How to Create a Product Page That Converts

Sebuah halaman produk dari website e-commerce yang efektif senantiasa menangkap perhatian dari pengguna dan meyakinkan mereka untuk berubah menjadi konsumen yang membeli produk tersebut. Banyak bisnis e-commerce yang percaya bahwa setiap halaman produk hanyalah tentang gambar yang memiliki kualitas tinggi dengan deskripsi yang rinci dalam setiap produknya.
 
Meskipun hal ini adalah area penting yang perlu dipertimbangkan, berpikir bahwa kehadirannya adalah satu-satunya elemen yang diperlukan untuk memenangkan hati pelanggan Anda, terlalu sederhana. Dalam artikel ini, kami akan membahas elemen-elemen yang dapat membuat halaman produk Anda lebih menarik secara visual bagi pengunjung. Kami akan membahas secara rinci beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk dilakukan pada halaman produk sehingga kehadirannya lebih menonjol  dari kompetitor Anda.
 
URL Halaman Produk Haruslah Menjadi Prioritas
 
Mari kita mulai dengan hal kritis yang sering diabaikan - mengoptimalkan URL dari produk. Sayangnya, ada banyak e-commerce di luar sana yang masu=ih belum terlalu memperhatikan URL dari produk mereka. Mengabaikan bagian vital ini dapat secara serius mempengaruhi tingkat click-through-rate (CTR) dari website Anda, khususnya dalam pencarian organik. 
 
Ingatlah bahwa ada ribuan pilihan yang dilihat pengguna saat pertama kali mereka memutuskan untuk membeli produk secara online. Tentunya ia akan memilih opsi yang menurutnya paling memuaskan. 
Coba kita lihat contoh berikut ini:
 
Sekarang, cobalah untuk memahami psikologi pelanggan potensial yang memiliki banyak pilihan ketika berbelanja online. Perhatikan baik-baik dua URL yang diberikan di atas. URL  mana yang akan Anda tekan jika Anda ingin membeli kemeja pria? Tentu saja, yang pertama - jelas bahwa setelah mengklik tautan tersebut, Anda akan langsung mendarat di bagian pakaian pria dari situs e-commerce yang bersangkutan. URL kedua, di sisi lain, sepertinya akan membawa Anda ke halaman merek biasa - yang mungkin menawarkan atau tidak menawarkan kemeja yang Anda cari. (URL kedua tidak memperjelas apakah mereka menjual kemeja untuk pria atau wanita.)
 
URL yang bersifat SEO-friendly sangat penting karena kehadirannya akan memberi Anda peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Dan juga, kehadirannya juga menjawab pertanyaan dasar yang berkaitan dengan tahap kesadaran dari pembeli. Sebuah URL harus memberikan indikasi yang jelas tentang di mana pengguna akan mendarat setelah dia mengkliknya; oleh karena itu, URL tersebut harus relevan dengan permintaan pencarian pengguna.
 
Pikirkan Secara Pasti Tentang Nama Produk Anda
 
Nama dari produk Anda sebaiknya dirancang dengan sistem yang bersifat SEO-friendly, tetapi ada garis di antara nama yang SEO-friendly dan title tag yang terlalu dioptimalkan. Nama atau judul produk yang atraktif serta mudah diingat dapat secara signifikan meningkatkan jumlah klik dari pengguna. 
 
Kita ambil contoh jika Anda mencari tentang “konsultan perencanaan bisnis” dan ketika Anda menemukan hasil pencarian di Google, seluruh nama dan kalimat dari setiap website diisi dengan banyak kata kunci berbeda yang sebenarnya memiliki arti sama. Sekarang, coba bandingkan dengan halaman yang memiliki kata kunci tepat untuk menyajikan pembeli potensial dalam mesin pencari. Judul mana yang akan Anda klik?
 
