Improve Customer Loyalty With The Right E-Commerce Web Design

Saat ini, toko online memiliki hampir 80% dari penjualan di dunia, menurut penelitian dari Shopify. Figur di dalamnya sendiri sudah cukup untuk menggarisbawahi pentingnya memiliki website e-commerce untuk bisnis Anda. Tetapi, bukanlah hanya memiliki website saja yang Anda butuhkan. Anda tentunya memerlukan website yang dirancang dengan baik dan dapat meningkatkan pengalaman perjalanan konsumen di dalamnya serta membuat mereka ingin kembali lagi dan lagi ke dalam website Anda. 
 
Mengapa Anda perlu menarik perhatian pengguna ke dalam design website e-commerce yang menarik dan fungsional milik Anda?
 
Karena:
 
  • Anda tidak dapat menyangkal fakta bahwa kesan pertama itu penting. Seberapa mudah desain yang dilihat pengunjung membuat perubahan? Website Anda haruslah berbicara tentang layanan dan produk yang brand Anda tawarkan dalam bentuk konten yang relevan. Kualitas dari sebuah desain website merefleksikan kualitas dari produk dan layanan anda - sehingga konsumen berekspektasi langsung terhadap brand Anda.
  • Jika pengunjung website Anda mengalami kesulitan dalam mengakses halaman website atau membutuhkan bantuan orang lain, mereka tidak akan bertahan lama dalam website Anda. Navigasi yang membingungkan dapat membuat Anda kehilangan konsumen potensial yang signifikan. 
  • Pengalaman pengguna yang baik menghasilkan ulasan yang juga baik. Kita tentunya mengetahui pentingnya iklan dari mulut ke mulut. Pengunjung atau konsumen dari produk brand Anda tentunya dapat memberikan pengalaman positif mereka dalam berbelanja di website e-commerce Anda, dan hal ini dapat memperluas jangkauan dari konsumen Anda. 
  • Desain website e-commerce yang tidak mengikuti zaman juga memiliki dampak negatif pada pengoptimalan mesin pencarian atau biasa disebut dengan SEO. Karena website tersebut tidak memenuh persyaratan yang dibutuhkan, Google akan mendorong website tersebut untuk muncul di halaman belakang dari hasil pencarian pengguna.  
  • Desain website yang dirancang dengan baik juga memberikan kredibilitas dan membuat bisnis Anda dapat dipercaya untuk konsumen dalam berbelanja. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen, yang tentunya sulit untuk didapat dan dipertahankan dalam dunia pasar yang kompetitif. 

Tetapi, hal tersebut tentu lebih sulit dilaksanakan dibanding dengan dikatakan. Memperkuat loyalitas konsumen merupakan tantangan yang memerlukan ketekunan dan upaya yang konsisten. 
 
Jadi, apa saja perubahan yang perlu Anda lakukan dalam merancang desain website e-commerce dalam meningkatkan loyalitas konsumen?
 
Rancang Desain Website E-Commerce Anda Dalam Ekosistem Perangkat Seluler
 
Konsumen tentunya ingin membaca dan menyebarkan informasi yang mereka temukan, yang berarti bahwa mereka selalu mencari solusi dari kueri mereka melalui perangkat seluler seperti smartphone atau tablet. Bisnis yang berbasis e-commerce harus dapat merancang dan membangun website yang bersifat SEO-friendly. Membangun website yang bersifat mobile responsive ini tentunya lebih menghemat biaya, memberikan proses yang lebih responsif dengan permintaan pengelolaan (maintenance) yang lebih rendah. 
 
Hal ini dapat meningkatkan visibilitas Anda dan memberikan kesempatan untuk menjangkau basis audiens yang lebih besar dan meningkatkan probabilitas penjualan serta konversi dari bisnis Anda. 
 
