5 Tempat Perkemahan Asyik Untuk Anda Kunjungi di Jawa Barat 

Jadwal kuliah yang padat dan tugas yang banyak tentu dapat membuat kita penat dan otak panas. Begitu juga rutinitas kerja selama Senin-Jumat dan tumpukan pekerjaan yang terus bertambah. Semua itu dapat tingkat stres yang tinggi. 
 
Ya. Liburan memang penting untuk kesehatan fisik dan mental. Hasil penelitian dari Framingham Heart Study menunjukkan bahwa liburan yang dilakukan secara rutin ternyata dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan depresi, serta menambah emosi positif.
 
Nah, untuk menjalankan liburan, kami punya saran yang mungkin dapat Anda coba yaitu kembali ke alam. Sebab, studi oleh Marc Berman dari University of Michigan, Amerika Serikat pada 2009 menyatakan bahwa melihat rimbunan pepohonan di alam bebas dapat membuat tubuh kita jadi lebih sehat dan lebih fokus dalam berpikir.
 
Karena itu, berkemah dapat menjadi opsi yang tepat untuk Anda. Untungnya saat ini, tidak jauh dari Jakarta, telah muncul berbagai tempat perkemahan yang nyaman, bersih, serta aman, meskipun lokasinya berada di kaki gunung, hutan, maupun pinggir pantai. 
 
Yuk baca beberapa rekomendasi tempat untuk berkemah bagi Anda, disini:
 
Tanakita
 

 
 
Kalau Anda ingin lari dari gerahnya suasana kota-kota besar, seperti Jakarta, tempat perkemahan ini dapat menjadi pilihan yang  tepat. Berkat lokasinya yang berada di ketinggian 1.100 mdpl, suhu di tempat ini berkisar antara 20 hingga derajat celcius pada siang hari dan 18-20 derajat celcius pada malam hari. Mirip dengan temperatur yang dimiliki oleh AC, disini Anda akan jauh merasa lebih segar dan sehat serta diiringi bunyi dari gesekan angin  dedaunan dan jangkrik yang saling sahut-menyahut.
 
Tanakita yang memiliki luas hampir dua hektar ini terletak di lembah gunung Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa barat dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gede Pangrango. Tanakita menyediakan tiga area berkemah, yakni Tanakita dan Rumamera yang berdekatan dengan Situ Gunung dan Cinumpang di dekat sungai Cinumpang. Ketiga tempat tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas, toilet, mushola, dan area parkir. Anda hanya perlu cukup merogoh uang sekitar 550 ribu untuk menginap per malamnya (sudah termasuk biaya tiga kali makan).
 
Ranca Upas
 
 
 
Bumi Perkemahan Ranca Upas di daerah selatan Bandung menyuguhkan hawa yang begitu dingin dengan kabut tebal pada pagi hari. Hutan dan perbukitan yang melingkupi perkemahan ini juga menciptakan sensasi alami yang kuat terasa. Ditambah lagi, Anda dapat melihat sejumlah fauna yang berkeliaran di sini, seperti rusa, burung elang, monyet, dan lainnya.

Selain itu, Bumi Perkemahan Ranca Upas juga memiliki tempat pemandian air panas yang cukup luas. Ada pula permainan outdoor seperti flying fox dan wahana bermain air waterboom Ciwidey untuk menambah keseruan aktivitas berkemah Anda. Nilai plus lain yang juga menjadi identitas dari Ranca Upas adalah penangkaran rusa. Untuk berkemah, pihak pengelola telah menyediakan tenda yang dapat Anda sewa berkapasitas empat orang dan perlengkapannya dengan biaya sewa Rp 70 ribu per hari. Murah, bukan?

Capolaga

 

Tidak jauh dari daerah Bandung, ada wisata alam Capolaga yang dapat Anda kunjungi. Letak persisnya berada di Kampung Panuraban, Desa Cicadas, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat. Area wisata alam dari Capolaga ini memiliki luas 10 hektar yang dipenuhi dengan rimbunan pohon, perkebunan teh, dan memiliki tiga air terjun alami (Air Terjun Karembong, Air Terjun Sawer, dan Air Terjun Goa Badak). Dengan sajian alam yang begitu banyak, Capolaga dapat dikatakan sebagai surga tersembunyi di Subang, Jawa Barat.