Alasan mengapa kita memilih yang kedua adalah karena pesan yang disampaikan jelas, dan sangat relevan terhadap apa yang pengguna cari. Jadi, jika halaman produk diisi dengan setiap keyword yang memungkinkan dan memiliki arti yang sama, Anda beresiko mengurangi kesempatan bagi website  Anda untuk diklik oleh pengguna.
 
Judul atau nama produk merupakan hal yang penting bagi mesin pencari, dan juga target audiens Anda. Pastikan bahwa judul atau nama dari halaman produk Anda dipikirkan secara matang, relevan, dan menyampaikan pesan lengkap dalam kurang dari 65 karakter (jika memungkinkan).
 
Selalu Gunakan Gambar Beresolusi Tinggi
 
Bagian gambar dari sebuah website merupakan salah satu bagian terpenting dari halaman produk, karena kemampuannya untuk meraih perhatian dari pengunjung (jika dilengkapi dengan struktur yang baik). Semakin jelas gambar produk Anda, semakin mudah Anda untuk menarik pengunjung. Pengunjung haruslah tertarik dengan produk Anda secara mendalam agar mereka yakin untuk menghabiskan uang mereka dengan membeli produk Anda. 
 
Ketika berbicara tentang gambar dari halaman produk Anda, pertimbangkan beberapa hal berikut ini:
 
  • Ukuran Gambar

Ketika berbicara tentang resolusi tinggi, bukan berarti kita hanya memperhatikan kualitas gambar, tetapi juga ukurannya. Setiap gambar yang ingin Anda gunakan haruslah memiliki ukuran yang tepat sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat detail produk dan memahami bagaimana produk tersebut terlihat ketika sampai di tangan mereka. 
 
Gambar yang terlalu kecil atau besar (tidak muat dalam layar) dapat mempengaruhi pengalaman pengguna yang Anda berikan dan membuat pengguna meninggalkan halaman tersebut. Cobalah untuk menggunakan gambar dengan ukuran yang sama dan perbolehkan pengunjung untuk memperbesar gambar produk agar dapat melihat detail yang lebih dalam.
 
  • Memasukkan Gambar Dari Berbagai Sudut / Sisi Pengambilan

Jika Anda ingin pengguna membeli produk Anda, tentunya Anda harus meyakinkan mereka untuk membuat keputusan pembelian dengan memberikan mereka setiap detail produk yang mereka butuhkan. Gambar pada umumnya memiliki dua dimensi. Jika Anda mengambil gambar produk Anda dari berbagai sudut, Anda dapat memberikan konsumen potensial gambaran yang lebih realistis dari produk Anda dengan menyajikan mereka gambar tiga dimensi yang lebih terlihat nyata. 
 
Untuk produk elektronik seperti perangkat seluler, laptop atau tablet, penting untuk menunjukkan pengunjung foto dari berbagai sisi produk sehingga mereka dapat memahami seberapa tinggi atau panjang produk, bagaimana produk tersebut terlihat dan bagaimana produk tersebut terasa dalam genggaman mereka.
 
Jika Anda merupakan brand tentang pakaian atau fashion, Anda dapat mencoba untuk memberikan model yang difoto dari berbagai sisi. Hal ini dapat mempermudah pengunjung untuk membayangkan bagaimana dirinya akan terlihat dalam pakaian tersebut jika mereka memutuskan membeli pakaian tersebut.
Saat Anda mengoptimalkan halaman produk untuk website e-commerce Anda, pastikan bahwa Anda menggunakan gambar yang beresolusi tinggi dan tersedia dalam berbagai sudut pandang. Hal ini membuat pengunjung tidak hanya dapat melihat bagaimana rupa dari produk Anda, tetapi juga membuat Anda mendapatkan calon konsumen yang dapat berubah menjadi pelanggan dari produk Anda. 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam memproduksi halaman produk yang dapat mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan tetap dari produk atau brand  Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk menjalankan bisnis e-commerce berbasis website Anda, atau malah baru ingin membuat website untuk bisnis Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Jika mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai E-Commerce Web Development , Website Design, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Moz

Related Articles