Call for Attention -  Powerful CTA Button Design

Sistem interaksi yang efektif dari produk digital memiliki elemen kecil di dalamnya yang memiliki masing-masing fungsi dan pekerjaannya. Untuk membuat sistem ini bekerja dengan baik, penting bagi Anda untuk memperhatikan segala detail di dalamnya.
 
Tombol merupakan komponen dasar dari elemen interaktif dalam tampilan antarmuka yang memainkan peran penting dalam UX yang berkualitas. Sama seperti rasio konversi dari website dan aplikasi. Tombol UI memiliki banyak variasi dan dapat dibagi menjadi beberapa jenis. 
 
Berikut ini beberapa penjelasan lebih mendalam tentang tombol CTA yang mencakup esensi, peran dalam navigasi intuitif, dan kehadirannya untuk mencapai tujuan bisnis Anda. 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Tombol CTA & Mengapa Hal Tersebut Penting
 
Tombol CTA merupakan elemen interaktif dari setiap tampilan antarmuka baik untuk website maupun aplikasi perangkat. Tujuan utamanya adalah untuk mempengaruhi pengguna dalam mengambil sebuah tindakan yang menghasilkan konversi untuk halaman tertentu seperti pembayaran, melakukan kontak, berlangganan, dan sebagainya.
 
Awalnya, tombol CTA yang efektif mudah dikenali, bahkan biasanya dirancang dengan sengaja untuk membuat pengguna tidak dapat mengabaikannya. Itulah mengapa biasanya tombol ini dirancang dengan microcopy seperti “Pelajari lebih lanjut” atau “Beli sekarang” yang lebih mendorong pengguna untuk menekannya.
 
Pendapatan dari prospek (leads) dan peningkatan pembelian adalah tujuan bisnis paling dasar yang menjadi tujuan dari pembuatan tombol CTA. Ketika desain tombol ini Anda rancang dengan baik untuk menarik perhatian klien potensial, hal tersebut dapat membujuk mereka untuk mengklik dan melanjutkan ke tahap berikutnya seperti mengisi formulir kontak singkat atau melakukan pemesanan untuk produk yang Anda tawarkan.
 
Dengan ini, pengunjung website dan aplikasi perangkat Anda dapat diarahkan ke dalam corong penjualan Anda dan membantu mereka mempelajari lebih dalam tentang detail dari produk dan layanan yang Anda tawarkan. Bahkan konten yang dibuat secara profesional mungkin tidak dapat menjamin tingkat keterlibatan pengguna yang tinggi. Tanpa tombol CTA, pengguna cenderung memindai konten dengan cepat dan melewatkannya begitu saja.
 
Mungkin beberapa dari Anda berpendapat bahwa desain yang baik untuk tombol CTA hanya dapat dibuat untuk tombol yang berukuran besar dan memiliki warna cerah untuk mencapai segala objektif yang diinginkan. Tetapi, masih banyak aspek lainnya yang dapat Anda capai untuk memastikan keefektifan dari CTA yang Anda miliki.
 
Apa Saja Hal Yang Membuat Desain Tombol CTA Menjadi Kuat?
 
Ukuran
 
Ukuran merupakan salah satu alat terbesar yang membantu Anda dalam membagi beberapa komponen UI berdasarkan kepentingannya. Semakin besar sebuah elemen, maka semakin mudah untuk menyadari keberadaannya. Karena tujuan utama dari tombol CTA adalah untuk menarik perhatian pengguna, para designer biasanya mencoba untuk membuat ukuran dari tombol CTA untuk lebih terlihat besar dalam tampilan layar, khususnya dengan menggunakan standar ukuran yang mudah disadari.
 
Tombol yang besar memiliki kesempatan tinggi untuk disadari dan di klik, tetapi masih ada beberapa batasan yang harus Anda ikuti. Tombol CTA yang menarik biasanya cukup berukuran besar untuk ditemukan dengan cepat, tetapi tidak terlalu besar sehingga komposisi visual dan hierarki tata letaknya tidak rusak. Beberapa perusahaan besar memberikan rekomendasi tentang ukuran tombol yang efektif dalam pedoman mereka. Contohnya, Apple mengatakan bahwa CTA di UI perangkat harus setidaknya 44Х44 piksel, sedangkan Microsoft merekomendasikan 34Х26 piksel.
 
Warna & Bentuk
 
Ukuran yang menarik secara visual hanya salah satu aspek yang kuat dari desain sebuah tombol CTA. Untuk membuat tombol tersebut semakin mudah disadari keberadaannya, penting bagi Anda untuk memilih warna dan bentuk yang juga sesuai. Nuansa perasaan manusia dan perilakunya senantiasa berkaitan dengan visual di sekitarnya. Pikiran kita bereaksi langsung terhadap warna dan bentuk ketika kita tidak sadar tentang keberadaannya. Saat dimana mata kita mempersepsikan warna, saat itulah hal tersebut terkoneksi dengan otak yang memberikan sinyal pada sistem endokrin untuk merilis hormon yang bertanggung jawab pada nuansa hati dan emosi yang kita miliki. 
 
Ilmu psikologi memiliki cabang yang spesifik untuk membahas tentang pengaruh dari berbagai warna dan bentuk terhadap kesadaran diri manusia. Berikut ini beberapa penjelasan singkat tentang arti dari warna dan bentuk dan pengaruhnya terhadap persepsi manusia:

  • Arti Warna
    • Merah - Percaya diri, muda, dan kuat

    • Oranye - Bersahabat, hangat, dan enerjik

    • Kuning - Kebahagiaan, optimis, dan kehangatan

    • Hijau - Kedamaian, pertumbuhan, dan kesehatan

    • Biru - Kepercayaan, keamanan, dan stabilitas

    • Ungu - Mewah, kreatif, dan bijak

    • Hitam - Dapat diandalkan, canggih, dan berpengalaman

    • Putih - Sederhana, tenang dan bersih.

  • Arti Bentuk

    • Kotak & Persegi Panjang - Disiplin, Kekuatan, Keberanian, Keamanan, Kehandalan

    • Segitiga - ketertarikan, Resiko, Bahaya, Keseimbangan, Stabilitas

    • Lingkaran, Oval - Keabadian, Alam Semesta,Misteri.

    • Bentuk Abstrak - Dua arti dalam satu bentuk, keunikan, dan Elaborasi.

Secara umum, tombol CTA berbentuk seperti persegi panjang horizontal karena pengguna terbiasa melihat bentuk ini sebagai tombol yang dapat diklik. Selain itu, Anda disarankan untuk merancang desain CTA dengan sudut membulat karena mengarah ke dalam tombol yang menarik perhatian pada copy di dalamnya.
 
Pilihan warna bergantung pada berbagai aspek yang membuat prosesnya lebih rumit. Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti komposisi warna dasar serta preferensi potensial dan keunikan dari psikologis target audiens Anda. Ada satu syarat yang penting untuk Anda ingat saat memilih warna untuk CTA: tombol dan warna latar harus cukup kontras sehingga CTA tersebut menonjol dari komponen UI lainnya.
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman yang dapat Anda pertimbangkan untuk menciptakan desain tombol CTA yang kuat. Jika Anda masih membutuhkan bantuan, kami hadir untuk Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Tubik Studio

Related Articles