It Is the Little Things: How To Write Microcopy

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah website dan melihat frasa kecil atau teks yang memandu Anda ke dalam tujuan Anda? Atau, ketika Anda membuat pembelian produk secara online, pernahkah Anda melihat teks dalam halaman website yang memberitahu Anda bahwa pembayaran dalam website tersebut sudah aman? Teks tersebut disebut dengan microcopy, dan merupakan alat yang sempurna dalam UX website. Contohnya di bawah ini, ketika Anda membuka website dari Yelp pertama kalinya, Anda tentu belum mengetahui apa tujuan Anda di dalam website tersebut. 
 
 
Anda tidak akan bingung karena ada microcopy yang membantu dan memandu Anda dalam website Yelp untuk lebih memahami tentang apa website tersebut.
 
Dalam kolom pencarian, microcopy dapat memberitahu Anda tentang berbagai hal yang dapat Anda cari, dan di mana saya dapat mengatur lokasi Anda. "Burger, tukang cukur, spa, tukang…" adalah contoh dari apa yang dapat Anda temukan dari menggunakan website Yelp ini, yang sangat membantu untuk pengguna pertama kali. 
Selain itu, pengaturan lokasi juga membantu memberitahu bahwa Anda dapat mencari bisnis di dekat Anda atau di tempat lain. Jadi, ketika Anda ingin pindah dalam beberapa minggu, Anda tidak perlu menunggu sampai Anda tiba untuk mencari restoran di dekat tempat baru yang Anda tempati.
 
Mungkin Anda pernah berinteraksi dengan microcopy sebelumnya dan kehadirannya memberi Anda informasi yang bermanfaat, seperti cara mencari sesuatu dan mengamankan informasi pembayaran. Hal ini dimaksudkan untuk menambah pengalaman pengguna ketika berkunjung dalam sebuah website, dan dalam artikel ini, kita akan membahas lebih mendalam tentang cara kerjanya.
 
Microcopy adalah bagian dari hampir setiap website yang ada saat ini. Saat Anda mengunjungi sebuah website untuk pertama kalinya dan muncul newsletter tertentu, teks yang Anda lihat di dalamnya dapat menjadi salah satu contohnya. Saat Anda menemukan judul yang mendeskripsikan produk, atau menemukan kalimat yang memberi halaman website tertentu lebih banyak konteks, Anda sedang berinteraksi dengan microcopy.
 
Tapi apa sebenarnya microcopy itu, dan apa manfaatnya?
 
Microcopy mengacu pada frasa pada website yang memberi tahu pengunjung bagaimana caranya untuk melakukan sesuatu, memberikan konteks, atau mendukung brand dan produk di dalamnya. Microcopy berbicara dalam bahasa yang dikenali oleh konsumen dan memberi tahu mereka apa yang perlu mereka ketahui dari website tersebut.
 
Apakah Anda mengingat saat terakhir kali Anda membuat status Facebook? Apakah Anda ingat microcopy yang muncul sebelum Anda mulai mengetik status tersebut? Frasa singkat ini meminta Anda untuk menyelesaikan suatu tindakan - seperti mengetik apa yang terjadi atau apa yang ada di pikiran Anda.
 
Microcopy memberi tahu pengguna bagaimana melakukan sesuatu dan menginspirasi tindakan dengan sebuah tombol. Meskipun tidak kentara, penambahan microcopy pada Twitter dapat memberikan instruksi dan jawaban atas pertanyaan yang mungkin dimiliki pengguna baru sebelum mereka bertanya.
 
Microcopy hadir untuk memberikan penjelasan tambahan. Misalnya, jika website Anda menawarkan produk khusus, Anda dapat menggunakan judul dan microcopy untuk memberi gambaran kepada pengunjung yang pertama kali datang  tentang mengapa produk Anda bernilai dan perlu mereka miliki. Atau, jika Anda sedang memperkenalkan produk baru, microcopy dapat menjelaskannya secara lebih detail.
 
Jika Anda pernah mengisi formulir, menjelajahi halaman produk, atau informasi tentang sumber kontak dari sebuah bisnis dalam websitenya, Anda telah menemukan microcopy yang mendukung brand dan layanan dari bisnis tersebut. Misalnya, jika Anda lupa untuk masuk atau login ke salah satu website favorit Anda, kemungkinan besar microcopy dapat mengingatkan Anda untuk melakukannya.
 
