Ketika Anda sudah berpindah menggunakan kemasan yang berkelanjutan (sustainable) dan ramah lingkungan, Anda juga dapat menggunakannya untuk memasarkan produk Anda kepada konsumen yang lebih peduli terhadap lingkungan ini. Manfaatkan tanggung jawab ini dalam brand Anda untuk berfokus dalam menjaga lingkungan dengan kemasan produk Anda.
 
Anda Mendapatkan Penyimpanan & Ruang Yang Lebih Besar Untuk Kemasan Sustainable
 
Saat Anda memutuskan untuk menggunakan kemasan yang lebih sustainable, kemungkinan Anda dapat menemukan cara yang lebih kreatif untuk memastikan bahwa Anda menjadi lebih efisien dalam bahan kemasan yang dapat Anda gunakan dan bagaimana cara penggunaannya. Biasanya, ketika Anda berpindah dan menggunakan kemasan yang sustainable, Anda akan membutuhkan ruang yang lebih besar. Hal ini termasuk ruang yang dibutuhkan untuk transportasi, yang membuat Anda dapat mengirimkan lebih banyak produk dan memotong biaya pengiriman. 
 
Kemasan Yang Sustainable Lebih Bebas Dari Alergi & Racun 

Kebanyakan opsi dari kemasan yang dapat di daur ulang bersifat tidak beracun dan tidak menimbulkan alergi. Meskipun jenis kemasan yang fleksibel ini tidak terlalu banyak, tetapi kemasan ini dapat dicari dan membuat Anda dapat menyajikan kemasan yang mudah untuk dirancang dalam pengemasan produk Anda. Beberapa plastik yang bersifat ramah lingkungan dapat dimasukkan ke dalam mesin yang biasa mengolah material fleksibel sehingga transisi dari pengemasan produk Anda menjadi lebih mudah. 
 
Semakin banyak orang yang memperhatikan produk (dan material kemasan) yang terbuat dari bahan tertentu. Hal ini dikarenakan mereka ingin menghindari potensi alergi atau racun dari material kemasan tersebut. Plastik yang dapat didaur ulang tidaklah hanya lebih baik untuk kesehatan pelanggan, tetapi juga dapat memberikan pelanggan Anda motivasi lebih untuk berlangganan dengan produk Anda. 
 
Penggunaan bahan ini dapat menjadi salah satu faktor pertimbangan dari konsumen untuk memilih produk apa yang ingin mereka beli.
 
Meningkatkan Penjualan
 
Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, ada beberapa faktor yang diambil setiap konsumen saat ingin melakukan transaksi. Lingkungan dan apa yang brand Anda dapat lakukan untuk merawatnya tidak boleh Anda sepelekan. Tidak hanya dapat membantu Anda untuk berfokus dalam memperbesar jangkauan pasar dan memberikan jalan tambahan untuk memasarkan brand Anda, tetapi hal ini juga dapat secara potensial meningkatkan penjualan Anda. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli produk dari brand yang berfokus pada keberlangsungan lingkungan dan mengurangi jejak karbon dari produk mereka. 
 
Dan juga, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Nielsen pada tahun 2016, para milenial berkata bahwa mereka bersedia membayar lebih jika produk tersebut  merupakan produk yang sustainable dan juga dikemas dengan kemasan yang sustainable.
 
Hemat Biaya
 
Produk yang sustainable dan ramah lingkungan biasa dikemas dengan material yang lebih ringan yang tentunya dapat menghemat pengeluaran Anda dalam segi pengiriman. Pikirkan secara matang ketika Anda harus mengirimkan produk Anda. Apakah Anda harus menggunakan jasa pengiriman besar yang tentunya lebih memakan biaya? Pemilihan logistik yang tepat dapat secara langsung mempengaruhi biaya yang harus Anda keluarkan dalam sisi positif. Dan juga, konsumen dari produk Anda akan lebih menghargai brand Anda jika kemasan yang Anda berikan mudah di daur ulang dan sustainable.
 
Saat membuat kemasan, terutama jika Anda menggunakan e-commerce, ingatlah kemudahan yang Anda dapatkan tidak hanya terdapat pada saat Anda mengirim paket ke konsumen, tetapi juga bagaimana Anda dapat menghemat uang sebagai pengembalian dari penjualan Anda. Dibandingkan dengan menyediakan bahan tambahan untuk pengembalian paket dari konsumen, Anda dapat menyertakan alamat surat dan meminta konsumen untuk menggunakan kemasan yang Anda berikan saat mengirimkan kembali produk kepada Anda.
 
 
Menjadikan kemasan Anda sustainable dan ramah lingkungan mungkin bukan hal yang Anda lakukan dalam semalam, tetapi hal tersebut adalah hal yang layak ditelusuri lebih dalam untuk rencana Anda dalam 5 tahun ke depan. Tidak hanya dapat membantu mengurangi jejak karbon dari produk & memperluas brand Anda ke pasar yang lebih baru, tetapi Anda juga dapat meningkatkan penjualan dan mengurangi jumlah uang yang Anda habiskan untuk bahan dari kemasan produk.
 
 
Jika Anda sudah memiliki desain akan kemasan dari produk Anda tetapi masih bingung untuk mencetaknya dengan bahan yang ramah lingkungan dan sustainable, Instaprint dapat menjadi salah satu solusi Anda. 
 
Mulai dari cetak stiker, kartu nama bisnis, buku tahunan, tugas kuliah seperti skripsi, paper, sampai ke pembuatan banner, spanduk, dan kebutuhan kantor lainnya, Instaprint dapat membantu Anda. Tidak hanya di Tangerang, Instaprint juga berada di daerah Jakarta Barat khususnya Cengkareng.
 
Jauh dan tidak bisa keluar rumah karena sedang PSBB? Tenang saja. Anda tetap dapat mencetak hasil desain kemasan tanpa harus pergi langsung ke Gading Serpong, Bintaro, atau pun Cengkareng. Anda cukup buka website nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, hasil desain Anda langsung selesai dicetak dan sampai ke tangan dengan dikirim melalui ekspedisi seperti JNE atau kalau mau lebih cepat lagi bisa lewat GoJek.
 
 
 
 

Related Articles