6 Steps To Successfully Prototyping A Mobile App

Mulai dari ide hingga eksekusi, membuat prototipe untuk aplikasi perangkat tidaklah semudah 6 langkah saja. Ide Anda dapat muncul dimana saja. Mungkin Anda sedang bernyanyi di kamar mandi atau mungkin melamun dalam perjalanan sehari-hari ke kantor dan Anda mendapatkan ide untuk aplikasi yang lebih baik lagi. Tetapi bagaimana Anda dapat mengambil lompatan dari ide Anda tersebut ke prototipe yang berfungsi penuh? Tentunya dengan persiapan dan pembuatan prototipe yang interaktif.
 
Namun sebelum Anda menjalankan hal tersebut dengan ambisi besar, penting untuk mempertimbangkan beberapa langkah penting untuk membuat prototipe bagi aplikasi perangkat sebelum Anda dapat mulai menuai hasilnya. Tidak perlu menjadi pribadi yang ahli dalam hal pengkodean - yang Anda butuhkan hanyalah ide, alat untuk membuat prototipe yang hebat, dan beberapa langkah untuk memandu Anda.
 
Berikut ini beberapa langkah yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam membuat prototipe aplikasi perangkat yang dapat membekali Anda dengan alat yang diperlukan untuk mewujudkan ide Anda sepenuhnya sembari meminimalkan gangguan.
 
Definisikan Aplikasi Perangkat Anda
 
Mulailah dengan menuliskan definisi sederhana dari aplikasi Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri masalah mana yang ingin diselesaikan oleh aplikasi Anda. Pada tahap ini, tidak ada hal yang terlalu rumit untuk Anda kerjakan. Tahap ini merupakan tahap dimana Anda memahami apa yang akan dilakukan aplikasi Anda, siapa yang akan menggunakan aplikasi Anda, dan yang terpenting, apakah aplikasi Anda diperlukan oleh pengguna? Pertanyaan ini penting karena hampir 77% pengguna tidak pernah menggunakan aplikasi hingga 3 hari setelah menginstalnya.
 
Dengan statistik diatas, pembuatan prototipe aplikasi perangkat Anda sangat penting untuk mendapatkan dirancang dengan tepat. Misalnya, jika aplikasi Anda bertujuan untuk menggabungkan petani lokal dengan orang-orang yang ingin membeli produk organik, produk segar yang sederhana seperti "aplikasi P2P untuk menghubungkan petani dan konsumen" sudah cukup pada tahap ini.
 
Saat memikirkan tentang cara membuat prototipe dari aplikasi perangkat, pertimbangkan nilai jualnya yang unik. Apakah aplikasi Anda memecahkan masalah yang dialami banyak orang? Dalam contoh sebelumnya, USP (unique selling point) yang Anda berikan dapat menghilangkan kebutuhan akan pasar petani yang terputus-putus dan tidak teratur serta menghilangkan kebutuhan akan perantara dari petani kepada konsumen. Apapun USP Anda, tentukan dengan benar dan pikirkan apakah hal tersebut benar-benar unik dan berguna untuk pengguna.
 
Lakukan Riset Pada Pasar Aplikasi Perangkat
 
Ide Anda mungkin terdengar seperti penghasil uang di kepala Anda. Anda bahkan mungkin dapat meyakinkan sahabat atau ibu Anda tentang kesuksesan masa depan Anda. Tetapi, Anda perlu meyakinkan lebih dari teman dan keluarga terdekat Anda. Di situlah penelitian berperan penting. Buka komputer Anda, tetapi jangan buka alat prototipe UI Anda dulu.
 
Memahami apakah ide Anda bernilai akan berperan dalam keberhasilannya sehingga penelitian adalah salah satu langkah terpenting untuk dipertimbangkan saat membuat prototipe untuk aplikasi perangkat Anda. Melalui penelitian, Anda akan memahami pengguna akhir dari aplikasi Anda dengan lebih baik, mengurangi risiko merancang sesuatu dengan buruk dan, jika perlu, menawarkan kepercayaan kepada semua orang yang terlibat dalam proyek (seperti pemangku kepentingan dari perusahaan atau bisnis).
 
Pertimbangkan untuk membuat survei yang efektif menggunakan alat seperti Typeform atau Google Forms untuk mengumpulkan jawaban atas pertanyaan Anda. Menggunakan survei akan memungkinkan Anda mengumpulkan informasi kualitatif dan kuantitatif yang dapat menginformasikan proses pengambilan keputusan Anda di masa mendatang. Keduanya juga merupakan metode yang hemat biaya sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.
 
Ciptakan Kepribadian Pengguna
 
Riset akan membantu Anda mendapatkan pemahaman tentang pasar dan di mana kemungkinan besar aplikasi Anda akan cocok untuk digunakan. Namun, membuat kepribadian akan membuat aplikasi Anda lebih kontekstual dan memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan siapa yang akan menjadi audiens utama Anda.
 
