How To Create A Stunning Food Delivery App

Sebelum mulai membuat aplikasi perangkat untuk pengantaran makanan dari produk Anda sendiri, alangkah baiknya Anda bergerak untuk mengeksplor pasar terlebih dahulu yang secara aktif mencari tanggapan memadai terhadap beberapa larangan makan di restoran, dan menentukan niche bagi layanan pengiriman makanan apa yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda.
 
Pengantaran makanan biasanya menjadi perpanjangan tradisional dari bisnis restoran untuk menghapuskan batasan lokasi untuk meraih pelanggan yang lebih luas. Tetapi saat ini, pengantaran makanan ini sudah semakin berkembang dan senantiasa dimasukkan ke dalam pengiriman produk dari setiap restoran yang sudah dilakukan secara digital melalui website. Dan juga segmen besar lainnya yang saat ini berkembang yaitu aplikasi pengiriman makanan sesuai permintaan yang beroperasi sebagai layanan kurir.
 
Menurut penelitian dari Statista, pemasukan dari segmen pengantaran makanan online sudah mencapai lebih dari $136 juta pada tahun 2020 dan diprediksi akan berg=kembang sebanyak 7.5% hingga mencapai lebih dari $182 juta per tahun 2024. Pemain pasar besar secara internasional seperti UberEats, Seamless, GrubHub di Amerika dan Go-Food serta GrabFood di Asia Tenggara dapat menjadi salah satu contoh perusahaan digital terbesar dalam hal pengiriman makanan saat ini yang sudah mendapatkan keuntungan besar dari setiap layanan dan pesanan yang mereka dapat.
 
Tentukan Model Bisnis Pengiriman Makanan Yang Anda Inginkan
 
Berikut ini beberapa contoh model atau jenis bisnis pengantaran makanan berbasis aplikasi perangkat yang paling sering digunakan:
 
Model Aggregator (Aggregator Model) - Model ini termasuk sebagai aplikasi perangkat dari pihak ketiga yang memiliki layanan pemesanan sebagai layanan dan fungsi utama dari aplikasi perangkat. Model aggregator ini pertama kali muncul pada pasar pengantaran makanan dengan menawarkan layanan sebagai mediator yang “menghapus” jarak antara konsumen dan restoran favorit mereka.

Model ini didasarkan untuk menyediakan akses terhadap berbagai varian restoran. Pengguna perlu login, menavigasikan aplikasi untuk mendapatkan restoran yang mereka inginkan, membaca ulasan tentang restoran dan mencari menu yang mereka inginkan. Pada langkah selanjutnya, pengguna dapat menempatkan pesanan yang secara langsung akan diproses menjadi pengantaran.

Salah satu contoh populer untuk aplikasi dengan jenis ini adalah Zomato.
Zomato secara internasional dibuat sebagai aplikasi pelayanan pengantaran makanan yang memposisikan diri mereka sebagai jaringan sosial sesama foodies atau penikmat makanan. Fungsi dari aplikasi Zomato senantiasa mendukung layanan pengirimannya yang berkualitas tinggi. Dan juga, aplikasi ini digunakan sebagai jaringan sosial bagi setiap penikmat makanan yang berdedikasi dengan tidak hanya dapat memesan menu, tetapi juga meninggalkan ulasan dan berdiskusi langsung dengan penikmat makanan lainnya. 
 
Model Aplikasi Pemesanan & Pengiriman (Order and Delivery App Model) - Jenis aplikasi ini menawarkan alokasi pesanan dan menyiapkan secara langsung pesanan kepada konsumen. Restoran dapat berkolaborasi dengan aplikasi ini karena dapat memberikan pesanan tambahan. Ketika pesanan sudah ditempatkan, produk akan langsung dikirimkan kepada kurir yang siap untuk mengambil pesanan tersebut. Kurir dapat mengklaim pesanan dan langsung mengantarkannya. Data akumulasi ketika pesanan diantar dapat membantu mengidentifikasikan pola logistik dan membangun rute yang lebih optimal untuk pesanan ke depannya.
 
Aplikasi yang paling populer dari jenis ini adalah UberEats. Ubereats menyediakan layanan pengantaran makanan dalam lebih dari 100 kota secara global. Aplikasinya membuat konsumen dapat memilih berbagai varian makanan dari berbagai restoran, dan setiap kurir independen akan mengambilnya lalu langsung mengirim ke konsumen. UberEats dapat terhubung ke hampir semua restoran dan itu berarti pemesanan dapat dilakukan dengan satu ketukan jari saja. Aplikasi ini juga menyediakan transaksi tanpa uang tunai untuk keamanan ekstra.
 
