8 Tips for Creating Effective Google Ads on a Small Budget

Jika Anda merupakan pemilik dari bisnis yang berskala kecil, ada banyak tempat dimana Anda dapat menginvestasikan budget Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Tetapi ketika Anda sudah menginvestasikan uang Anda pada papan nama yang menarik, dan iklan dalam koran ataupun media lainnya, terkadang tidak banyak uang tersisa untuk Anda masukkan ke dalam Google Ads.
 
Kabar baiknya adalah, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk tampil dalam iklan pada hasil pencarian dari Google. Berapapun budget Anda, Anda tentu tetap bisa mendapatkan manfaat dari alat pemasaran yang kuat ini.
 
Google mendominasi pasar dari mesin pencarian dengan hampir 2.5 juta pencari hampir di setiap detiknya. Rata-rata, Google Ads menghabiskan $2 untuk setiap pengiklan yang membuat iklan di dalamnya. Dan hal terbaik dari alat ini adalah tidak ada minimal budget yang ditetapkan. Anda hanya membayar untuk setiap orang yang menekan tautan dari iklan Anda. 
 
Jika Anda memiliki budget yang kecil dan impian untuk meraih konversi yang besar, berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan dalam membantu Anda untuk memproduksi iklan dalam Google Ads yang memberikan dampak serius untuk setiap rupiah yang Anda keluarkan.
 
Tetapkan Objektif Yang Jelas
 
Sebelum Anda membuat tujuan konversi yang spesifik, Anda perlu memikirkan tentang gambaran yang lebih besar. Tentang apa keseluruhan tujuan dari bisnis Anda? Apa saja tujuan dari pemasaran bisnis Anda? Ketika Anda sudah mengetahui hal tersebut dengan jelas, Anda dapat mempersempitnya ke dalam rencana taktis yang Anda miliki.
 
Kita ambil contoh berikut ini. Katakanlah Anda menjual jaket berbulu untuk kucing dengan jenis Sphynx (kucing dengan jenis tidak memiliki bulu). Tujuan keseluruhan dari bisnis Anda adalah untuk menjual 10.000 produk dalam satu tahun. Tujuan dari iklan Anda untuk produk tersebut adalah untuk mendorong promosi penjualan dengan sistem buy one get one dengan target pemilik kucing Sphynx.
 
Dengan menggunakan fitur Smart Bidding dari Google Ads Anda dapat secara tepat memprediksi kata kunci spesifik apa yang Anda butuhkan untuk meraih perhatian dari target audiens Anda dengan budget maksimum yang dapat Anda gunakan.
 
Bangun Struktur Yang Baik
 
Atur dan bangun setiap hal mulai dari awal, dan Anda akan senantiasa menjadi lebih baik kedepannya. Hal tersebut memberitahu Anda untuk mengambil waktu dalam mengkurasi segalanya mulai dari kampanye iklan hingga memasukkan kata kunci ke dalam grup iklan dengan lokasi yang Anda targetkan. Kata kunci dan kampanye iklan yang Anda jalankan haruslah relevan dan bernilai. Hindari pengaturan cepat yang dapat membuat Anda kehilangan nilai dari iklan Anda. Pikirkan dan jalankan secara matang terlebih dahulu.
 
Dapatkan Nilai Yang Tinggi
 
Mungkin hal ini terdengar jelas, tetapi cara terbaik dalam memastikan bahwa budget kecil Anda akan berjalan jauh adalah dengan memastikan bahwa iklan Anda berkualitas tinggi. Kualitas merupakan kunci dalam hal ini. Google senantiasa melihat setiap jumlah bid yang diberikan pengiklan, kata kunci dan halaman arahan, lalu memberikannya nilai dari 1 hingga 10. Semakin tinggi nilainya, semakin baik peringkat Anda, dan semakin tinggi potensi konversi dari website Anda.
 
Mudahnya, Anda tentunya ingin memasang iklan yang jelas dan membantu setiap pengguna dalam setiap langkah pencarian mereka. 
 
Targetkan Kata Kunci Berekor Panjang (Long-Tail Keyword)
 
Kata kunci berekor panjang sangatlah spesifik dan tertarget ke dalam satu bisnis. Kata kunci umum seperti “tempat membuat bir” tidak dapat menargetkan pengguna disekitar Anda yang mencari “tempat minum bir di sekitar” seperti yang mereka katakan.
 
