Improve Customer Loyalty With The Right E-Commerce Web Design

Saat ini, toko online bertanggung jawab terhadap lebih dari 80% penjualan, menurut laporan yang dipublikasikan dari Shopify tentang e-commerce. Angka itu sendiri sudah cukup untuk menekankan pentingnya memiliki website e-commerce untuk bisnis Anda. Tetapi, hal ini bukanlah hanya sekedar memiliki website e-commerce. Anda memerlukan website yang dirancang dengan baik dan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam perjalanan berbelanja yang juga dapat membuat mereka berkunjung kembali ke depannya.  
 
Mengapa Anda perlu menarik perhatian lebih kepada desain dan pengembangan website e-commerce yang Anda miliki?
 
Karena:
 
  • Anda tidak dapat menyangkal fakta bahwa kesan pertama sangat penting dan berperan besar. Seberapa mudah sebuah desain menarik di mata dan membuat segala perbedaan? Website Anda harus berbicara tentang volume dari layanan yang brand Anda berikan dengan konten yang relevan. Kualitas dari desain website dapat merefleksikan kualitas dari produk dan layanan yang Anda berikan; dan konsumen berekspektasi terhadap brand Anda melaluinya.

  • Jika pengunjung mengalami kesulitan dalam menavigasikan halaman atau membutuhkan orang lain untuk membantu mereka, tentunya mereka tidak akan bertahan dalam website Anda lama. Navigasi yang membingungkan dan sulit dapat membawa Anda untuk kehilangan konsumen potensial.

  • Kita tentunya mengetahui betapa signifikannya iklan dari mulut ke mulut. Konsumen dan pengunjung website Anda dapat membagikan pengalaman positif yang mereka alami saat berbelanja dalam toko online Anda. Hal ini dapat memperluas jangkauan anda dalam basis konsumen.

  • Desain website e-commerce yang ketinggalan jaman juga memiliki dampak negatif terhadap pengoptimalan mesin pencarian (SEO). Karena persyaratannya mungkin tidak terpenuhi, Google dapat mendorong website Anda jauh di hasil pencarian belakang.

  • Terlepas dari paparan global yang diberikan website kepada Anda, desain dan konten yang dirancang dengan baik juga menambah kredibilitas di mata konsumen. Mereka menganggap bahwa bisnis Anda dapat diandalkan dan layak untuk dikunjungi saat mereka ingin berbelanja. Hal ini akan semakin meningkatkan loyalitas pelanggan, yang tentunya menantang untuk dicapai dan dipertahankan dalam pasar yang kompetitif secara agresif ini. 

Tetapi hal ini lebih mudah dikatakan jika dibandingkan dengan dilakukan.
 
Memperkuat loyalitas konsumen merupakan tantangan yang memerlukan upaya kesabaran dan konsisten. Jadi, apa saja perubahan yang Anda perlukan dalam desain website Anda untuk meningkatkan loyalitas konsumen?
 
Desain Website E-Commerce Untuk Ekosistem Smartphone
 
Konsumen tentunya ingin membaca dan menyebarkan informasi, yang berarti mereka senantiasa mencari solusi untuk kueri mereka menggunakan perangkat seluler baik smartphone ataupun tablet. Operator bisnis e-commerce haruslah senantiasa memenuhi permintaan yang berkembang untuk peningkatan aksesibilitas, yang membuat Anda harus memperhatikan desain dan oengembangan dari website yang bersifat mobile-friendly
 
Mengembangkan website yang bersifat mobile-friendly merupakan proses yang efektif dengan permintaan yang minim. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas Anda dalam mesin pencarian. Dan juga, desain website yang responsif merupakan rekomendasi konfigurasi dari Google, sehingga Anda tidak dapat mengabaikannya. Sebuah website yang responsif dapat memberikan Anda kesempatan untuk menjangkau basis audiens yang lebih luas, dan meningkatkan probabilitas dari penjualan dan konversi.
 