Full Stack Model - Menerapkan aplikasi ini berarti bahwa konsumen mendapatkan pengiriman makanan lengkap pada ujung jari mereka. Fungsionalitas aplikasi ini menyiratkan penggabungan semua tahapan layanan mulai dari proses pembuatan makanan hingga mengisi daya. Praktisnya, aplikasi ini beroperasi pada tiga aplikasi yang saling berhubungan untuk kurir, restoran, dan secara terpisah, untuk konsumen. Awalnya, pesanan berpindah secara otomatis dari pelanggan ke restoran.
 
Setelah makanan dimasak, restoran memastikan bahwa pesanan dapat dikirim ke pelanggan oleh kurir yang siap mengambil pesanan setelah pemberitahuan dari restoran. Hal ini mengunci siklus dengan cepat karena desain aplikasi ini memenuhi kebutuhan semua pihak. Salah satu contoh aplikasi semacam ini adalah Dahmakan yang total pendanaannya mencapai $28 juta.
 
Platform yang berbasis di Malaysia ini adalah aplikasi yang mewujudkan semua langkah dari pengembangan resep hingga pengiriman ke pintu konsumen, dan dapur ’cloud’ -nya terhubung pada hub di berbagai kota yang berada di sekitar pelanggan mereka. Dahmakan menyiapkan makanannya sendiri yang menampilkan hingga 40 pilihan setiap minggu dari database 2.000 hidangan. Hal ini mengambil penawaran mingguan berdasarkan analisis data konsumen tentang preferensi makanan bersama dengan kebiasaan belanja yang mereka miliki.

Tentukan Persyaratan & Tentukan Peran Pengguna

Ada tiga jenis aplikasi pesan-antar makanan yang didesain secara umum yaitu untuk pelanggan, restoran, atau kurir yang harus dianggap sebagai pengguna akhir dan membutuhkan beberapa persyaratan harus menjadi landasan pengembangan dari bisnis makanan Anda.
 
Secara khusus, aplikasi pelanggan bertujuan untuk membuat portal tempat dimana semua pesanan akan dibuat. Panel admin aplikasi dari restoran harus memastikan tentang pengawasan yang efisien atas semua permintaan. Dan yang terakhir, aplikasi pengirim produk makanan menyiratkan pembuatan antarmuka untuk kenyamanan kurir dalam mengantarkan pesanan pelanggan.
 
Pada tahap analisis bisnis, sangat penting bagi Anda untuk melakukan penelitian lengkap tentang pasar sasaran dan menentukan pengguna akhir dalam hal membuat potret konsumen yang akan membantu menetapkan persyaratan khusus sebelum aplikasi Anda masuk dalam proses pengembangan.
 
Rencanakan Desain UI / UX Yang Anda Inginkan
 
Untuk membangun desain aplikasi yang dapat menarik perhatian pengguna, Anda harus berfokus pada desain UI / UX yang Anda miliki karena dalam kebanyakan kasus, hal ini menjadi salah satu pemegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Skenario ini direncanakan secara detail dengan bantuan dari designer berpengalaman yang dapat memberikan Anda tampilan visual yang menarik. Hal ini dapat diberikan dalam bentuk penempatan foto gambar makanan yang Anda tawarkan pada homepage atau elemen kompleks yang dapat mendukung fitur-fitur dari aplikasi Anda untuk lebih bekerja secara optimal.
 
Tahap Pengembangan
 
Tahap pengembangan meliputi bagian  front-end dan back-end. Bagian front-end adalah bagian yang dilihat pengguna di layar mereka. Sedangkan bagian back-end meliputi server, database, dan API dari aplikasi perangkat Anda. Hal ini juga bergantung pada model bisnis yang Anda terapkan untuk aplikasi Anda, peran pengguna dan fitur yang diperlukan, tumpukan teknologi dibahas dan ditentukan.
 
Layanan pengiriman makanan mengalami perubahan cepat dan hal tersebut dapat Anda jadikan kesempatan untuk memperluas pasar dalam menyajikan aplikasi pengiriman makanan untuk konsumen Anda.
 
 
Dengan banyaknya pemain dari aplikasi penyedia jasa pengantaran makanan saat ini, tidak jarang bagi setiap bisnis rumahan yang terpukul saat ini. Tetapi, jika Anda merupakan salah satu pemilik bisnis rumahan seperti ini, Anda tidak perlu khawatir. Untuk membuat konsumen dan pelanggan Anda senantiasa tetap menikmati makanan yang Anda berikan, Anda dapat mulai menggunakan layanan pengantaran berbasis aplikasi perangkat yang juga tidak menghabiskan budget terlalu besar. Kami dapat membantu Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
References: CodeIt
 

Related Articles