5 Tips Perawatan Untuk Memperpanjang Umur Dari Alat Berat Anda

Entah digunakan dalam proyek penambangan atau sebagai unit manufaktur, setiap bisnis tentunya tidak ingin mengalami penurunan dikarenakan alat yang rusak. Alat yang rusak terkadang tidak dapat diprediksi yang juga akan membuat Anda mengeluarkan lebih banyak budget untuk memperbaikinya. 
 
Menurut studi dari Service Max yang dikumpulkan oleh Vanson Bourne dari GE Digital, hampir 82% perusahaan mengalami penurunan yang tidak direncanakan mulai dari tiga tahun belakangan. Terjadinya hal tersebut berlangsung sekitar 4 jam dan tentunya dapat menghabiskan jumlah uang yang besar. Karena itulah, hampir sebesar 72% perusahaan saat ini senantiasa menjadikan perawatan dari setiap unit yang dimiliki sebagai prioritas mereka.
 
Namun, dalam kebanyakan unit manufaktur, alat berat menjadi salah satu tulang penyangga dari bisnis. Perawatan yang proaktif dari unit mesin berat ini dapat menjadi cara terbaik dalam menghindari penurunan yang tidak terduga ini. Perawatan sebagai pencegahan ini juga memastikan performa alat yang lebih baik, penyimpanan bahan bakar serta konsumsi energi yang lebih baik dan membantu Anda untuk menjalankan lingkungan kerja yang lebih aman.
 
Berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan:
 
Pastikan Penggantian Pelumas Secara Reguler
 
Setiap jenis alat berat tentunya memerlukan pelumas yang tepat untuk kinerja yang lebih baik. Pelumas ini mengurangi gesekan di sekitar bagian yang senantiasa bergerak yang juga mengurangi keausan. Pelumas ini juga membantu interior dari alat berat yang Anda miliki senantiasa bersih dengan mencegah penumpukan jelaga.
Beberapa hal yang dapat Anda perhatikan:
 
  • Periksa tingkat pelumas secara berkala. Dan juga, lihatlah tumpukan minyak gemuk dan lapisan minyak yang mungkin bocor secara berkala.
  • Selalu gunakan pelumas yang ditentukan dalam panduan operator atau yang direkomendasikan oleh produsen.
  • Gunakan pelumas dalam jumlah yang tepat. Dengan menggunakan pelumas yang terlalu sedikit, Anda berisiko mengalami peningkatan gesekan dan keausan. Dengan pelumas yang terlalu, sebaliknya, akan membuat minyak gemuk berlebihan dan menyebabkan masalah kinerja.

Bersihkan Mesin Secara Mendalam
 
Pembersihan yang mendalam merupakan bagian penting dari perawatan dalam pelumasan mesin. Sayangnya, kebanyakan perusahaan kurang memperhatikan langkah ini. Jelaga, kotoran, dan debu dapat menyumbat saringan, segel, kipas pendingin, dan ventilasi yang dapat mengurangi keseluruhan performa mesin dari waktu ke waktu. Pastikan bahwa Anda memeriksa setiap elemen dalam alat berat Anda secara teliti.
 
Cara termudah untuk membersihkan alat berat Anda adalah dengan menggunakan adalah dengan menggunakan selang yang secara paksa dapat menghilangkan bekas kotoran. Namun, ada beberapa bagian dari mesin, seperti rantai besi, pin atau bantalan kuningan yang lebih sulit untuk dibersihkan hanya dengan selang air. Bagian tersebut juga dapat mengandung kontaminan yang menumpuk seperti minyak gemuk atau kotoran. Anda mungkin memerlukan metode pembersihan khusus seperti pencucian dengan tenaga besar, pembersih uap, dan pencucian asam untuk membersihkan bagian-bagian ini.
 
