8 Tips for Designing iOS App Design 

Merancang desain untuk platform iOS? Anda butuh beberapa inspirasi untuk hal tersebut? Jangan khawatir, Anda datang ke tempat yang tepat. Merancang desain aplikasi untuk iOS kurang lebih senantiasa sama dengan merancang desain dari aplikasi untuk OS lainnya. Namun, Apple sedikit kurang fleksibel  jika dibandingkan dengan Android dan ada beberapa panduan ketat yang harus diikuti berdasarkan dari Human Interaction Guidelines (HIG) yang mereka berikan.
 
Dalam artikel ini, kami mengumpulkan beberapa tips penting dalam merancang desain dari aplikasi berbasis iOS yang dapat Anda masukkan dalam alat prototipe Anda:
 
Pilihlah Palet Warna Anda Secara Hati-Hati
 

 
Berhati-hatilah dalam memilih pendekatan warna yang akan Anda gunakan. Skema warna yang Anda pilih dan bagaimana Anda merancangnya dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dan penggunaan dari desain aplikasi iOS Anda.
 
HIG merekomendasikan agar membatasi palet warna dengan warna yang berada pada logo brand Anda dan menghasilkan UI yang lebih intuitif dari warna tersebut. Gunakan warna dalam palet Anda secara konsisten dan demonstrasikan berbagai elemen UI di dalamnya. Hal ini membantu pengguna agar lebih mudah mengenali perbedaan dari berbagai tampilan antarmuka yang Anda berikan.
 
Selanjutnya, sehubungan dengan pesan peringatan, pastikan untuk menggunakan warna merah bersamaan dengan ikon seperti segitiga untuk memperjelas saat terjadi kesalahan.
 
Gunakan Warna Untuk Mendemonstrasikan Interaksi
 
HIG merekomendasikan untuk menggunakan warna untuk menandakan interaktivitas dari setiap elemen dalam aplikasi Anda. Warna yang tint merupakan warna yang lebih pekat dari warna putih dan memiliki tampilan yang lebih terang. Jika Anda menggunakan warna ini, pengguna akan lebih mudah membedakan elemen statis dan elemen interaktif dalam aplikasi. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan warna yang sama sekali berbeda untuk setiap elemen UI interaktif dan noninteraktif. 
 
Sesuaikan Skema Warna Anda Dengan Penampilan Terang & Gelap
 
Terakhir, pastikan skema warna Anda dapat disesuaikan dengan tampilan terang dan gelap. Warna dalam sistem iOS semuanya secara otomatis disesuaikan untuk kedua tampilan, menurut sistem warna semantiknya. Menggunakan warna sistem untuk ikon dan elemen tertentu dalam desain aplikasi iOS dapat menghemat waktu Anda tentunya.
 
Gunakan Typography Custom Dari iOS Jika Memungkinkan
 
Tidak ada cara yang cepat dan mudah dalam merancang desain typography. Meskipun demikian, HIG merekomendasikan Anda untuk menggunakan dua typography custom yang mereka sediakan yaitu San Francisco (Sans Serif) dan New York (Serif). Apple merancang dua jenis typography ini dengan skalbilitas dan adaptabilitas untuk Anda gunakan.
 
Apakah hal ini membuat Anda tidak dapat menggunakan typography lainnya ? Tentu tidak. Faktanya, hal tersebut dapat membantu membuat brand Anda lebih terlihat menonjol dan membuat teks Anda terlihat lebih vibran. Namun, kami senantiasa merekomendasikan untuk memperhatikan penggunaan typography yang tepat dan mudah dibaca melalui aplikasi Anda karena hal tersebut menjadi hal penentu pertama dari setiap pengalaman pengguna.
 
Pertimbangkan Kapan Saat Yang Tepat Untuk Menggunakan Typography San Francisco & New York
 

 
Untuk teks paragraf dan teks fungsional (seperti untuk navigasi atau instruksi), kami merekomendasikan penggunaan typography San Francisco atau New York karena mayoritas pengguna aplikasi iOS sudah terbiasa membaca font ini.
 
Selain itu, ada enam font berbeda untuk jenis huruf San Francisco, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara membedakan setiap hierarki teks untuk pengguna Anda. Sementara itu, serif New York  dari Apple bertindak sebagai jenis huruf pelengkap untuk San Francisco, dan sangat tepat digunakan untuk judul dalam konten aplikasi Anda.
 
Jangan Menghabiskan Ruang Dengan Logo
 
HIG merekomendasikan Anda untuk memperkuat brand, tetapi Anda juga harus memastikan bahwa logo Anda tidak mengambil banyak tempat dalam desain Anda. Hal ini dapat mengganggu konten dan navigasi dari aplikasi dan mempengaruhi pengalaman pengguna.
 
Meskipun demikian, ada banyak cara untuk menguatkan brand Anda. Cara termudah dan paling direkomendasikan adalah dengan mengadaptasi skema warna yang sama dari warna brand dan palet warna Anda untuk setiap ikonografi yang Anda miliki. Hal ini dapat Anda gunakan untuk menggaris bawahi teks dan bahkan sebagai latar belakang dari splash screen yang Anda tampilkan.
 
Jangan Memproduksi Pengaturan Tampilan Terang & Gelap Anda Sendiri
 
Saat berbicara tentang tampilan gelap dan terang dari desain aplikasi berbasis iOS Anda, selalu hindari penggunaan pengaturan yang Anda produksi sendiri. Anda tentunya tidak ingin membuat pengaturan terpisah yang dapat bertabrakan dengan keseluruhan pengaturan dari perangkat pengguna.
 

 
Dengan melakukan hal ini, Anda dapat berakhir dengan memberikan kebingungan dan pekerjaan tambahan untuk pengguna. Hal ini dikarenakan pengguna harus bolak-balik kembali pada dua jenis pengaturan untuk mengubah tampilan layar mereka (gelap atau terang).
 
Pastikan Penggunaan Kontras Yang Memadai Pada Tampilan Gelap
 
Selanjutnya, untuk alasan aksesibilitas, Anda tentunya harus memastikan bahwa setiap teks pada desain aplikasi berbasis platform iOS Anda dapat dengan mudah terbaca dalam tampilan layar yang gelap. Contohnya, jika pengguna meningkatkan kontras layar mereka saat menggunakan layar gelap, apakah ada kontras visual yang kurang di antara teks yang berwarna hitam dan latar belakang gelap?
 
Selama aplikasi iOS Anda berada dalam tampilan gelap, Anda juga dapat memastikan tentang adanya kontras yang memadai antara latar belakang dan latar depan. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti pedoman warna standar dinamis HIG Apple.
 
 
Berikut adalah beberapa tips dalam merancang desain aplikasi Anda berdasarkan platform iOS. Jika Anda masih baru dalam dunia aplikasi perangkat dan ingin menggunakannya untuk mengelola bisnis, kami dapat membantu Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: JustInMind

Related Articles