E-Commerce Website Development in Just 7 Simple Steps

Website e-commerce merupakan aset online yang baik untuk setiap penjual dan juga pembeli yang senang berbelanja dengan kemudahan. Pengembangan website berbasis e-commerce penting dalam dunia digital saat ini, dan untuk memulainya, Anda tidak dapat hanya memiliki website sederhana, dan selesai begitu saja. Sebuah website e-commerce tentunya lebih kompleks dan memerlukan lebih dari sekedar blog untuk membangun toko yang unik serta menjual untuk konsumen Anda. Hal tersebut berisikan beberapa hal, seperti:
 
  • Arsitektur informasi yang kuat

  • Desain yang menarik dan menonjol dibandingkan kompetitor

  • Proses pembayaran yang aman dan mudah

  • Proses transaksi pembayaran yang smooth dan masih banyak lagi.

Mudah untuk mengembangkan website custom berbasis e-commerce karena banyak template yang siap untuk diluncurkan dalam bentuk website hampir jadi di luar sana. Tetapi, jika Anda ingin lebih menarik perhatian audiens yang lebih besar, Anda tentunya perlu mempertimbangkan penggunaan jasa dari agensi yang menawarkan jasa layanan pembuatan website e-commerce untuk bisnis Anda.
 
Tetapi, sebelum Anda mulai menyusun rencana untuk membangun bisnis melalui website e-commerce, berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda ketahui sebelum menyerahkan bisnis Anda ke dalam tangan agensi penyedia layanan pembuatan dan pengembangan website e-commerce.
 
Pilih Platform & Pengembang  Website E-Commerce Yang  Fungsional & Efektif
 
Untuk pengembangan website berbasis e-commerce, Anda membutuhkan platform yang juga sesuai untuk toko online  Anda. Ada beberapa pengembangan platform untuk e-commerce yang tersedia dan berbeda dari segi harga dan fitur yang dimiliki. Anda perlu mendiskusikan hal ini kepada pengembang website Anda tentang platform mana yang paling tepat untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa contoh platform luar yang mendominasi pasar luar dan juga Indonesia:
  • Shopify - Shopify merupakan salah satu platform pengembangan yang paling kuat dan dikenali yang memiliki banyak fitur untuk mengembangkan website yang intuitif & terukur. Platform ini menyediakan kemampuan yang baik untuk berinteraksi langsung dan menjual produk Anda melalui platform lain seperti Facebook, Amazon, dan sebagainya.
  • BigCommerce - Platform ini merupakan platform yang juga menjadi salah satu pilihan umum bagi pengembang website yang juga memberikan fitur -fitur hebat dalam hal SEO dan alat yang dapat mengoptimalkan website Anda untuk mesin pencarian.

  • WooCommerce - WooCommerce merupakan salah satu perpanjangan dari platform terkenal WordPress yang cocok untuk digunakan bagi website sederhana dengan kebutuhan yang kompleks.
Jika Anda memilih satu dari antara platform diatas untuk mengembangkan website Anda, pastikan bahwa Anda senantiasa mengujinya dan membeli fitur di dalamnya sesuai dengan budget yang Anda miliki dan persyaratan serta kebutuhan dari bisnis Anda.
 
Dapatkan Nama Domain Yang Tepat
 
Nama domain Anda merupakan nama brand dari bisnis  yang juga menjadi bagian dari URL website Anda. Nama domain ini perlu diperhatikan secara jelas karena dapat membantu menarik perhatian dari konsumen dan pengguna dalam mesin pencarian.
 
Berikut beberapa tips untuk mendapatkan nama domain yang tepat untuk bisnis Anda:
 
  • Gunakan domain berakhiran “.com” jika Anda ingin menjual produk dan layanan Anda secara global

  • Jangan sertakan nama brand populer dalam nama domain website Anda

  • Nama domain Anda haruslah mudah disebutkan & diketik serta tetap unik dan mudah diingat

  • Carilah nama domain yang berfokus pada kata kunci tertentu untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Pilih Template Yang Mudah Dinavigasikan & Intuitif
 
Dapatkan template website yang mudah digulirkan serta digunakan oleh pengguna. Jangan lupa untuk memeriksa navigasi dari template tersebut untuk lebih menarik perhatian pengguna dan mempertahankan mereka di dalam website Anda.
 
  • Fitur terpenting dari website e-commerce Anda harus memiliki - halaman produk, halaman kategori, header & footer, galeri foto, tema dan warna desain, serta navigation bar. Cari template yang sesuai setidaknya dengan fitur -fitur di atas ini dari pengembang website yang Anda pilih .

  • Pastikan bahwa template desain yang Anda pilih kompatibel untuk bekerja pada mesin pencarian yang berbeda seperti Google Chrome, Mozilla, Opera dan sebagainya.
  • Pilih tema yang responsif dan dapat disesuaikan dengan ukuran atau orientasi dari perangkat seluler.

