5 Ways to Improve Dropdowns in UI & UX Design

Tombol dropdown merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan dalam setiap peralatan desainer UI & UX. Kehadirannya menyajikan cara sederhana bagi desainer untuk mengelompokkan berbagai opsi dalam satu komponen sederhana. Ada beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk meningkatkan penggunaan dropdown seperti:
1. Smart Default
 
 
Dengan menggunakan analytics dan pola penggunaan secara menyeluruh, Anda dapat menentukan opsi mana yang penting untuk ditampilkan dalam dropdown yang Anda rancang. Jika hampir 80% pengguna memilih opsi tertentu, Anda dapat membuat pengguna melewati tahap ini dengan membuat opsi tersebut pilihan yang tepat.  
 
2. Sederhanakan
 
 
Jika mungkin, Anda dapat menggunakan analytics untuk menginformasikan pengguna tentang opsi apa saja yang disajikan, tetapi hal ini sebenarnya tidak perlu. Jika pengguna hanya memilih beberapa pilihan dan jarang sekali menekan opsi lain, Anda dapat menghilangkannya dari tombol dropdown Anda. Memiliki tombol dropdown yang ringkas membuat pengguna dan pengunjung lebih mudah dan cepat dalam memilih opsi yang paling relevan untuk mereka. 
 
3. Pola Penggunaan Individu
 
 
Mirip dengan smart defaults, Anda dapat memilih terlebih dahulu opsi yang spesifik untuk pengguna Anda. Contohnya, jika pengguna yang login dalam website atau aplikasi sering memesan makanan Vietnam, Anda dapat menampilkan terlebih dahulu opsi tersebut dan menunjukkan opsi relevan berkaitan dengan pilihan tersebut. 
Semakin cerdas pilihan yang Anda berikan, semakin baik pengalaman pengguna dalam website atau aplikasi Anda. 
 
4. Gunakan Radio Buttons
 
 
Jika anda memiliki beberapa pilihan, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan dari radio buttons. Radio buttons mempresentasikan setiap opsi kepada pengguna dalam sekilas dan membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan opsi yang mereka inginkan. Hal ini dapat menjadi aturan baik dibandingkan dengan menggunakan dropdown yang memiliki kurang dari enam opsi. 
 
5. Gunakan Slider
 
 
Menggunakan slider dapat menjadi cara yang tepat untuk merepresentasikan opsi yang bergerak dari hal paling rendah ke hal selanjutnya secara linier. Slider membuat pengguna lebih mudah untuk melihat nilai minimal dan maksimal secara visual. Jika konten dalam dropdown Anda bersifat kuantitatif dan memiliki beberapa opsi, slider dapat menjadi salah satu komponen yang tepat. Contohnya, Anda dapat menempatkannya dalam metode pembayaran. Menampilkan opsi standar hingga prioritas dalam slider secara visual mewakili opsi tercepat dan paling lambat.


 
Setelah melihat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat tombol dropdown efektif diatas, kini saatnya Anda untuk memeriksa apakah website atau aplikasi Anda sudah menerapkannya. Jika Anda masih baru dalam dunia website atau aplikasi dan ingin membuat bisnis Anda menggunakan keduanya untuk meningkatkan visibilitas merek Anda, jangan khawatir. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 Reference: UX Design

Related Articles