Microcopy adalah bagian dari pengalaman pengguna. Hal ini dapat menjadi taktik yang dapat Anda gunakan untuk mendukung keseluruhan cerita dari brand Anda, serta mendeskripsikan aspek kerumitan produk Anda, langsung dari awal.
 
Untuk menghasilkan microcopy yang baik, Anda harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang target audiens Anda. Setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang mereka, pertanyaan yang mungkin mereka miliki, dan informasi yang perlu mereka ketahui, microcopy dapat berfungsi dengan efektif dalam website Anda.
 
To make microcopy effective, keep in mind these microcopy best practices.
 
Untuk membuat microcopy Anda lebih efektif, berikut beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda:
 
Pahami Kebutuhan Dari Audiens Anda
 
Salah satu kunci untuk menulis microcopy yang baik adalah dengan memahami audiens Anda. Jika Anda mengetahui apa yang mereka cari saat mengunjungi website Anda, apa yang Anda tulis dapat membantu dan juga memandu mereka. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa pengguna ingin lebih memahami tentang cara masuk ke website Anda, gunakan microcopy pada bidang tersebut untuk memberi tahu mereka caranya secara langsung.
 
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda dan microcopy apa yang akan membantu, lihatlah lebih dalam pada persona dari pengguna website Anda. Hal tersebut dapat menguraikan tantangan untuk mendapatkan pelanggan ideal And. , Jadi, Anda dapat memiliki petunjuk tentang cara memanfaatkan microcopy secara tepat. 
 
Contohnya, jika persona Anda adalah pemasar yang mencari CRM secara lengkap - microcopy dari halaman produk Anda dapat mengenai tantangan tersebut, dengan frasa seperti "Produk kami dapat menghilangkan stres dari aktivitas keseharian Anda."
 
Selain itu, Anda dapat menjalankan serangkaian pengujian dalam website anda untuk mendapatkan insight tentang dimana audiens dan pengguna paling banyak menekan.
 
Berfokus Pada Penggunaan Frasa Singkat
 
Sebagai pemasar, anda perlu mengetahui bahwa salah satu hal yang "tidak boleh dilakukan" dalam desain dari website Anda adalah menggunakan terlalu banyak teks. Lagipula, sangat sedikit dari Anda yang ingin membaca novel dalam website yang menjual perangkat lunak dari komputer. Jadi, saat Anda menulis microcopy, buatlah hal tersebut sesingkat mungkin.
 
Tujuan dari microcopy adalah untuk memandu, menginformasikan, atau mendukung informasi dalam sebuah halaman. Biasanya, hal tersebut tidak lebih dari satu kalimat. Hal ini dikarenakan kehadirannya yang tidak menjadi bintang dari website Anda, melainkan sebagai fitur tambahan yang bermanfaat.
 
Saat Anda mengunjungi sebuah website untuk pertama kalinya dan segera melihat penawaran, perhatikan microcopy di dalamnya. Apakah formulir tersebut memiliki frasa yang lucu dan meyakinkan Anda untuk mengisi formulir? Hal tersebut adalah contoh dalam memanfaatkan microcopy secara akurat untuk website Anda.
 
Buatlah Copy Anda Dapat Dilaksanakan
 
Cara yang baik untuk menggunakan microcopy adalah dengan membuat pengguna menyelesaikan tindakan dalam website Anda. Selain formulir dan penawaran, microcopy dapat digunakan pada setiap iklan, teks, dan halaman produk yang Anda miliki. Hal tersebut dapat membujuk pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan. 
Jika Anda menggunakan microcopy bersamaan dengan CTA, misalnya, Anda dapat membuat iklan Anda menjadi sangat efektif - beri tahu audiens apa manfaatnya setelah terlibat.
 
Jika ada area dalam website Anda memanfaatkan frasa yang dapat ditindaklanjuti dan terlalu panjang untuk dimasukkan dalam bentuk tombol CTA, pertimbangkanlah penggunaan microcopy. Dengan begitu, Anda dapat mendukung CTA lainnya tanpa menambahkan terlalu banyak teks di dalamnya.
 
Berikut adalah beberapa tips dan informasi yang dapat kami berikan tentang microcopy. Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk merancang desain visual dari website Anda dengan menggunakan bantuan microcopy di dalamnya, kami dapat membantu Anda. 
 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Hubspot

Related Articles