Card Sorting: Learn More About Your Users and Create Better Products

Organisasi dari sebuah informasi merupakan bumbu penting dalam menciptakan strategi produk yang baik - untuk merancang produk dengan pengalaman pengguna terbaik, Anda perlu memahami bagaimana cara pengguna berpikir dan mengatur riset yang telah mereka lakukan. Dan juga, saat mengorganisasikan konten dalam produk, kita seringkali menyusun struktur nya berdasarkan apa yang kita pikir optimal untuk pengguna dan tidak berdasarkan apa yang pengguna pikirkan dan masuk akal untuk mereka. 
Untungnya, ada beberapa teknik yang dapat membantu Anda untuk menemukan bagaimana target pengguna Anda memahami dan mengkategorikan informasi yang mereka dapat. Teknik ini dikenal dengan teknik pemilihan kartu (card sorting).
 
Dalam artikel ini, kami akan mencoba memberikan beberapa konsep dari card sorting dan membagikan beberapa saran praktikal yang dapat Anda jalankan secara efektif untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk produk Anda.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Pemilihan Kartu (Card Sorting)?
 
Teknik penyortiran atau pemilihan kartu merupakan teknik riset yang biasa Anda gunakan bersamaan dengan tim produk untuk merancang desain atau mengevaluasi pengorganisasian dari sebuah informasi produk. Ketika Anda melakukan teknik ini, Anda dapat menyiapkan beberapa topik, menuliskannya ke dalam kartu fisik maupun non fisik (setiap topik dalam kartu indeks yang berbeda), mengundang orang lain sebagai representasi dari target audiens, dan membuat topik yang terorganisir dalam kategori yang menurut mereka masuk akal. Metode ini membuka model mental dari pengguna, dan insights yang diperoleh dapat Anda gunakan untuk mengorganisasikan informasi dan konten yang sesuai dengan ekspektasi dari pengguna. 
 
Jenis Dari Pemilihan Kartu (Card Sorting)
 
Ada beberapa jenis dari card sorting, bergantung pada kebutuhan Anda. 
 
Open,Closed & Hybrid Card Sorting
 
Bergantung pada kebutuhan dari bisnis, Anda dapat menggunakan pemilihan kartu yang terbuka maupun tertutup (open or close card sorting). Ketika Anda menggunakan teknik pemilihan kartu secara terbuka, Anda meminta partisipan Anda untuk mengorganisasikan beberapa topik ke dalam kelompok yang menurut mereka masuk akal, lalu memberi nama pada setiap kelompok kartu.

Teknik pemilihan terbuka ini sejajar dengan memberikan pertanyaan yang terbuka dalam wawancara pengguna - dimana partisipan tidak memiliki batasan untuk memberikan nama. Jenis pemilihan kartu ini sangat berfungsi efektif ketika Anda ingin merancang produk baru. Ketika Anda sudah menganalisa hasil dari pemilihan kartu, Anda dapat mencocokkannya dengan bagaimana orang lain mengorganisasikan informasi yang sama. 
 
Di sisi lain, teknik pemilihan kartu secara tertutup (closed card sorting) membutuhkan partisipan untuk mengorganisasikan konten ke dalam kategori yang sudah diberikan terlebih dahulu. Teknik ini membutuhkan upaya yang lebih sedikit dari partisipan yang diuji karena yang mereka lakukan hanyalah mencocokkan konten ke dalam kategori yang sudah tersedia.
 
Karena teknik tertutup ini lebih terlihat seperti latihan evaluatif, penggunaannya sangat efektif ketika Anda ingin memprioritaskan dan memeringkatkan fitur dari produk Anda. Para pelaku riset biasanya menggunakan jenis pemilihan ini ketika ingin meningkatkan fungsi kegunaan dari produk yang sudah ada sebelumnya. 
Contohnya, sebuah tim dapat mengaplikasikan teknik ini ke dalam fitur yang tersedia dari sebuah produk tertentu. Studi partisipan dapat membagikan setiap fitur yang tersedia dari produk ke dalam beberapa kelompok seperti “Penting, “Sering Digunakan,” atau “Opsional.”
 
Dalam beberapa kasus, mungkin bagi Anda untuk menggabungkan kedua pendekatan ini. Gabungan dari dua pendekatan ini dikenal dengan hybrid card sorting. Sebagai contoh, jika Anda dan tim memiliki beberapa daftar kategori dan juga memiliki tempat kosong dimana partisipan dapat menamai kategori tertentu. Hybrid card sorting ini bekerja dengan efisien dan baik ketika Anda memiliki kategori yang kosong dalam struktur kategori yang sebelumnya sudah Anda susun, lalu ingin mengisi bagian kosong ini.
 
One-On-One Or Group Card Sorting
 
Pemilihan kartu ini juga dapat Anda lakukan secara individual (dengan sesi satu per satu dengan peneliti) atau dengan kelompok atau grup. Manfaat yang paling besar dari sesi individual ini adalah fleksibilitas. Menyusun jadwal individu akan lebih mudah daripada menyusun jadwal untuk satu kelompok. Dan juga, Anda dapat mengajak studi partisipan untuk berpikir dengan lebih bebas dan menanyakan pertanyaan yang jelas tanpa harus khawatir akan membuat kondisi yang kurang nyaman untuk studi partisipan lainnya.
 
Alternatifnya, pemilihan kartu dengan sesi individu ini lebih menghasilkan hasil yang tidak bias. Partisipan dalam sebuah kelompok atau grup dapat bekerja bersamaan dan menghasilkan solusi tentang pembagian serta pemilihan kartu ke dalam grup tertentu.
 
Moderated & Unmoderated Card Sorting
 
Perbedaan utama antara kedua jenis sesi ini adalah pengamat yang tidak memihak yang hadir selama sesi berjalan. Secara umum, pemilihan kartu yang dimoderasi dapat menghasilkan insights yang lebih bernilai karena moderator dapat bertanya kepada partisipan tentang pertanyaan yang jelas dan memahami keputusan individu tersebut secara rasional. Pertanyaan seperti “mengapa Anda memilih untuk mengelompokkan kartu ini?” dapat membantu Anda untuk memahami logika di balik pilihan setiap individu. Namun, pemilihan kartu yang dimoderasi ini biasanya lebih memerlukan sumber daya dan persiapan yang lebih banyak sehingga lebih mengocek budget.
 
Alternatif dari pemilihan kartu yang dimoderasi ini adalah unmoderated card sorting. Jenis teknik ini biasanya dikumpulkan secara online, menggunakan alat seperti Userzoom atau Optimal Workshop. Teknik ini sangat efektif sebagai tambahan dari sesi pemilihan kartu dengan moderasi. Tim produk Anda dapat menjalankan sesi moderasi pemilihan kartu dengan partisipan grup yang terbatas untuk menjelaskan tentang kategori dengan tingkat terbaik. Setelah itu, pemilihan kartu yang tidak dimoderasi dengan grup yang lebih besar dengan menggunakan kategori yang sudah ditemukan di sesi sebelumnya untuk melihat seberapa efektif struktur ini bekerja untuk audiens yang lebih besar. 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman untuk Anda tentang card sorting yang dapat Anda gunakan untuk membuat produk digital yang lebih baik ke depannya. Untuk membaca artikel secara penuh, Anda dapat mengunjungi referensi kami, disini.
 
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memproduksi produk digital berbasis website yang berkualitas dan tetap dengan harga yang terjangkau, kami dapat membantu Anda. 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Shopify

Related Articles