Five Quick SEO Tips for Optimizing Your Product Descriptions

Anda sudah mengoptimalkan halaman homepage dari website berbasis e-commerce Anda dan halaman utama lainnya untuk kata kunci yang relevan dan membuat konten on-page yang relevan. Kerja yang baik! Halaman homepage dan halaman kategori lainnya merupakan salah satu halaman penting bagi SEO on-site, dan mengoptimalkannya dapat membawa pengguna yang lebih luas untuk melihat produk yang Anda tawarkan. Namun, sebelum Anda memutuskan bahwa on-page content Anda sudah selesai dan berpindah pada dunia off-site kembali, Anda harus menaklukan satu tugas berat lagi yaitu pengoptimalan halaman produk.
 
Sejak banyak website e-commerce yang menjual ratusan hingga ribuan produk, pengoptimalan setiap deskripsi produk untuk SEO mungkin memang sangat menantang. Mulailah dengan lima tips berikut yang dapat kami berikan dan produk Anda akan lebih mudah dicari oleh pengguna.
 
Tinggalkan Deskripsi Produk Yang ‘Kaku’
 
Hal ini mungkin menjadi hal paling penting dari daftar tips ini, dan juga menjadi salah satu masalah terbesar dalam industri e-commerce besar saat ini. Anda tentunya sudah mengetahui bahwa tidak memiliki konten pada halaman produk Anda, adalah big no no. Pengguna bergantung pada deskripsi produk untuk belajar tentang produk Anda dan menghasilkan keputusan yang baik. Jadi, dibandingkan dengan mengirimkan pengguna untuk keluar dari website Anda dengan tidak adanya informasi dan ketidakmampuan untuk menghasilkan pembelian, banyak website e-commerce yang bergantung pada deskripsi kaku dan bersumber dari pabrikan langsung yang memang mudah ditemukan dan tinggal disalin saja. 
 
Sayangnya, duplikasi deskripsi seperti ini dari website lain akan membawa Anda dalam penalti yang diberikan Google. Alternatifnya, Anda dapat:
 
Membuat Konten Yang Unik Dan Berfokus Pada Konversi Untuk Setiap Produk 
 
Deskripsi dari distributor produk biasanya tidak dituliskan dengan memikirkan konversi. Ketika Anda memulai untuk menulis deskripsi produk sendiri, pikirkanlah tentang bagaimana Anda dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Anda. 
 
Bagaimana cara produk ini untuk membuat hidup pengguna lebih mudah ? Fitur apa yang ditawarkan oleh produk yang tidak dimiliki oleh produk sejenis lainnya? Apakah pengguna berbelanja saat ada penawaran dengan harga yang lebih rendah dari kompetisi, atau apakah Anda menawarkan opsi pengiriman gratis?
 
Cobalah untuk menggunakan beberapa pilihan dan gaya deskripsi, variasikan kata yang Anda gunakan untuk melihat jenis dan jumlah copy yang dapat terkonversi lebih baik.
Jika Anda menjual ratusan produk dan tidak mungkin menuliskannya satu persatu, maka sudah waktunya Anda untuk:
 
Merancang Strategi Desain Untuk Menghindari Konten Duplikat
 
Bahkan pakar SEO yang berpengalaman dapat berdebat tentang cara terbaik dalam menangani deskripsi pabrikan yang berlebihan, karena tidak ada solusi yang tepat. Kami menyarankan untuk tidak terburu-buru dan mempekerjakan seseorang untuk membantu Anda dengan copy halaman produk - ada banyak layanan hebat di luar sana di mana Anda dapat membayar sesuai kata dan menyelesaikannya dengan biaya yang relatif rendah, seperti Textbroker atau Upwork. 
 
Selain itu, konsensus umum yang ada dapat mempertahankan deskripsi pabrikan jika berisi detail penting atau spesifikasi produk. Tetapi, ketika Anda sudah dapat menuliskan copy yang unik, jauhkan halaman produk dari mesin pencari dengan tag NO INDEX atau dengan memblokirnya di file robots.txt Anda. Hal tersebut mungkin terdengar seperti saran kontra-intuitif, tetapi jika Anda menggunakan deskripsi produk yang duplikat, peluang peringkat tinggi untuk produk tersebut menjadi rendah - dan datang dengan beban ekstra dan risiko penalti dari Google.
 
Artinya, kategori produk Anda harus dioptimalkan sebaik mungkin, sehingga pengguna dapat menemukan website Anda melalui penelusuran kategori dan kemudian bernavigasi pada produk yang mereka cari.
 
Kemudian, tetapkan tujuan untuk menulis ulang deskripsi produk X per bulan, membebaskan setiap produk dari pencarian saat Anda menulis ulang. Ingin tahu yang mana untuk memulai? Berikut ini trik yang dapat Anda lakukan:
 
Prioritaskan Produk Anda Untuk Mengoptimalkan & Melakukan Riset Kata Kunci Pada Waktu yang Sama
 
Saat Anda memutuskan produk mana yang akan menjadi fokus pertama, Anda mungkin akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti produk mana yang menghasilkan pendapatan tertinggi, produk apa yang paling sesuai dengan prioritas pribadi Anda untuk toko e-commerce Anda, dan produk apa yang sudah populer di kalangan pengguna (benar-benar optimalkan hal ini daripada memblokir mereka! Anda tidak ingin kehilangan momentum tersebut), dan mana yang produk yang seharusnya populer tetapi tidak. Semua hal ini adalah faktor kritis, jadi Anda perlu mengatasinya terlebih dahulu.
 
Setelah Anda selesai melakukannya, sekarang saatnya untuk meningkatkan keterampilan penelitian kata kunci Anda. Semua hal lainnya tetap sama, produk yang ingin Anda tangani selanjutnya adalah produk yang memiliki volume penelusuran tertinggi dan jumlah persaingan paling masuk akal. Uji sejumlah besar brand dan model yang Anda jual pada alat Keyword Planner Google Adwords untuk memeriksa volume, menemukan produk yang paling banyak ditelusuri, dan kemudian menjelajahi SERP untuk mengetahui peringkat siapa. Anda telah menemukan target baru Anda. 
 
Dan berbicara tentang kata kunci:
 
Deskripsi Produk Merupakan Tempat Yang Tepat Untuk Memasukkan Kata Kunci Berekor Panjang (Long-Tail Keywords)
 
Kata kunci berekor panjang merupakan pencarian yang sangat spesifik sehingga volume pencariannya dapat diabaikan, tetapi banyak pengguna yang melakukan pencarian tersebut dan dengan berada di dalamnya, Anda dapat memenangkan hati mereka. Dan yang kami maksud dengan "menang" adalah "membeli" produk Anda. Jika Anda mendapatkan satu orang untuk membeli produk Anda dan berkonversi, hal tersebut akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan 1.000 orang yang mendarat di produk Anda tetapi tidak berkonversi. Model produk dan nomor produk yang jelas merupakan tempat yang tepat untuk memulai kata kunci berekor panjang, tetapi pikirkanlah juga deskripsi yang kualitas yang mungkin dicari pengguna.
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan langkah yang dapat kami berikan untuk mengoptimalkan deskripsi dari halaman produk berbasis e-commerce yang Anda miliki. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam bidang SEO atau pemasaran digital untuk website, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Volusion

Related Articles