How to Develop an E-Commerce Mobile App?

Salah satu cara terbaik dalam menarik perhatian konsumen dalam era ke 21 ini adalah melalui aplikasi e-commerce. Pengguna senantiasa cenderung memilih aplikasi untuk berbelanja karena kehadirannya membantu mereka untuk berbelanja dengan lebih mudah dimanapun mereka berada. Anda dapat menumbuhkan bisnis Anda dan menargetkan konsumen yang tepat dari berbagai belahan dunia dengan menggunakan e-commerce berbasis aplikasi ini.
 
Dengan alasan ini, permintaan akan pembuatan mobile app atau aplikasi perangkat juga senantiasa meningkat setiap harinya. Berbagai bisnis saat ini menginginkan penggunaan aplikasi e-commerce dengan setiap fitur di dalamnya untuk meraih sebanyak mungkin konsumen. Setiap pebisnis tersebut tentunya menargetkan perangkat terlebih dahulu sebelum mempercantik website.
 
E-Commerce berbasis aplikasi perangkat sangatlah membantu bisnis online saat ini. Kehadirannya sangatlah mudah untuk digunakan dan memiliki banyak fitur di dalamnya. Berikut ini beberapa pembahasan yang dapat kami berikan mengenai cara membangun aplikasi perangkat yang baik untuk bisnis Anda.
 
Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membuat Aplikasi Perangkat Untuk Bisnis Anda
 
  • Riset Pasar & Target Audiens - Bangunlah terlebih dahulu dan riset tentang kepribadian dari konsumen Anda. Anda dapat melakukan riset terhadap audiens dan pasar dimana industri Anda berjalan. Ketahui kebutuhan dan persyaratan dasar dari sebuah aplikasi e-commerce untuk menyajikan pengalaman terbaik bagi pengguna.
  • Riset Kompetitor - Jika Anda belum mengetahui kompetitor Anda, hal tersebut dapat membuat Anda mengalami kerugian secara perlahan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memahami tentang kompetitor Anda. Mulai dari metodologi, fitur, platform yang digunakan, dan sebagainya. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi yang berbeda dan lebih menarik serta menghindari kesalahan yang mungkin diterapkan oleh kompetitor Anda.
  • Desain UI & UX - Tampilan dari aplikasi perangkat untuk bisnis e-commerce Anda haruslah bersifat user-friendly. Anda dapat menggunakan tema dan tampilan yang lebih menenangkan. Dengan ini, Anda dapat membantu aplikasi yang Anda miliki untuk lebih berkoneksi secara mendalam dengan konsumen Anda.
  • Kualitas Gambar Produk - Konsumen tidak dapat melihat produk secara langsung. Karena itulah, gambar dan foto produk yang Anda berikan haruslah berkualitas tinggi. Tetapi, Anda dapat mengaturnya agar tetap memiliki ukuran yang tepat sehingga tidak memperlambat waktu muatan karena ukurannya yang terlalu besar. Masukkan juga tombol untuk memperbesar sehingga konsumen dapat melihat secara jelas detail dari produk Anda.
  • Teknologi -  Setelah Anda menuliskan setiap ide untuk aplikasi perangkat dan memutuskan untuk menyelesaikannya, ini adalah waktu yang tepat untuk memutuskan tentang teknologi mana yang akan Anda gunakan. Jika Anda tidak memilih teknologi yang tepat untuk aplikasi perangkat e-commerce Anda, maka kehadirannya dapat berjalan dengan kurang baik. 

