Benefits of Digital Advertising for Small Businesses

Bisnis kecil tanpa strategi penggunaan iklan digital bagaikan sebuah perahu tanpa nahkoda. Berlebihan?
 
Tidak saat anda mempertimbangkan hal berikut ini. Lebih dari dua milyar orang diekspektasikan akan membeli kebutuhan mereka secara online pada tahun 2021. Hal ini termasuk akan produk dan layanan.
 
Melihat angka diatas, tentunya anda menyadari akan adanya audiens online yang besar dari bisnis kecil anda. Dengan strategi iklan digital yang tepat, tentunya bisnis anda dapat melihat peningkatan signifikan dalam penjualan ataupun menarik mereka untuk berkunjung ke dalam website atau aplikasi yang anda miliki. 
 
Bisnis dapat diawali dengan satu tujuan utama yaitu untuk berkembang. Untuk melakukannya, anda harus memperhatikan merek, produk dan layanan yang anda tawarkan kepada audiens. Agar produk dan layanan yang anda tawarkan dapat ditemukan oleh audiens, anda memerlukan strategi iklan digital untuk memasarkannya. Pertanyaannya sekarang adalah strategi periklanan mana yang digunakan. Mungkin jawaban terbaik adalah yang paling sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan.
 
Kami akan membahas beberapa kampanye periklanan digital yang berbeda yang dapat Anda miliki, tetapi titik kunci utama di sini adalah bahwa Anda mendapatkan strategi iklan yang selaras dengan sasaran Anda. 
 
Variasi merupakan nama dari permainan anda saat berbicara tentang strategi iklan digital. Berikut ini beberapa jenis yang dapat anda pertimbangkan:
 
1. Email Campaigns
 
Email campaigns merupakan hal yang wajib untuk dimiliki bisnis kecil dalam strategi periklanannya. Di garis depannya adalah buletin email, yang sangat mudah diatur. Anda dapat menempatkan formulir opt-in di website Anda sehingga calon pelanggan potensial anda akan mengetahui pembaruan terbaru tentang perusahaan atau bisnis  Anda. 
Tetapi bagaimana dengan bisnis-bisnis yang tidak memiliki website sendiri? Masih bisakah Anda menggunakan jenis kampanye ini? Tentu saja. Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan halaman Facebook bisnis Anda. Jika sudah memiliki daftar email, maka Anda dapat memasangkannya dengan halaman Facebook untuk memulai kampanye pemasaran kecil yang menyenangkan bagi target audiens anda.
 
Sebuah email dapat yang secara otomatis dikirimkan dapat bekerja untuk mengingatkan audiens tentang produk dan layanan yang anda tawarkan serta mendorong mereka untuk melakukan pembelian. 
 
2. PPC (Pay-Per-Click)
 
Iklan PPC menjadi salah satu iklan digital yang biasa dan efektif digunakan, tetapi juga diikuti dengan biaya yang mahal. Singkatnya, PPC memungkinkan website Anda untuk mendapatkan peringkat di hasil mesin pencari berbayar di posisi teratas untuk kata kunci tertentu yang dicari orang di Google.
 
Jika bisnis Anda menggunakan kata kunci yang dianggap populer (dan bisnis lain bersaing untuk itu), maka bersiap-siaplah untuk menghabiskan pengeluaran yang besar untuk hal tersebut. Tetapi jika Anda ingin menghindari hal tersebut dan ingin menggunakan PPC secara efektif, Anda selalu dapat menggunakan kata kunci long tail yang lebih terjangkau.
 
Kata kunci long tail menawarkan lebih banyak opsi sehingga Anda dapat menemukan kata-kata yang lebih murah dan jauh lebih cocok dengan anggaran Anda. Sedangkan untuk format iklan, Anda dapat memanfaatkan video sebagai salah satu iklan anda. Berdasarkan sebuah penelitian terbaru oleh Laporan Pengeluaran Iklan Video 2019 oleh IAB, pengeluaran iklan video terus meningkat. Bahkan, telah meningkat hingga 25% pada tahun ini. Dan juga, 86% pemasar di seluruh dunia menggunakan iklan video untuk kampanye PPC mereka. 
 
3. Pemasaran Melalui Konten (Content Marketing)
 
Pemasaran konten merupakan opsi baik untuk mendatangkan traffic dan juga keterlibatan dari pengguna terhadap website atau aplikasi anda. Dalam kampanye ini, anda dapat menggunakan hampir setiap konten yang anda miliki. Bergantung pada apa yang ingin anda gunakan saat ini, anda dapat memakai blog, infografik,video dan sebagainya. Konten anda akan ditingkatkan oleh kata kunci yang anda pilih. Jadi, apa yang anda butuhkan dalam menggunakan kampanye ini hanyalah konten yang memiliki kata kunci berkualitas dan kaya. 
 
