Error Screens and Messages: UX Design Practices

Setiap jalan menuju kesuksesan tidaklah hanya diisi dengan pencapaian tetapi juga dengan kegagalan. Begitu juga dengan produk digital - hanya dalam dunia yang sempurnalah setiap orang dan aplikasi dapat berkomunikasi tanpa kesalah pahaman, kegagalan teknis, dan skenario yang tidak terduga.
 
Karena kita tidak berada dalam dunia tersebut, kita berada di dunia yang nyata seperti saat ini. Berikut ini pembahasan lebih dalam tentang bagaimana kesalahan dapat menjadi salah satu bagian dalam setiap pengalaman pengguna yang juga mengartikan bahwa tidak ada jalan dimana desainer dapat menghindarinya. Dan juga, beberapa kesalahan dalam tampilan antarmuka website dan perangkat berikut ini dapat dijadikan praktek dan strategi bagi anda untuk mengurangi efek negatif dalam penggunaannya. 
 
Apa Itu Kesalahan Antarmuka
 
Kesalahan antarmuka merupakan kondisi dimana website atau aplikasi anda tidak dapat menyajikan tindakan yang diminta oleh pengguna. Biasanya dapat terjadi dalam tiga kasus seperti:
  • Aplikasi atau website anda gagal melakukan apa yang diminta oleh pengguna (bukan karena kesalahan fungsi & teknis)

  • Aplikasi atau website anda gagal memahami apa yang pengguna masukkan dalam kueri (atau kueri pencarian  salah)

  • Pengguna mencoba untuk menggabungkan operasi yang tidak dapat berjalan bersamaan (biasanya terjadi karena pengguna tidak mengetahui proses di dalam aplikasi atau website anda)

Tentu, kegagalan ini menunjukkan bagian yang mengganggu atau bahkan membuat pengguna frustasi. Tetapi, tidak ada jalan untuk menghindarinya, jadi para desainer dan developer haruslah memikirkan cara untuk membuat interaksi tersebut lebih bersifat user-friendly dan smooth. 
 
Mengapa hal ini penting? Karena sama saja seperti di dunia nyata, kesalahan virtual membuat dampak psikologi yang signifikan dan membentuk latar belakang emosi yang negatif. 
 
Sebagai contoh, riset yang mengukur tingkat stres psikologi orang saat berinteraksi dengan perangkatnya menunjukkan koneksi langsung antara pesan kegagalan dan tingkat kortisol, indikasi penyebab stres pada manusia. Hal ini dapat meningkatkan perasaan gelisah dan memicu pengguna untuk berhenti berinteraksi dengan produk tersebut bahkan sebelum mereka selesai menganalisa apa penyebabnya.
 
Maka dari itu, berikut ini kita bahas lebih dalam tentang beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghadapi situasi tersebut.
 
Buatlah Kesalahan Tersebut Mudah Disadari
 
Mungkin hal ini terlihat jelas, tetapi jangan terlena karenanya - apa yang terlihat jelas harus dicerna dua kali. Hal terburuk yang dapat terjadi tentang kesalahan ini adalah pengguna yang tidak mengerti sama sekali tentang apa yang terjadi menjadi bingung dalam segala proses. Jujurlah kepada mereka dan jangan menutupi kesalahan tersebut. Bahkan jika antarmuka anda sangat sederhana dan beberapa tampilan membuat website atau aplikasi anda terlihat kurang di mata anda. Keindahan tidak bernilai jika tidak berfungsi dengan baik. 
 
Sebagai contoh, jika pengguna mengisi formulir yang terdiri dari 10 kolom berbeda, jangan hanya memberitahu mereka bahwa kolom tersebut belum terisi dengan benar, jangan membuat mereka mencari kolom mana yang belum terisi benar, dan jangan berharap mereka akan melakukannya. Buatlah kolom tersebut berisikan kesalahan yang mudah disadari dan menyimpan waktu yang mereka miliki.

Gunakan Lambang Visual Yang Mudah Dikenali
 
Dengan model dan pola kebiasaan dari pengguna, para desainer UX dapat mengurangi muatan kognitif. Hal ini termasuk penting dalam situasi kegagalan yang cukup tidak enak jika dialami pengguna. Tampilan layar tentang kegagalan ini mungkin kurang tepat jika dijadikan eksperimen, maka dari itu,anda dapat mempertimbangkan penggunaan lambang visual yang mudah disadari oleh sebagian besar pengguna.