Berikan Tampilan Antarmuka (UI) Yang Mudah Digunakan Oleh Pengguna
 
Setiap konsumen tentunya ingin memasuki website yang mudah untuk menavigasikan - website yang meningkatkan pengalaman berbelanja mereka. Website e-commerce Anda haruslah memiliki tampilan antarmuka yang tidak membingungkan pengunjung dan membuat mereka meninggalkan halaman Anda, yang tentunya juga dapat meningkatkan rasio pentalan (bounce rate) . Tampilan antarmuka yang baik haruslah memberikan nilai dalam perjalanan berbelanja pengguna dengan mengidentifikasi dan menyelesaikan permintaan dan kebutuhan pengunjungnya. 
 
Buatlah Kehadirannya Terasa Seperti Akun Instagram Dari Bisnis Anda
 
Rancang desain dari website e-commerce Anda sama seperti ketika Anda merancang akun Instagram untuk bisnis Anda. Gunakan gambar berkualitas tinggi dan video untuk mempromosikan produk dan layanan yang Anda tawarkan. Gambar dan video merupakan hal pertama yang dinilai oleh pengguna, dan jika diabaikan, Anda tidak perlu terkejut jika daftar pengunjung Anda senantiasa turun.
 
Perhatikan Faktor Keamanan
 
Internet merupakan tempat yang menyeramkan, dimana banyak penjahat siber di setiap sudut menunggu kesempatan dalam website yang tidak aman. Peretasan dan serangan malware pada saat ini sudah menjadi salah satu hal yang umum terjadi. Kecuali jika Anda memiliki sistem pembayaran yang aman, tidak ada pengunjung yang akan berbelanja dalam website Anda. Pastikan bahwa navigasi dan metode pembayaran yang Anda terapkan dalam website senantiasa aman untuk memegang kepercayaan dari konsumen.
 
Metode Pengiriman Yang Nyaman Merupakan Sebuah Keharusan
 
Seberapa sering konsumen Anda mengabaikan keranjang mereka yang sudah terisi? Kebanyakan alasan di belakang hal tersebut adalah karena persyaratan pengiriman produk Anda yang rumit atau kurang memiliki opsi. Buatlah kebijakan pengiriman produk Anda semudah mungkin dan pastikan juga bahwa Anda menyediakan beberapa pilihan pengiriman dan pembayaran untuk mereka. 
 
Ada alasan mengapa Tokopedia menjadi salah satu pilihan favorit dari masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan kemudahan berbelanja yang mereka tawarkan dan juga metode pembayaran dengan kartu kredit, e-walletm-banking, virtual account dan sebagainya. Dan juga metode pengiriman yang beragam dan penawaran Bebas Ongkir senantiasa membuat masyarakat menyukai e-commerce tersebut. 
 
Berikan Pengguna Ruang Untuk Memberikan Ulasan 
 
Website e-commerce Anda haruslah memberikan pengguna ruang untuk menuliskan pengalaman mereka dari pembelian produk atau layanan yang Anda berikan. Ulasan, respon balik, dan testimoni membantu Anda untuk meningkatkan kredibilitas nama brand Anda. Buatlah ruangan bagi pengguna untuk membagikan ulasan mereka, yang dapat membantu pembeli lainnya untuk mengambil keputusan. Jangan malu untuk menampilkan ulasan yang negatif. Kehadirannya tidak hanya membantu Anda untuk membangun strategi yang lebih baik dalam meningkatkan pelayanan, tetapi juga menambahkan legitimasi dan otentisitas dari bisnis Anda. 
 
Anda tidak dapat menyangkal fakta dimana ruang online dan e-commerce saat ini sudah menjadi sangat kompetitif setiap detiknya. Tidak ada bisnis yang dapat mengabaikan elemen dalam website bahkan sekecil apapun itu. Kesalahan kecil dapat membuat pengunjung website Anda berpindah ke website lain yang menurut mereka menyajikan pengalaman yang lebih baik.
 
 
Jika Anda memiliki bisnis dan ingin memasarkannya dalam dunia digital dengan menggunakan website e-commerce, Eannovate hadir untuk membantu Anda. 
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX DesignOptimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Jika mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai E-Commerce Web Development , Website Design, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 Reference: Itch Times

Related Articles