6 Screen Reader Facts for Accessible Web Design

Merancang desain untuk aksesibilitas, khususnya untuk para pembaca yang menggunakan layar perangkat, merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki pada desainer. Pentingnya aksesibilitas tidak bisa terlalu ditekankan. Pada artikel ini, kami akan mencoba untuk membahas poin-poin penting yang perlu Anda ketahui tentang merancang desain untuk pengguna yang membaca melalui layar perangkat mereka. Dengan memahami dasar-dasarnya, Anda dapat lebih siap untuk membuat website yang lebih mudah diakses ke depannya.
 
Tiga Komponen Dari Aksesibilitas
 
Aksesibilitas dapat dibagi ke dalam tiga bagian yaitu konten, desain visual, dan pengembangan (development). Kita akan mencoba untuk memahami lebih dalam tentang keterhubungannya satu sama lain yang sama pentingnya. Sebagai desainer, pekerjaan Anda mungkin berfokus pada aksesibilitas visual. Tetapi, penting juga bagi Anda untuk lebih memahami bagaimana aksesibilitas tersebut berkaitan dengan konten dan pengembangan dari website. Dengan ini, Anda dapat lebih memahami aksesibilitas dan menemukan masalah di dalamnya dengan lebih cepat.
 
Poin Untuk SEO
 
Sudah bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan mesin pencarian, khususnya Google, memberikan penalti kepada website yang tidak dapat diakses. Hal seperti alt text untuk gambar dan hierarki judul yang baik menjadi salah satu penanda bagi para pemeriksa SEO dalam mesin pencarian. Jadi, ya, ada bonus yang ditambahkan dari tindakan dalam memastikan bahwa website Anda mudah diakses dalam menyajikan pengalaman pengguna yang baik.
 
Tetapi, jika dipikirkan kembali, mesin pencarian tidak ingin memandu pengunjung ke dalam website yang tidak dapat mereka gunakan - karena hal tersebut berlawanan dengan tujuan dari pencarian itu sendiri. Ada banyak contoh website yang tidak peduli tentang mesin pencarian seperti produk online atau website dari aplikasi tertentu. Hal ini sebenarnya wajar. Tetapi, SEO tidaklah hanya menjadi salah satu motivasi untuk memproduksi website yang mudah diakses. SEO menjadi salah satu manfaat yang baik bagi website yang berdasar dari traffic hasil pencarian.
 
Judul, Header & Keseluruhan Copy
 
Mari kita mulai dengan konten dan konteks serta nilainya untuk pengguna. Hal ini dikarenakan setiap konten website masih dituliskan secara manual sehingga menjadi awal mula yang baik.
 
Gunakan Judul Halaman Yang Kontekstual - Setiap halaman website memerlukan judulnya sendiri, yang dapat membuat pengunjung dapat membedakan setiap halaman satu sama lain. Terkadang hal tersebut sama dengan header dari halaman pertama. Sebuah contoh yang baik adalah dengan meletakkan nama halaman pertama kali, setelah itu disertai dengan nama website atau bisnis dan perusahaan. Sebagai tambahan, jika halaman tersebut merupakan bagian dari beberapa proses seperti arus pembayaran (checkout), masukkan jumlah langkah seperti langkah pertama atau ketiga, dan sebagainya.
 
Buat Header Yang Anda Gunakan Menjadi Praktis - Judul adalah elemen penting dari halaman manapun. Pertama, kehadirannya memecah potongan teks yang besar. Kedua, kehadirannya memberikan konteks tentang konten yang mengikutinya. Ketiga, penggunaannya memungkinkan pemindaian yang lebih mudah untuk pengguna.

Judul terbaik memiliki arti dan memberikan struktur yang baik pada konten halaman yang berkaitan. Bagi pengunjung yang menjelajahi website Anda dengan membaca layar, penggunaan header sangatlah penting. Judul harus dapat memberikan pengguna wawasan tentang konten yang berkaitan. Itulah mengapa judul yang pendek dan ringkas merupakan judul yang terbaik untuk Anda gunakan.
 
Struktur tulisan berjenis piramida terbalik berhasil karena alasan tertentu. Pastikan konten yang Anda kerjakan mengikuti pola ini. Dan, pastikan juga bahwa Anda mengatur dan merancang desain konten dengan benar. 
 
Gunakan Copy Tautan Yang Benar -  Hal ini biasanya merupakan saran yang baik untuk tautan, tetapi teks tautan harus masuk akal saat dibaca di luar konteks. Copy tautan seperti "kirim" atau "klik di sini" tidaklah bersifat informatif sehingga tidak ada artinya untuk memberikan copy ini di luar konteks. Copy tautan Anda perlu menetapkan ekspektasi tentang apa yang akan terjadi. Kemana Anda membawa pengguna? Apa yang akan mereka lakukan, lihat, atau capai dengan menekan tautan (atau tombol)?

Buatlah copy Anda sejelas mungkin, dan Anda akan mendapatkan tautan yang lebih bernilai ke dalam website Anda.
 
Berikan Instruksi Yang Jelas - Hal ini sangat tepat khususnya untuk elemen yang interaktif seperti formulir. Tidak hanya menyajikan instruksi yang jelas untuk menghindari kesalahan, Anda juga harus memastikan bahwa pesan kegagalan Anda juga jelas dan mudah dipahami. Anda dapat menghindari penggunaan jargon teknis dan mendeskripsikan persyaratan untuk memasukkan data bagi pengguna. Jauh lebih sulit untuk mengetahui masalah website saat Anda hanya mengandalkan pengguna yang membaca layar untuk memahami apa yang salah dan mengapa kesalahan tersebut dapat terjadi. Inilah mengapa instruksi yang diidentifikasi dengan jelas adalah suatu keharusan. Dan kemungkinan yang paling buruk yang dapat terjadi adalah website Anda malah menghalangi seseorang untuk mengubah atau mengakses informasi penting yang Anda sajikan.

Menulis & Menyusun Konten Secara Ringkas - Piramida terbalik dalam membahas konten sudah kita bahas sebelumnya. Hal ini penting bagi konten Anda juga. Dengan menggunakan komunikasi yang langsung, ringkas dan pendek Anda dapat memberikan pengalaman membaca konten yang lebih baik kepada pengguna. Hindari penggunaan jargon yang spesifik tentang industri Anda atau terlalu teknis. Jika Anda ingin menggunakan akronim, perbesar kehadirannya untuk menyajikan sebuah makna.
 
Gunakan poin dan gaya teks lain seperti bold  dan italic untuk mengorganisasikan konten, memisahkan setiap bagian, dan menonjolkan setiap informasi yang berbeda.
 
Persiapkan Transkrip & Caption Yang Tepat - Jika Anda menggunakan video, dokumen berbentuk audio atau media lainnya, bersiaplah untuk menggunakan hal tersebut dengan transkrip atau caption. Ada banyak pengguna yang memiliki kekurangan dalam segi pendengaran - atau tidak memiliki speaker yang baik. Apapun pilihan media yang Anda gunakan, Anda harus menyertakan apa yang diucapkan dalam file multimedia terkait, dan juga isyarat suara tambahan lainnya seperti latar belakang atau suara atau musik. 
 
 
 
Berikut adalah beberapa fakta dan tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan aksesibilitas dari desain website Anda. Jika masih membutuhkan bantuan mengenai desain website, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: DesignModo

Related Articles