Tanda dengan warna merah masih menjadi salah satu cara paling populer untuk menarik perhatian pengguna terhadap kesalahan yang mereka buat. Tetapi, pastikan bahwa anda secara hati-hati menggunakan warna tersebut hanya untuk menandakan dimana kegagalan atau kesalahan berada - dan juga pastikan hal tersebut berfungsi dengan baik untuk pengguna dengan kekurangan. Dan juga, pastikan tingkat keterbacaan dalam berbagai perangkat. 
 
Jelaskan Apa Yang Terjadi
 
Apapun alasan terjadinya kesalahan tersebut, anda pasti tidak ingin menjelaskan apa yang terjadi, dan memastikan bahwa proses penyelesaiannya tetap berjalan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dan hal tersebut kurang tepat. 
 
Pertama, Anda berisiko untuk membawa pengguna ke dalam kesalahan yang sama berulang kali karena mereka tidak mengerti apa yang menyebabkan kesalahan dari tindakan atau respon aplikasi mereka. Kedua, kita sudah membahas tentang bagaimana kesalahan ini memicu psikologi dari pengguna tentang keresahan, yang mungkin tidak anda sadari membawa anda ke dalam pola interaksi yang salah. 
 
Maka dari itu, pastikan bahwa anda menemukan cara cepat yang efisien untuk memberitahu pengguna apa yang menyebabkan kesalahan tersebut terjadi. Contohnya, dibandingkan dengan hanya memberitahu pengguna bahwa anda tidak dapat log in ke dalam aplikasi atau website, anda dapat memberikan informasi bahwa mereka tidak dapat masuk karena username dan password nya tidak sesuai. 
 
Jangan Tambahkan Tindakan Yang Tidak Perlu

Hal lain yang mungkin ingin Anda lakukan adalah meletakkan semua kesalahan pada halaman terpisah untuk membuatnya semenarik mungkin. Tetapi, sebaiknya jangan bermain berlebihan dengan hal tersebut. Dalam kebanyakan kasus, cukup bagi anda untuk membuat penanda kontras warna di zona interaktif daripada menampilkan pop-up tambahan dengan pesan yang butuh di klik oleh pengguna  dan membawa mereka kembali ke halaman yang sama.
 
Coba anda bayangkan saat ingin mengisi formulir registrasi dan mendapatkan pop-up tentang tindakan anda yang salah, tentunya tanpa diragukan lagi, anda akan kesal, bukan? Jangan membuat pengguna dari website maupun aplikasi anda merasa demikian. 
 
Tetapi, jendela pop-up dapat membantu pengguna jika mereka perlu diarahkan langsung menuju halaman lain karena kesalahan. Jadi, sebelum merancang UX halaman tersebut, perhatikanlah pro dan kontra dari penggunaan hal tersebut dan targetkan solusi yang ingin anda tawarkan.
 
Jangan Salahkan Pengguna

Ada situasi sederhana yang dapat memperparah keadaan - dengan memberitahukan pengguna bahwa mereka tidak cukup pintar untuk berinteraksi dengan website atau aplikasi anda, dan itulah sebabnya kesalahan itu terjadi. Menyinggung, bukan?
 
Dalam cara apapun anda mengemas hal ini, tentunya akan melukai perasaan pengguna yang sudah terlanjur khawatir tentang apa yang terjadi setelah tindakan mereka tidak berujung dengan apa yang mereka inginkan. 
 
Jadi, jangan salahkah pengguna, gunakan kata yang lebih sopan dan dapat membantu mereka. Hal ini dapat mengatur suasana hati mereka dalam menghadapi situasi ini. Coba gunakan instruksi yang jelas dibandingkan menyalahkan seperti “masukkan email yang valid,” dibandingkan dengan “anda memasukkan alamat email yang salah.”
 
Pertimbangkan Penggunaan Gambar & Ikon 
 
Bukanlah sebuah rahasia bahwa manusia akan mempersepsikan gambar secara lebih cepat dibandingkan dengan teks. Jadi, anda dapat menggunakan gambar dan ikon secara hati-hati dalam layar yang sedang mengalami gangguan dan membuat komunikasi kepada pengguna lebih cepat. Dan juga, gambar mempunyai potensi besar yang dapat mendatangkan emosi pengguna yang dapat mengurangi ketegangan saat mengalami ganguan. 


 
 
Ketika sudah memahami lebih dalam tentang bagaimana cara anda menampilkan tampilan kesalahan pada UX website atau aplikasi, kini saatnya anda untuk menerapkannya. Anda baru ingin membuat website atau aplikasi yang menerapkan poin-poin diatas? Anda bingung mencari agency yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bidang UI UX di Jakarta? Jangan khawatir.
 
Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau?
 

ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Tubik Studio

Related Articles