Essential Things To Consider While Developing A Mobile App For Your E-Commerce

Saat ini, aplikasi perangkat lebih sering digunakan untuk setiap kebutuhan bisnis. Tujuan dibalik aplikasi perangkat untuk bisnis adalah untuk memaksimalkan jangkauan dengan lebih banyak pengguna yang terlibat di dalamnya. Entah sebagai sebuah startup ataupun bisnis yang sudah berskala besar, tentunya memiliki sebuah aplikasi perangkat dapat meningkatkan visibilitas dan membuat Anda lebih menonjol di antara kompetitor. Hal ini menjadi cara yang paling efisien dalam menjalankan bisnis Anda adalah dengan meraih target audiens karena mereka memilih untuk menghabiskan waktu mereka di dalam hal tersebut. 
 
Aplikasi perangkat untuk bisnis bukan hanya bagian dari inovasi teknologi. Anda harus memahami pengetahuan di baliknya dan memiliki keterampilan untuk membangun aplikasi yang menarik dan bersifat ramah pada pengguna (user-friendly). Dalam artikel ini, kami memberikan beberapa titik kunci yang perlu Anda ingat sebelum merancang aplikasi perangkat untuk bisnis Anda. Mari dilihat.
 
Platform
 
Merupakan ide dasar dan utama dalam aplikasi perangkat adalah akses untuk banyak pengguna. Jadi, ketika Anda ingin membangun sebuah aplikasi perangkat, ingatlah bahwa platform senantiasa berperan penting. Sebelum memilih platform yang tepat untuk bisnis Anda, Anda dapat menganalisa terlebih dahulu beberapa faktor seperti kelompok umur, negara yang Anda targetkan, jenis bisnis atau industri, dan sebagainya. 
 
Contohnya, jika Anda memiliki negara seperti Amerika Serikat, Anda dapat berfokus pada platform Android dan iOS yang lebih banyak digunakan dalam negara tersebut dan memberikan perhatian terbatas pada perangkat seperti Windows.
 
Ada tiga toko online yang menjual aplikasi perangkat saat ini yaitu Google Play, App Store atau Windows Store. Maka dari itu, sebelum mulai membangun aplikasi perangkat untuk bisnis Anda dari awal, Anda dan tim dapat menentukan terlebih dahulu platform apa yang ingin Anda fokuskan. 
 
Native atau Hybrid
 
Aplikasi bersifat Native merupakan aplikasi yang sengaja dirancang khusus untuk sistem operasi perangkat (Java untuk Android dan Objective-C atau Swift untuk iOS). Aplikasi ini biasa dibangun dalam panduan untuk sistem operasi perangkat. Aplikasi perangkat bersifat native dirancang untuk platform yang tepat dan dapat mengambil keuntungan dari fitur sistem operasi itu sendiri.  
 
Di sisi lain, aplikasi bersifat Hybrid merupakan aplikasi berbasis web (yang dikembangkan dengan HTML, Javascript & CSS) yang secara konsekuen dikonfigurasikan untuk bekerja pada platform perangkat seluler (smartphone). 
 
Keduanya merupakan kombinasi dari aplikasi asli & website. Dan juga, aplikasi hybrid menjadi lebih populer akhir-akhir ini. Selain itu, aplikasi hybrid bersifat lintas platform sehingga dapat diklasifikasi di antara App Store secara langsung tanpa memerlukan banyak versi.
 
Kedua jenis ini memiliki pro dan kontranya masing-masing. Memilih aplikasi Native mungkin menghabiskan lebih banyak anggaran dan memakan waktu lama. Tetapi, dalam waktu yang sama, kehadirannya menyajikan pengalaman pengguna yang lebih cepat. Sedangkan aplikasi Hybrid lebih tidak menguras kantong dan biasanya banyak pengembang aplikasi seluler yang harus berkeliling kontra yang dimiliki. Jadi, sebelum memutuskan jenis mana yang ingin Anda kembangkan untuk aplikasi bisnis Anda, lihat terlebih dahulu preferensi dan prioritas Anda baru kemudian menentukan pilihan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
 
Desain UI/UX 
 
Pengalaman pengguna (UX) merupakan fitur yang signifikan saat berbicara tentang lanskap digital. Sebuah aplikasi perangkat mendefinisikan bagaimana pengguna merasa dan berpikir tentang bisnis dan layanan yang Anda berikan. Hal ini merupakan tindakan dalam membuat sesuatu yang bernilai, mudah digunakan serta menarik untuk target audiens Anda.
 