Periksa Mesin untuk Keausan
 
Beberapa faktor yang berbeda dapat menyebabkan keausan mesin dari waktu ke waktu, termasuk kebiasaan pengoperasian yang buruk, kecelakaan, faktor lingkungan, dan penuaan. Meskipun Anda sudah mengambil semua tindakan pencegahan, penuaan mesin akan tetap terjadi dan berimbas pada berbagai komponen penting dari mesin Anda. Sebagai contoh, sabuk dapat melengkung jika digunakan dari waktu ke waktu, segel dapat menjadi kering atau berkerak, dan baut dapat menekuk atau meregang keluar dari bentuk aslinya. Itulah mengapa Anda harus memeriksa setiap bagian dari alat berat Anda secara mendalam untuk keausan yang dimiliki.
 
Seiring dengan komponen mekanik, pastikan juga bahwa Anda memeriksa kabel elektronik dan peralatannya. Temperatur yang tinggi muncul dari penggunaan yang lama, getaran yang berasal dari roda gigi dan sabuk yang tidak selaras, dan faktor lingkungan seperti debu dan air dapat merusak kabel serta sirkuit yang biasanya tertutup. Anda juga harus memeriksa starter, alternator, dan komponen kelistrikan lainnya secara teratur untuk memastikan kinerja yang lancar.
 
Hindari Spesifikasi Kinerja Yang Berlebihan
 
Semua alat berat dilengkapi dengan serangkaian batasan kinerja tertentu seperti kapasitas beban maksimum, kisaran tekanan dan suhu operasi yang telah ditentukan, dan batasan lainnya. Pastikan untuk memeriksa buku manual operator untuk mempelajari batasan kinerja peralatan Anda secara menyeluruh.
 
Melebihi spesifikasi dan batasan kinerja akan menyebabkan peningkatan keausan, bersama dengan umur panjang alat yang berkurang. Dan juga, spesifikasi performa yang berlebihan terkadang dapat mengganggu efisiensi peralatan, yang mengakibatkan kecelakaan. Cedera di tempat kerja dapat merugikan bisnis Anda. 
 
Latih Karyawan Anda
 
Kurangnya pelatihan operator dapat menyebabkan keausan, kerusakan peralatan, dan cedera. Melatih karyawan Anda juga merupakan cara terbaik untuk memastikan peralatan Anda berfungsi dalam batas pengoperasian yang telah ditentukan sebelumnya saat mereka mempelajari peralatan secara mendetail. Selain itu, undang-undang lokal, negara bagian, dan federal mungkin juga mengharuskan Anda untuk mempekerjakan karyawan bersertifikat dan terlatih untuk menangani jenis alat berat tertentu.
 
Pastikan semua karyawan Anda mengetahui cara kerja alat berat, apa rencana tindakan daruratnya, dan tindakan pencegahan keselamatan apa yang harus mereka ambil saat mengoperasikan alat berat. Biasanya, sebagian besar pemilik bisnis memberikan pelatihan kepada karyawannya pada saat memasang mesin berat. Namun, pelatihan operator bukan terjadi hanya satu kali. Seiring berjalannya waktu, keterampilan menjadi pudar, karyawan dapat datang dan pergi, dan peralatan mungkin mendapatkan pembaruan perangkat lunak atau perangkat keras. Itulah mengapa Anda harus memeriksa dan memperbarui basis pengetahuan dan keterampilan operator dan karyawan Anda secara teratur.
 
Terkadang, karyawan Anda bisa saja tergoda untuk melewatkan beberapa langkah keselamatan atau terburu-buru dalam proses untuk mempercepat pekerjaan, terutama ketika terlambat dalam memenuhi tenggat waktu pekerjaan. Namun, Anda tidak boleh membiarkan mereka terburu-buru karena akan mengakibatkan kesalahan dan bahkan kecelakaan yang fatal. Anda juga tidak boleh mengizinkan operator menggunakan ponsel atau gangguan lain saat menangani alat berat. Batasi penggunaan ponsel atau barang pribadi lainnya hanya untuk makan siang atau saat sedang beristirahat untuk minum kopi.
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam menjaga dan merawat penggunaan alat berat yang Anda miliki. Jika Anda sedang mencari vendor yang tepat sebagai distributor yang juga menjual dan memberikan rental alat berat di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia. THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
 
Reference: Machine Design

Related Articles