Untuk berkemah di Capolaga, Anda tidak usah khawatir akan kesusahan dalam fasilitas. Fasilitasnya lengkap, mulai dari toilet, parkir, mushola sampai permainan outdoor. Bahkan, ada pula homestay dan layanan catering jika Anda menginginkan kenyamanan lebih.

Untuk berkemah secara individu, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 150 ribu per malam untuk menyewa tenda (berkapasitas empat orang), dan biaya lain untuk menyewa matras dan sleeping bag.

Gunung Pancar

 

Jika Anda sedang ingin sekali merasakan sensasi bermalam di dalam tenda dengan dikelilingi hutan pinus, Gunung Pancar dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena, lokasinya tidaklah jauh dari Jakarta. Anda cukup menyusuri tol Jagorawi dan keluar di area Sentul, Bogor. Posisinya juga tidaklah jauh dari Jungle Land.
Banyak tempat perkemahan yang tersedia di daerah Gunung Pancar. Lanskap dan teksturnya pun berbeda-beda. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan keinginan dan keberanian Anda.

Jangan khawatir soal fasilitas, sebab toilet hingga mushola pun sudah tersedia. Jika Anda tidak memiliki tenda, Anda bisa menyewanya disini. Anda hanya perlu menyiapkan budget minimal Rp 160 ribu per orang untuk berkemah di Gunung Pancar.

SoulCamp

 

Jika Anda ingin merasakan berkemah dengan lebih mewah alias glamping (glamorous camping), SoulCamp yang terletak di puncak Gunung Geulis (680 mdpl) cocok untuk menjadi pilihan Anda. Lokasinya yang berada di tengah Taman Nasional Gede-Pangrango dan Taman Nasional Halimun-Salak membuat area perkemahan ini terasa begitu alami tanpa kehilangan suasana mewahnya. Anda dapat memilih untuk menginap di dalam tenda dome, tenda semi permanen yang dilengkapi toilet, atau pondokan permanen.

Selain di Gunung Geulis, SoulCamp juga memiliki area perkemahan di Citarik, tepatnya di Desa Sampora kecamatan Cikidang. Di area ini, Anda dapat melakukan kegiatan rafting di Sungai Citarik. Sedangkan di area Gunung Geulis, Anda dapat melakukan kegiatan off-road dan paralayang. Yang spesialnya lagi, ada pula koneksi WiFi gratis di dalam tenda dan di area perkemahan.
 
Berikut adalah beberapa tempat perkemahan asyik yang dapat Anda kunjungi untuk melepas penat setelah bekerja, belajar dan melakukan aktivitas kita setiap harinya. Dengan situasi COVID-19 saat ini, memang belum dianjurkan untuk bepergian ke tempat ramai seperti perkemahan. Tetapi, ketika situasi ini sudah mulai mereda, Anda dapat mulai merencanakan perjalanan berkemah Anda bersama dengan teman dan keluarga Anda.


Jika Anda membutuhkan peralatan berkemah yang berkualitas dan dengan harga terjangkau, Tendamart dapat menjadi solusi Anda.

Tendamart merupakan salah satu distributor dan penjual bahan-bahan tenda dan terpal terlengkap, terbesar, dan berkualitas di Jakarta Indonesia. Selain menyediakan bahan-bahan untuk material tenda lipat dan terpal, Tendamart juga menyediakan, menjual dan memberikan jasa sewa berbagai macam jenis tenda lipat seperti Tenda Sarnafil,Tenda Kafe,Tenda Pleton,Tenda Kanopi,Tenda Roder,Tenda Membrane,dan masih banyak lagi. Bahan tenda dan terpal yang kami jual terdiri dari jenis PVC tarpaulin (IZZI Tent), Terpal PE, Mica Transparan, Tensile Membrane, dan sebagainya. Selain menyediakan bahan-bahan material tenda & terpal, Tendamart juga memproduksi TAS Motor, Terpal Penutup Kendaraan, Wingbox, dan produk lainnya yang berkaitan dengan bahan terpal/tarpaulin. Serahkan seluruh kebutuhan tenda yang berkualitas dan terbaik di Jakarta, Indonesia hanya pada Tendamart.
 
 
 
 

Reference: Gramedia Blog

Related Articles