Kepribadian ini digunakan dalam desain aplikasi perangkat untuk mewakili kelompok pengguna utama aplikasi Anda, mengekspresikan kebutuhan dan harapan mereka, dan membantu mengungkap fitur universal dari perangkat Anda. Mereka bertindak sebagai placeholder untuk pengguna Anda yang sebenarnya.
 
Hal terpenting untuk diingat adalah bahwa kepribadian ini hanya sepadan dengan penelitian yang masuk ke dalamnya. Jangan abaikan tahap ini karena pembuatan kepribadian ini merupakan salah satu alat paling berharga dalam gudang senjata desainer mana pun dan terbukti sangat penting selama proses pembuatan prototipe.
 
Buatlah Wireframe Dari Tampilan Antarmuka Aplikasi Perangkat Anda
 
Setelah Anda memahami kebutuhan pengguna dan melakukan penelitian yang memadai, Anda harus yakin dalam hal wireframing untuk aplikasi perangkat Anda. Bayangkan gambar rangka (wireframe) ini sebagai kerangka aplikasi Anda. Artinya, tidak ada elemen desain yang terlibat dan hanya berisikan struktur sederhana dari aplikasi perangkat Anda.
 
Ada beberapa orang yang suka meletakkan pena mereka di atas kertas dan hal ini menjadi salah satu cara yang tepat untuk menuliskan beberapa ide awal. Tetapi dengan canggihnya teknologi saat ini, wireframe tersebut dapat langsung Anda gambarkan dari desktop Anda. 
 
Keindahan dari proses wireframing interaktif adalah Anda dapat dengan cepat mengubah struktur untuk memastikan kegunaan yang terbaik untuk aplikasi perangkat Anda. Tidak hanya itu, tetapi ada pilihan template seluler dan stensil UI untuk dipilih, yang berarti wireframe yang akan terlihat asli, Anda juga dapat memiliki gagasan yang lebih baik tentang elemen yang Anda inginkan dalam aplikasi Anda.
 
Saat membuat prototipe untuk aplikasi perangkat, wireframe akan membantu Anda mendapatkan kejelasan tentang fungsi awal, menyesuaikan, dan memungkinkan masukan dalam tahap pengembangan awal Anda - hal yang penting dalam desain aplikasi.
 
Uji Aplikasi Anda
 
Setelah Anda menyempurnakan wireframe dan membuatnya dengan sempurna seperti yang Anda inginkan, sekarang saatnya untuk menguji prototipe dari aplikasi perangkat Anda. Bagian dari proses pengembangan aplikasi seluler ini memiliki wawasan dan menawarkan kesempatan untuk mempelajari dan menyesuaikan aplikasi Anda.
 
Salah satu metode pengujian aplikasi yang paling umum adalah mengatur dan menyiapkan pengujian kegunaan. Uji kegunaan seringkali dilakukan satu per satu dan merupakan komponen penting dalam proses pengujian.
 
Ada uji kegunaan yang dilakukan menentukan seberapa berguna aplikasi Anda dan bukan tentang apakah pengguna menyukai atau tidak menyukai suatu elemen (bagaimanapun, informasi ini tidak berguna pada tahap ini). Dengan menerapkan uji kegunaan, Anda akan mendapatkan informasi berharga seperti cara pengguna melakukan tindakan, cara mereka berinteraksi dengan fungsionalitas aplikasi, dan cara mereka menafsirkan nama dari label dalam aplikasi perangkat Anda.
 
Dengan mengulangi pengujian, Anda dapat menyesuaikan setiap versi hingga Anda tiba pada titik di mana fungsionalitas aplikasi perangkat Anda sudah optimal. 
 
Sempurnakan Prototipe Anda
 
Setelah melakukan uji kegunaan, Anda dapat mengumpulkan informasi baru dan menemukan titik masalah yang tidak diketahui. Jangan khawatir - wajar jika Anda melewatkan banyak hal. Itulah mengapa pengujian dari kegunaan aplikasi perangkat sangat penting untuk dilakukan.
 
Anda mungkin menemukan bahwa di kepala Anda alur navigasi aplikasi perangkat sangat masuk akal namun saat diuji, ada beberapa hambatan yang mengganggu perjalanan pengguna. Saat melakukan uji kegunaan, pastikan untuk mencari pola atau masalah yang dialami partisipan Anda dalam perjalanannya lalu catat.
 
Gunakan tahap ini untuk menerima respon balik dari pengguna dan para pemangku kepentingan. Sadarilah bahwa tidak mungkin untuk menerima setiap komentar sehingga pahami perubahan mana yang akan memiliki dampak terbesar.
 
 
Berikut adalah 6 langkah yang dapat Anda ikuti untuk secara sukses membuat prototipe dari aplikasi perangkat untuk bisnis ataupun perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda memiliki bisnis yang baru saja berjalan dan mempertimbangkan penggunaan mobile apps sebagai salah satu fitur dari bisnis Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas, kami dapat membantu Anda untuk merealisasikannya.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: JustInMind

Related Articles