  • Pilih tema yang memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi dalam hal mengubah font, ukuran, warna, dan sebagainya.

  • Pilih tema yang bersifat SEO-friendly dan memiliki setiap elemen dalam hierarki yang menurut mesin pencari cocok untuk crawl.

Masukkan Produk Dengan Deskripsi & Gambar Yang Catchy
 
Isi desain Anda dengan gambar yang diambil dengan baik & deskripsi yang dioptimalkan bagi SEO untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian. Gunakan gambar yang berkualitas tinggi dengan visibilitas yang jelas. Jangan lupa untuk menyertakan warna kontras antara produk & latar belakangnya dalam gambar dan pastikan untuk menggunakan gambar produk asli seperti yang Anda janjikan untuk dikirimkan kepada konsumen.
 
Deskripsi produk Anda harus berorientasi pada solusi dan berisikan jawaban atas pertanyaan pengguna tentang mengapa mereka harus membeli produk Anda. Sebutkan detail produk pada gambar yang Anda sertakan dan optimalkan deskripsi dengan kata kunci atau frasa yang paling banyak dicari pada mesin pencari oleh target audiens Anda.
 
Tambahkan Metode Pembayaran Yang Canggih
 
Tambahkan halaman dan proses pembayaran aman yang terhubung dengan baik dengan Google Pay, Gopay, DANA, OVO, kartu kredit, kartu debit & metode pembayaran lainnya dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan opsi  COD (cash on delivery) jika ingin lebih lengkap lagi.
 
Setiap pemrosesan pembayaran memiliki metode terpisah untuk berintegrasi dengan masing-masing E-Commerce melalui platform yang berbeda - yang dapat Anda konsultasikan dengan vendor pengembang website E-Commerce Anda. Dan untuk memulai prosesnya, Anda perlu memiliki akun penjual - yang merupakan akun terpisah dari akun pribadi Anda - di mana semua uang akan diperoleh dari transaksi.
 
Pilihlah metode pemrosesan pembayaran yang mudah untuk Anda gunakan, berfungsi dengan baik & menjadi platform yang kompatibel sepanjang waktu, memiliki kecepatan, memiliki standar enkripsi, memiliki kemampuan faktur, dan sebagainya.
 
Berikan Pilihan Pengiriman Yang Cerdas & Terintegrasi
 
Integrasikan opsi pengiriman secara otomatis & cerdas untuk membantu pengguna dalam memesan & menerima produk mereka dengan mudah. Beberapa vendor besar di E-Commerce populer di luar seperti Shopify & WooCommerce menawarkan kemampuan pengiriman pintar melalui pemasangan plugin tambahan. Kemampuan pengiriman yang dapat Anda pertimbangkan untuk website e-commerce Anda melalui plugin tambahan biasanya seperti berikut:
 
  • Fasilitas pelacakan

  • Pembuatan faktur dan slip pembayaran

  • Pengiriman ke beberapa alamat 

  • Pemblokiran akun pelanggan palsu

  • Pemberitahuan pengiriman

  • Dan kemampuan pengiriman tarif tetap yang lebih canggih.

Ada beberapa plugin yang tersedia dari berbagai vendor pembuat website e-commerce yang dapat Anda pasang untuk mendapatkan lebih banyak kemampuan pengiriman pada website Anda.
 
Uji Website Anda & Luncurkan Kehadirannya
 
Untuk menghindari peredaman pengalaman pengguna & penjualan, pastikan untuk menguji website Anda terlebih dahulu selama beberapa kali. Kegagalan sekecil apapun, saat website Anda diluncurkan dapat menghabiskan banyak biaya. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat menguji website Anda:
 
  • Fungsionalitas Website

    • Pastikan website Anda responsif terhadap perangkat seluler.

    • Memiliki konten original & berpusat pada pengguna.

    • Pastikan semua fungsi, tombol, CTA, fitur, tautan dapat di klik.

    • Pastikan website Anda dapat dimuat secara cepat.

    • Tidak memiliki fitur atau gambar yang berat dan tidak responsif untuk dibuka pada mesin pencarian apa pun yang digunakan pengguna.

  • Proses Pembayaran Yang Lancar

    • Lihat apakah semua opsi pembayaran berjalan dengan baik.

    • Perhatikan detail pesanan yang terlihat selama proses pemeriksaan

    • Pastikan pajak, diskon, atau biaya yang dikenakan dapat dilihat oleh pembeli.

    • Kebijakan pengembalian dana terlihat jelas.

    • Coba dengan memesan produk & mengembalikannya. Lihat waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian yang seharusnya tidak terlalu lama untuk dijalankan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih vendor penyedia website e-commerce yang tepat untuk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan vendor yang menyediakan jasa e-commerce web development yang berkualitas, profesional dan dapat memberikan harga yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, Eannovate dapat menjadi salah satu pilihan Anda.
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
 
 
Reference: LeraBlog
 

Related Articles