5 Techniques for Engaging Display Type

Terkadang jenis huruf yang Anda gunakan haruslah menyampaikan perasaan yang sesuai dengan artinya. Karena itulah saat ini banyak desainer yang mencoba menggunakan typography yang dramatis untuk mewujudkannya. Jenis typography ini digunakan lebih dari sekedar mewujudkan legibilitas dan keterbacaan (meskipun ini memang tujuan utamanya). Typography yang dramatis tentunya lebih menonjol. Kehadirannya meraih perhatian dari keseluruhan layar perangkat meminta perhatian pengguna dan mengarah pada pesan yang ingin diberikan secara langsung. Kehadirannya juga dapat menjadi kesempatan untuk mempresentasikan identitas brand, meningkatkan konten teks, menciptakan hirarki visual yang tepat dan memberikan kesan yang bertahan lama.
 
Entah sederhana ataupun rumit, setiap kata dalam website saat ini dibaca dengan cara yang baru. Dan dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa contoh sederhana dari typography yang dramatis dalam desain.
 
Sederhana Namun Dramatis 
 
Typography yang sederhana namun dramatis tidaklah senantiasa sulit dibuat. Faktanya, typography yang sederhana merupakan salah satu bentuk typography yang dramatis. Teknik ini mudah untuk dimasukkan ke dalam halaman Anda hanya dengan memilih jenis typography dan ikuti beberapa langkah ini:
  • Tingkatkan ukuran typography yang Anda gunakan (typography besar akan mengirimkan pesan yang kuat khususnya saat disisipkan bersamaan gambar yang juga kuat).

  • Buatlah warna teks kontras dengan latar belakang ( warna dari teks biasanya putih atau hitam yang akan menjadi kontras dengan latar belakang warna yang cerah).

Ukuran font adalah cara untuk mengontrol pengaruh. Contoh di bawah ini dengan sempurna menunjukkan bagaimana bentuk huruf bisa menjadi cantik dengan sendirinya. 
 
 
Dengan menerapkan hal-hal ekstrem, dalam isolasi atau dalam kelompok, kehadirannya menyampaikan pesan dengan kuat tanpa menjadi menyebalkan untuk dipandang.
 
Penggunaan Typography Yang Sederhana Namun Kreatif
 
Sangatlah wajar untuk mengambil font standar untuk membuat pengalaman yang bertahan lama. Yang perlu Anda buat untuk bereksperimen dalam typography adalah dengan menggunakan seluruh huruf kapital pada copy yang Anda buat. Ingin membuat hal spesial? Gunakan typography yang sederhana dan sisipkan bersamaan dengan animasi efek atau video.
 
Typography Dekoratif
 
Desainer seringkali memiliki perasaan yang campur aduk tentang typography yang dekoratif. Kebanyakan dari mereka memandang hal tersebut sebagai cara yang murahan dan berantakan, dan juga ada yang berpikiran bahwa hal tersebut merupakan hal kreatif dan menarik. Sebenarnya, jika digunakan dengan tepat, typography dekoratif dapat memasang nuansa yang tepat untuk website yang bersangkutan dan menggarisbawahi brand. Tetapi, hanya jika kehadirannya sesuai dengan kepribadian brand dan atmosfir dari website. Ketika setiap desainer mendapatkan keseimbangan dengan memasukkan copy dengan jenis font yang dekoratif, keseluruhan pengalaman dapat menjadi lebih baik. Berikut ini salah satu contohnya:
 
Dalam website Hawk & Hen di bawah ini, font yang dekoratif membantu brand mereka untuk menetapkan gaya yang unik untuk restoran atau bar yang mereka miliki.


 
Faktanya adalah tipografi dekoratif sendiri sudah cukup menarik. Jadi, jika Anda akan menggunakan jenis dekoratif di halaman homepage Anda untuk memusatkan perhatian pengguna pada satu elemen, lebih baik  Anda menggunakan tata letak sederhana.
 
Lettering
 
Jenis font “ditulis tangan” ini sudah lama menjadi bagian dari desain website. Kadang-kadang lettering dapat berupa huruf asli yang dipindai, tetapi dalam banyak kasus, lettering menjadi jenis huruf yang dibuat agar terlihat seolah digambar langsung dengan menggunakan tangan. Font dan huruf skrip ini dapat menambahkan gaya elegan pada desain apapun jika dilakukan dengan benar. Teks yang digambar dengan tangan cukup unik karena mampu menyampaikan pesan tentang organisasi di belakangnya. Contohnya, Grain & Mortar di bawah ini. Akar artistik dari agen desain ini bersinar dalam desain halaman rumah mereka.
 
 
Pastikan saja, jika keterbacaan merupakan tujuan akhir Anda, pesannya tidak hilang dalam keindahan yang Anda tampilkan. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya masalah, coba batasi penggunaan font tersebut ke dalam judul besar yang dihamparkan di seluruh gambar dan gunakan font lain untuk copy biasa.
 
Penumpangan Antara Elemen
 
Salah satu cara terbaik agar teks Anda lebih diperhatikan adalah dengan menempatkannya di atas elemen lain (seperti gambar atau objek grafis lainnya). Biasanya, font yang dipilih untuk ditumpangkan mempertimbangkan tekstur, pola, dan karya seni lain yang akan hadir dalam desain.
 
Anda dapat memperluas teks di luar bagiannya ke orang lain, enempatkan setengah dari kata di atas gambar, atau bahkan melanggar aturan dengan menonjolkan citra utama dan menyembunyikan kata-kata di baliknya.
 
Dua pertimbangan penting dengan teknik ini adalah kontras dan keterbacaan. Anda perlu menguji desain Anda untuk memastikan bahwa kedua persyaratan terpenuhi dan website anda memiliki pengalaman pengguna yang baik.
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan teknik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan jenis tampilan dari website Anda. Jika Anda masih bingung untuk memulai, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untukSEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: WebDesign Depot
 

Related Articles