Hal utama yang mendukung kampanye konten anda adalah blog anda. Setiap unggahannya harus memiliki kata kunci long tail yang berkualitas dan dapat mendatangkan traffic untuk website anda. Kuncinya adalah dengan menggunakan kata kunci yang berkualitas. Anda mungkin dapat menemukannya sendiri atau dengan menggunakan alat dari Google seperti Google Ads.
 
4. Media Sosial
 
Kita tentunya tahu kekuatan dari media sosial. Kehadirannya menawarkan jangkauan yang tak tertandingi yang sulit ditandingi platform lain. Agar dapat bekerja dengan baik, anda perlu berinvestasi di dalamnya. Investasi ini berupa waktu dan anggaran. 
Penting juga bagi anda untuk mengingat tentang jaringan media sosial yang ingin anda fokuskan. Apakah anda ingin menggunakan Facebook? Twitter atau Instagram?
Saran kami adalah lakukanlah riset terlebih dahulu tentang target audiens anda untuk melihat platform mana yang sering mereka gunakan. 
Bergantung pada platform yang anda pilih, mungkin ada pilihan organik atau platform bersifat”pay-to-pay” untuk anda. Apa pun itu, kami sarankan untuk menyisihkan anggaran iklan dalam membantu Anda mencapai tujuan bisnis melalui media sosial.
 
Benefits of Digital Advertising 
 
Berikut ini beberapa manfaat yang anda dapatkan jika menggunakan iklan digital untuk bisnis anda:
 
Pengeluaran Yang Efektif
 
Iklan digital dapat menghemat pengeluaran anda, khususnya saat anda membandingkannya dengan pemasaran tradisional yang tentunya lebih mahal. Untuk bisnis yang masih berskala kecil, pengeluaran yang masih dapat dipahami berperan penting. Anda harus berhati-hati dalam apa saja yang anda investasikan karena sumber anda masih terbatas. 
 
Anda tidak memiliki masalah jika memilih digital. Hal ini jauh lebih terjangkau, dan bahkan ada contoh ketika hal tersebut bisa sepenuhnya bebas dari biaya apa pun. Mengunggah di beberapa platform media sosial tidak dikenakan biaya apa pun. Anda mendapatkan jangkauan media sosial yang tak tertandingi sambil menghemat uang yang dapat Anda gunakan untuk hal-hal lain.
 
Cepat Dan Mudah Untuk Dirancang
 
Periklanan digital juga menawarkan keuntungan karena cepat dan mudah untuk direncanakan. Hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang iklan tradisional, yang harus direncanakan terlebih dahulu. Ini bisa memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.
 
Dengan iklan digital, bukan itu masalahnya. Waktu penyelesaian yang dibutuhkan untuk membuat kampanye iklan digital jauh lebih cepat daripada pemasaran tradisional. Iklan digital juga memberi Anda opsi untuk membuat perubahan cepat kapanpun kebutuhan baru muncul. Waktu adalah komoditas yang sangat penting dalam bisnis, dan terlebih lagi bagi perusahaan kecil dan pemula. Mampu menghemat waktu berarti menghasilkan peluang yang lebih baik untuk mendapatkan laba atas investasi (ROI) lebih cepat.
 
Fokus Pada Target
 
Periklanan digital dapat ditargetkan. Ini artinya Anda memiliki kendali penuh atas siapa yang benar-benar melihat iklan. Dan mungkin yang lebih penting, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda hanya dilihat oleh mereka yang benar-benar tertarik.
 
Manfaat lain yang jelas ditambahkan dari digital adalah jumlah yang tidak terbatas. Anda tidak dapat mengalahkannya karena Anda dapat ditemukan di mana saja di dunia dan masih dapat mentransfer semua orang yang ingin Anda jual produk atau layanan Anda.



 
Ketika sudah memahami beberapa manfaat dan jenis kampanye iklan digital yang dapat anda gunakan, kini saatnya anda untuk mulai menggunakannya dalam website atau aplikasi bisnis anda. Jika anda masih bingung dan baru memulai bisnis anda dengan menggunakan website, jangan khawatir.
 
Eannovate hadir Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
Reference : Lyfe

Related Articles