Membuat UI Website Yang Mudah Digunakan
 
Setiap konsumen tentunya menginginkan website yang mudah untuk dinavigasikan - yang meningkatkan pengalaman berbelanja mereka. Website e-commerce Anda harus memiliki tampilan antarmuka yang nyaman dan tidak membingungkan pengunjung sehingga juga tidak membuat mereka meninggalkan website Anda langsung yang meningkatkan rasio pentalan dari website Anda. Sebuah tampilan antarmuka haruslah memberikan nilai ke dalam perjalanan berbelanja konsumen dengan mengidentifikasikan dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. 
 
Buatlah Desainnya Seperti Akun Bisnis Brand Anda Di Instagram
 
Merancang website e-commerce Anda sama seperti ketika Anda akan membuat akun Instagram pribadi. Gunakan gambar dan video berkualitas baik untuk mempromosikan produk dan layanan Anda. Gambar dan video adalah hal pertama yang menjadi dasar penilaian dari layanan dan produk Anda, dan jika hal tersebut diabaikan, maka Anda seharusnya tidak terkejut dengan daftar pengunjung yang semakin berkurang.
 
Pastikan Faktor Keamanan Terjaga
 
Internet merupakan tempat yang menakutkan, dan banyak diluar sana orang berbahaya dalam internet di setiap sudutnya yang menunggu untuk memanfaatkan peluang dari website yang tidak aman. Peretasan dan serangan malware kini sudah menjadi hal biasa. Kecuali jika mereka yakin bahwa gateway pembayaran yang Anda miliki sudah aman, tidak akan ada pengunjung yang berbelanja melalui website. Pastikan navigasi dan metode pembayaran yang aman dari website Anda senantiasa tersedia untuk melindungi faktor kepercayaan dari pelanggan Anda.
 
Proses Pengiriman Yang Nyaman Merupakan Keharusan
 
Berapa kali pelanggan Anda meninggalkan keranjang mereka? Sering kali, alasan di balik hal ini adalah kebijakan pengiriman Anda yang rumit atau kurangnya pilihan yang tersedia. Jaga kebijakan pengiriman Anda sesederhana mungkin dan pastikan untuk menyediakan beberapa opsi pengiriman dan pembayaran kepada pembeli untuk memastikan kemudahannya. Ada alasan mengapa e-commerce seperti Shopify menjadi pilihan favorit karena mereka mempermudah proses belanja dengan menyediakan sejumlah besar pilihan seperti sistem pembayaran online dan metode pengiriman yang canggih.
 
Buat Ruang Bagi Pengguna Untuk Meninggalkan Ulasan Produk
 
Website e-commerce Anda harus menyediakan platform bagi pelanggan untuk berbagi pengalaman tentang produk dan layanan yang mereka beli dari website Anda. Ulasan, respon balik, dan testimonial membantu menambah kredibilitas pada nama brand. Buat ruang khusus untuk pengguna Anda untuk memberikan ulasan mereka, yang dapat membantu pembeli lain untuk membuat keputusan yang tepat. Jangan menghindar dari umpan balik negatif. Mereka tidak hanya membantu Anda mengembangkan strategi yang lebih baik untuk meningkatkan layanan Anda lebih jauh tetapi juga menambah legitimasi dan keaslian bisnis Anda.
 
Anda tidak dapat menyangkal fakta bahwa ruang perdagangan online semakin kompetitif setiap detiknya. Tidak ada bisnis yang bahkan mampu mengabaikan elemen yang sangat kecil dari website e-commerce yang dimiliki. Sebuah kesalahan kecil terjadi, langsung dapat membuat pengunjung Anda masuk ke website e-commerce lain yang memberi mereka pengalaman yang lebih baik.
 
Beberapa tips yang disebutkan di atas dapat membantu merancang dan mengembangkan website yang berkualitas. Jika Anda menginginkan pilihan praktis untuk membantu pengembangan bisnis Anda, kami dapat membantu Anda.
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
 
ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 Reference: ItchTimes

Related Articles