Beberapa Contoh Fitur Dasar Dalam Aplikasi Perangkat Berbasis E-Commerce 
 
Biasanya terdiri dari tiga panel:
Fitur Panel Pengguna / Konsumen
      • Sign-up/Log-in
      • Pencarian Toko / Store finding
      • Penawaran / Diskon (Offers/discounts)
      • Daftar Produk, Pengiriman, Dan Pelacakan (Product List, shipment and tracking)
      • Keranjang Belanja & Tombol Add To Cart (Shopping cart and add to cart)
      • Wishlist
      • Kustomisasi Pengiriman Produk / Customizing delivery of products
      • Berbagai Cara Pembayaran / Multiple Payment Gateways
      • Pencarian Berbasis Gambar / suara (Voice/image search)
      • Pengembalian atau Penukaran Barang (Return/Exchange product)
      • Checkout Instan / Instant checkout
      • Hasil Yang Dipersonalisasikan / Personalized Results
      • Percakapan Langsung Dengan Customer Care / Live Chat
      • Pemberitahuan atau notifikasi (Notifications)
  • Fitur Panel Vendor / Vendor Panel
      • Registrasi / Registration
      • Paket Berlangganan /  Subscription Plan
      • Profil & Pengelolaan bisnis / Profile and setting up stores
      • Pengelolaan Toko / Manage orders
      • Pengawasan Pembayaran - Payment monitoring
      • Ulasan / Reviews
      • Alat Untuk Membuat Laporan / Tools for reporting
      • Pemberitahuan atau notifikasi (Notifications)
  • Panel Admin / Admin Panel
      • Masuk melalui ID & Kata Sandi / Login with Login ID & Password
      • Pengelolaan Pengguna (Konsumen & Penjual) / Manage Users (Customer/Seller
      • Pengelolaan kategori produk / Manage Product category/Sub-Category
      • Pengelolaan Promosi, Rewards & Poin / Manage Promotions, Rewards, Points
      • Pengelolaan Sistem Pembayaran / Manage Payment
      • Pengelolaan Kode Referal / Manage referral/invites
  • Dashboard
      • Pengelolaan Pengguna (Konsumen & Penjual) / Manage Users (Customer/Seller
      • Pengelolaan kategori produk / Manage Product category/Sub-Category
      • Pengelolaan Promosi, Rewards & Poin / Manage Promotions, Rewards, Points
      • Pengelolaan Sistem Pembayaran / Manage Payment
      • Pengelolaan Kode Referal / Manage referral/invites
Beberapa Fitur Tambahan
 
  • Registrasi Menggunakan Media Sosial -  Opsi terbaik untuk menarik lebih banyak pengguna dengan memberi mereka opsi pendaftaran melalui akun media sosial.
  • Metode Pembayaran Yang Bervariasi -  Strategi ini mengintegrasikan banyak metode pembayaran dapat memberi Anda keuntungan lebih dari pesaing Anda. Dengan demikian, pengguna memiliki banyak opsi untuk membayar seperti dengan menggunakan dompet elektronik, kartu debit / kredit, pembayaran tunai saat pengiriman, dan sebagainya.
  • Push notifications -   Notifikasi untuk pemberitahuan tentang diskon, promosi, dan sebagainya sangat cocok untuk memikat konsumen. Selain itu, hal ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan.
  • Google Analytics - Google Analytics merupakan alat yang baik dan dapat membantu Anda untuk memantau semua aplikasi Anda. Penggunaannya dapat mengumpulkan data tentang fitur yang disukai pengguna atau fitur yang perlu ditingkatkan dari aplikasi Anda. Menerapkannya cukuplah mudah, dan manfaat yang Anda peroleh tentunya sepadan.
  • Wishlist -  Memiliki fitur daftar keinginan sangat penting untuk setiap aplikasi seluler e-commerce saat ini. Banyak konsumen yang menyukai suatu barang, tetapi baru dapat membelinya setelah beberapa waktu. Wishlist dapat membantu mereka untuk menyimpan produk tersebut terlebih dahulu dan juga terus mengingatkan mereka tentang hal yang sama.

  • Proses Checkout Yang Mudah  - Proses menelusuri berbagai produk sebelum membeli salah satunya adalah proses yang panjang. Setelah pengguna menyelesaikan pemilihan produk yang ingin mereka beli; mereka tidak akan menyukai proses pembayaran yang rumit. Oleh karena itu, Anda harus membuat proses pembayaran sesederhana dan semudah mungkin.

  • Berbagi Melalui Media Sosial -  Saat berbelanja, semua pengguna tentunya suka menerima saran dan respon balik dari teman maupun keluarga mereka. Pastikan bahwa aplikasi Anda memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan produk Anda dalam Whatsapp, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

  • Respon Balik (Penilaian, Ulasan) - Jangan hanya menerima masukan untuk produk Anda, tetapi ambil juga ulasan sebagai bentuk dukungan pelanggan dan fitur aplikasi yang Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan aplikasi sehingga Anda dapat memberikan lebih banyak hal kepada pengguna aplikasi Anda.

Minta vendor pembuat aplikasi Anda untuk menyertakan sebagian besar fitur diatas dalam aplikasi Anda (jumlah fitur selanjutnya tergantung pada budget Anda.) Hal ini dapat menjadi satu-satunya hal yang membuat aplikasi Anda berbeda dari aplikasi e-commerce lainnya. Gunakan fitur yang dapat membantu Anda untuk mempertahankan konsumen dan membuat pengalaman mereka lebih mudah dan menyenangkan.
 
Jika Anda masih belum menemukan vendor yang menyediakan jasa pembuatan mobile apps development terpercaya dan berkualitas saat ini, kami dapat membantu. 
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Endive

Related Articles