Dan juga, UI/UX memegang peran vital dalam aplikasi perangkat saat ini. Kehadirannya menentukan apakah aplikasi perangkat Anda sukses dan disukai pengguna. Komponen pengembangan aplikasi bisnis ini sangat penting karena hampir 99% pengguna tidak kembali ke aplikasi yang tidak ramah pengguna (user-friendly).
Sebuah aplikasi perangkat yang dipikirkan secara matang dapat memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa dan berubah menjadi beberapa keuntungan untuk bisnis Anda. Selain itu, fungsi dan konten di dalam aplikasi perangkat Anda haruslah juga sejalan dengan konsumen Anda. Produk final yang Anda berikan juga harus memberikan pelayanan pengguna yang berkualitas. 
Jika Anda tidak dapat menyediakan aplikasi seluler yang berkualitas, hal tersebut dapat merusak citra dari merek dan bisnis Anda. Inilah alasan mengapa banyak perusahaan pengembang aplikasi seluler teratas menghabiskan lebih banyak waktu di bagian pengembangan aplikasinya.
 
Analisa Perangkat (Mobile Analytics)
 
Analytics merupakan salah satu bagian penting dari setiap inovasi teknologi. Hal ini dapat membantu Anda untuk memahami alasan tentang rasio adopsi yang rendah dari aplikasi perangkat Anda. Anda harus ingat untuk menerapkan analisa perangkat seluler yang terkait dengan tujuan bisnis Anda, untuk juga senantiasa mengenali dan meningkatkan kinerja dari aplikasi.
 
Data yang berkaitan dengan analitik perangkat dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dalam beberapa hal, menyediakan pengguna dan menunjukkan fungsi yang tepat untuk mereka agar berkembang. 
 
Anda harus senantiasa jelas dalam melacak data dan fungsi seperti apa yang harus ada dalam aplikasi untuk meningkatkan fase pengembangan bersamaan dengan fase pengujian & penggunaan. Oleh karena itu, hal ini berguna dalam membuktikan bantuan yang sangat baik untuk membuat keputusan tentang ide bisnis pengembangan aplikasi Anda. 
 
Temukan Pengembang Aplikasi Yang Tepat
 
Pilihan terakhir yang krusial untuk Anda pertimbangkan adalah apakah Anda memerlukan bantuan profesional atau mengembangkan aplikasi Anda sendiri. Pertanyaan ini merujuk pada seluruh infrastruktur dan pengeluaran keuangan dalam kedua kasus tersebut.
Aspek lain adalah menyewa jasa dari perusahaan pengembangan aplikasi seluler E-Commerce profesional, yang memastikan seluruh pengembangan aplikasi Anda berjalan tepat waktu dan menjamin keterlibatan pengguna. Perusahaan pengembang aplikasi tersebut dapat meningkatkan keterlibatan bisnis Anda dengan menargetkan pasar & audiens yang Anda perlukan.
 
Selain itu, mereka dapat membantu Anda dalam memberikan pengalaman pengguna yang nyaman dan sempurna, yang pada akhirnya dapat memberi Anda keuntungan yang disertai dengan promosi digital gratis untuk bisnis Anda. Apapun cara yang Anda pilih, Anda harus yakin dengan apa yang ingin Anda capai dengan aplikasi seluler dan bagaimana kehadirannya dapat mendorong bisnis E-Commerce Anda.
Jika Anda masih bingung untuk mencari perusahaan atau agensi profesional yang menjamin kualitas dari aplikasi perangkat seluler yang ingin Anda kembangkan, kami dapat membantu Anda. 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Go Beyond

Related Articles