6 Tips Kreatif Untuk Merancang Desain Dari Roll Banner Anda

Jika Anda ingin lebih menonjol dan memastikan bahwa memiliki dampak instan, roll banner merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk bisnis Anda. Roll banner ini sering dan mudah digunakan untuk berbagai jenis iklan. 
 
Dan jika Anda ingin memaksimalkan manfaat dari penggunaan roll banner ini, Anda juga perlu memperhatikan desain yang dimiliki dari roll banner tersebut. Ingatlah bahwa branding dari bisnis Anda sangatlah penting. Berikut ini kami berikan beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk merancang desain dari roll banner untuk bisnis Anda.
 
Pertimbangkan Penempatan
 
Saat Anda merancang roll banner untuk bisnis Anda, tentunya Anda harus memiliki ide tentang dimana penempatan yang tepat untuk roll banner tersebut. Meskipun mungkin dalam beberapa kasus roll banner ini dapat multifungsi, Anda tentunya tetap harus mempertimbangkan hal ini. Mungkin terlihat kurang penting, tetapi bagaimana Anda dapat merencanakan penempatan roll banner ini mempengaruhi keseluruhan desain dan tata letaknya. 
 
Contohnya, jika Anda merencanakan penggunaan roll banner ini untuk digunakan pada pameran, bagian bawah dari banner ini tidak terlalu terlihat karena tertutup oleh meja, yang perlu Anda antisipasi. Roll banner yang Anda tempatkan di bagian area resepsionis perlu ditampilkan secara penuh sehingga seluruh informasi penting dapat Anda masukkan ke dalam desain banner tersebut. Tetapi, jika hal tersebut kemungkinan kecil terjadi, maka Anda lebih baik merancang desain banner tersebut tidak sampai bagian bawah karena akan tertutup dan tidak terbaca.
 
Less Is More
 
Anda mungkin ingin menempatkan setiap informasi yang ingin Anda tawarkan pada konsumen. Tetapi, roll banner bukanlah hal yang tepat untuk itu. Ide utama dari penggunaan roll banner adalah untuk menangkap perhatian dan menciptakan kesadaran brand pada konsumen, bukan untuk menyajikan sedemikian banyak rincian di dalamnya.
 
Dengan pertimbangan ini, Anda dapat memutuskan secara hati-hati akan penggunaan teks dalam keseluruhan desain roll banner Anda. Menulis banyak teks akan mengurangi efektifitas dari desain dan mengurangi dampak visual yang diberikan dari roll banner. Anda mungkin dapat memasukkan beberapa teks atau pernyataan dasar tetapi hindari penggunaan terlalu banyak teks atau kalimat yang panjang. Anda selalu dapat menyiapkan literatur pendamping jika memiliki fakta penting yang ingin Anda komunikasikan kepada konsumen.
 
Berikan Kemudahan Bagi Calon Konsumen
 
Di negara seperti Amerika dan bagian barat lainnya, setiap orang senantiasa terbiasa membaca dari bagian atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Saat hal ini disajikan dengan desain, hal tersebut menjadi  cara umum bagi  mata yang secara otomatis menjalankan grafik dalam memindai apa yang terlihat.
 
Jika Anda memilih tata letak yang lebih unik dibandingkan cara umum seperti diatas, Anda mungkin tidak dapat menyampaikan pesan Anda dengan cepat dan efisien. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah bagi calon konsumen yang berdiri dan mempelajari banner Anda secara dekat, tetapi bagi orang lain yang lewat, kesempatan meraih perhatian mereka bisa saja hilang.
 
Atur roll banner Anda untuk dapat memberikan teks dari bagian atas ke bawah, dapat dibaca dari kiri ke kanan dan Anda akan merasakan efektifitas yang lebih baik.
 
Kualitas Itu Penting
 
Pada roll banner, gambar menjadi salah satu fitur yang paling menonjol dan menarik perhatian terhadap bisnis Anda. Jangan tergoda untuk menggunakan gambar berkualitas rendah karena ketika gambar tersebut diperbesar atau didekati oleh orang, roll banner Anda dapat  terlihat kurang baik karena kualitas gambarnya yang buruk. Cobalah untuk menggunakan gambar minimal 300 dpi, yang ideal untuk digunakan sebagai ukuran gambar yang ditransfer melalui kamera.
 
Gambar berkualitas tinggi merefleksikan cerminan yang baik dari bisnis Anda, memperlihatkan tingkat profesionalisme yang Anda berikan. Sementara gambar berkualitas buruk atau rendah dapat memberikan efek amatir dan tidak baik untuk karakteristik dari bisnis Anda.
 
Jangan Takut Untuk Bermain Dengan Warna
 
Jangan takut menjadi berani dalam memilih warna bahkan jika Anda secara pribadi lebih memilih efek yang lebih halus. Warna dapat menjadi teman Anda, menciptakan desain yang mencolok dengan nada kontras dan membuat Anda menonjol dari yang lain.
 
Anda harus mengingat brand dan warna utama dari bisnis Anda. Bahkan jika memungkinkan Anda dapat mencoba dan memasukkan hal ini ke dalam desain Anda. Namun, Anda perlu mempertimbangkan tentang warna apa yang akan bekerja dengan baik pada desain Anda.
 
Misalnya, warna kuning dan putih mungkin merupakan kombinasi halus yang berfungsi baik dengan logo kecil, tetapi bila diperbesar ke skala yang lebih besar warna keduanya akan menyatu.
 
Jangan Ragu Untuk Memberi Tahu Orang Tentang Diri Anda
 
Salah satu tujuan utama menggunakan roll banner adalah agar nama dan detail kontak dari perusahaan atau bisnis Anda senantiasa terlihat. Meskipun banner Anda mungkin berisikan informasi dan  detail lain, ajakan bagi calon konsumen Anda untuk bertindak jugalah penting.
 
Bagian atas roll banner adalah tempat Anda untuk mendapatkan perhatian paling banyak. Sebaiknya Anda meletakkan logo perusahaan atau bisnis dan rincian kontak Anda di bagian ini. Rancang roll banner dengan ajakan bertindak Anda di bagian atas dan posisinya dapat Anda atur sesuai keinginan. Pastikan bahwa informasi penting dapat dilihat dengan jelas oleh semua calon konsumen yang melewati roll banner Anda.
 
 
Berikut adalah beberapa tips kami dalam merancang desain untuk roll banner yang tepat bagi bisnis Anda. Jika Anda sudah merancang keseluruhan desain dari roll banner Anda, kini langkah terakhir yang Anda perlukan adalah untuk mencetaknya. Instaprint dapat membantu Anda untuk hal ini.
 
Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis banner yang Anda butuhkan. Untuk mendukung bisnis Anda, Instaprint menawarkan jasa cetak banner di Tangerang seperti roll up banner, x banner, y banner, portable banner dan, backdrop curved yang berkualitas dan dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu mengirimkan hasil desain, kemudian Instaprint langsung dapat mencetaknya. 
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda dapat mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak banner untuk bisnis Anda tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, desain cetakan roll up banner Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
Reference: ColourGraphics

Related Articles