Anda dapat mencoba memasukkan kata kunci berdasarkan kota dan lingkungan sekitar Anda atau bahkan kode pos di sekitar Anda. Produk dan layanan spesifik juga dapat Anda gunakan. “Tempat Pembuatan Bir di Jakarta Selatan” akan lebih menarik perhatian pengguna yang tertarik dengan hal tersebut jika dibandingkan dengan “Membuat bir di Jakarta.”
 
Pastikan Bahwa Halaman Arahan Anda Sudah Dioptimalkan
 
Keseluruhan tujuan disini bukanlah hanya untuk membuat iklan yang akan diklik oleh pengguna dan membuat mereka menemukan produk dan informasi yang mereka cari. Anda mungkin dapat menarik perhatian dari para pencari diskon dengan kata kunci “diskon 50% untuk sampo anjing Anda!” dalam Google Ads. Tetapi, jika mereka berakhir dengan mengunjungi website Anda dan hanya menemukan kondisioner dan peralatan mandi untuk hewan peliharaan pada umumnya, besar kemungkinan bagi mereka untuk meninggalkan halaman tersebut secara langsung.
 
Hal ini tidak hanya mempengaruhi penjualan Anda, tetapi juga nilai kualitas website Anda dari Google yang membuat peringkat Anda menurun. 
 
Optimalkan halaman arahan Anda untuk konversi website yang baik dengan membuat penawaran yang spesifik dan dapat Anda perbarui dalam perjalanan ke depannya.
 
Biarkan Otomatisasi Bekerja Untuk Anda
 
Maksimalkan konversi website Anda dengan Smart Bidding dan Responsive Search Ads. AI mungkin bukan menjadi solusi yang tepat untuk mendatangkan strategi iklan terbaik untuk Anda, tetapi pembelajaran mesin dapat membantu Anda untuk meningkatkan atau menurunkan bid iklan sesuai dengan kebutuhan Anda. Otomatisasi ini dapat Anda gunakan dalam akun Anda mulai dari corong penjualan, kata kunci, relevansi hingga untuk memahami kompetitor Anda.
 
Setelah itu, pastikan bahwa bid Anda senantiasa meningkat ketika iklan Anda memiliki kesempatan terbaik untuk sukses - atau turunkan bid iklan anda ketika kompetitor Anda lebih unggul dalam kata kunci tertentu yang juga Anda pakai untuk memasang iklan.
 
Perkuat Extensions
 
Anda dapat menambahkan ekstensi secara langsung ke dalam iklan Anda untuk memberikan spesifikasi tentang lokasi, produk, fitur, atau promosi penjualan melalui bagian extension dari dashboard Google Ads Anda. 
 
76% pengguna yang mencari layanan di sekitar mereka dapat mengunjungi bisnis Anda suatu saat. Dengan jumlah pencarian lokal yang senantiasa meningkat melalui perangkat seluler, Anda harus dapat mengibarkan bendera penjualan Anda untuk memberitahu mereka bahwa Anda siap untuk membantu kebutuhan mereka. Masukkan ekstensi nomor kontak Anda untuk lebih memudahkan mereka dalam menghubungi Anda secara langsung.
 
Ukur Segalanya
 
Bagaimana cara pengguna menemukan website Anda? Halaman apa yang populer dan pencarian seperti apa yang membawa mereka ke dalam website Anda? Data analitik Anda tentunya dapat mengukur kesuksesan dan pola dari hal-hal diatas untuk Anda. Melalui Google Ads sendiri, Anda dapat menemukan matriks yang dapat memberikan Anda saran tentang impressions, biaya CTR (click-through-rate), atau perubahan biaya yang tepat untuk Anda terapkan.
 
Ambil data-data tersebut, analisa lebih lanjut, dan gunakan untuk menginspirasi Anda dalam eksperimen pembuatan iklan selanjutnya.
 
 
Berikut diatas adalah beberapa tips untuk membuat iklan dalam Google Ads dengan budget yang kecil untuk bisnis Anda. Jika Anda masih bingung dengan penggunaan Google Ads untuk bisnis Anda, kami dapat membantu Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference Article: HootSuite

Related Articles