Keyword Research Essentials: How to Find the Search Terms Your Customers Use

Riset kata kunci merupakan aspek terpenting dari strategi SEO Anda. Hal tersebut menciptakan pondasi untuk seluruh hal lain yang Anda lakukan. Sasaran penelitian dari kata kunci ini adalah menggali peluang untuk menghasilkan traffic berdasarkan apa yang sebenarnya ditelusuri calon pelanggan Anda secara online. Hal ini adalah dasar dari strategi SEO dimanapun.
 
Jika Anda dapat mengoptimalkan halaman website dan konten yang Anda buat dengan kata kunci yang tepat, Anda berpotensi untuk menghasilkan traffic pasif berkualitas tinggi ke website Anda dengan muncul secara organik di hasil mesin pencari yang relevan. Dibandingkan dengan menebak kata kunci yang dicari pelanggan Anda, penelitian kata kunci dapat menjadi proses pembuatan keputusan yang tepat tentang kata kunci yang Anda targetkan, berdasarkan faktor-faktor seperti seberapa kompetitif suatu kata kunci atau perkiraan dari volume pencarian bulanannya.
 
Riset Kata Kunci 101
 
Sebelum kita membahas cara menemukan kata kunci yang berharga, mari kita tentukan apa sebenarnya arti "kata kunci". Kata kunci adalah kata atau frasa apa pun yang diketik melalui mesin pencari. Misalnya, satu kata seperti "kue" atau frasa yang lebih panjang seperti "bagaimana cara membuat kue". Dengan itu, penting juga untuk memahami tiga jenis kata kunci yang berbeda, yang dikategorikan menurut maksud pengguna.
 
  • Navigasi: Kata kunci navigasi adalah kata kunci yang digunakan seseorang untuk menavigasikan diri mereka ke suatu tempat. Misalnya, jika Anda mengetik kata Eannovate ke Google, Anda mungkin mencoba untuk membuka website kami.
  • Transaksional: Kata kunci transaksional digunakan ketika seseorang mencoba menyelesaikan suatu tindakan. Misalnya, seseorang yang menelusuri kata kunci "beli sepatu lari online" mencoba melakukan pembelian untuk sepatu lari.
  • Informasi: Kata kunci informasi menyiratkan bahwa pengguna sedang meneliti sebuah topik atau masalah, atau mengumpulkan konteks, dan tidak harus dengan maksud untuk melakukan pembelian. Contoh kata kunci informasi adalah "gaya sepatu lari apa yang paling populer?"

Sebagian besar bisnis e-commerce senantiasa memprioritaskan kata kunci transaksional dan informasional. Hal tersebut dikarenakan penelitian kata kunci e-commerce sebagian besar berfokus pada pengguna dengan niat untuk membeli sebuah produk. Meskipun tidak setiap kata kunci yang akan Anda targetkan harus mengejar pembelian, mengetahui maksud tersirat di balik kueri penelusuran pengguna sangat penting untuk mencari tahu konten apa yang harus halaman Anda miliki.
 
Perlu Anda ingat bahwa meskipun dengan kata kunci yang tepat, mesin pencari hanya akan memberi Anda penghargaan dengan posisi teratas jika konten atau halaman produk Anda dapat menambah nilai dengan memenuhi kebutuhan orang yang mencari kata kunci tersebut.
 
Meskipun penelitian kata kunci memiliki kedalaman yang mengejutkan, memulai sebenarnya adalah proses yang sederhana. Ada 3 strategi dan alat khusus yang dapat Anda gunakan secara konsisten untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk bisnis yang saya pasarkan.
 
Langkah Pertama - Buatlah Daftar Topik Yang Relevan Dengan Bisnis Anda
 
Sebenarnya, tidak ada satupun cara "terbaik" tentang daftar topik awal Anda. Mulailah dengan memikirkan industri Anda dan produk yang Anda jual. Saat Anda memulai, pikirkan lebih lanjut tentang jenis pertanyaan apa yang mungkin dimiliki calon pelanggan Anda dan jenis konten apa yang mungkin mereka minati.
 
Berikut ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda untuk menemukan daftar kata kunci:
 
  • Saat pengguna membaca kata kunci ini, apa yang mereka ekspektasikan untuk temukan?
  • Apakah kata kunci ini relevan dengan produk yang Anda jual?
  • Bagaimana cara Anda untuk ditemukan oleh pengguna?
  • Bagaimana produk Anda dibicarakan oleh pengguna?

Sebagai contoh, jika Anda menjual produk layanan berupa coworking space, apakah konsumen Anda akan menyebutnya “coworking space” atau “shared space”? Pikirkan berbagai cara berbeda yang dapat dicari oleh pengguna ketika mereka memiliki keinginan untuk membeli. Dibandingkan dengan memberikan kata kunci yang sama artinya, kata kunci dapat memiliki variasi dalam intensi, seberapa seringnya digunakan, dan sebagainya. 
 
Namun Anda tidak ingin hanya menargetkan kata kunci transaksional yang ditelusuri pengguna saat mereka siap untuk membeli. Pikirkan tentang menggunakan kata kunci informasi untuk mendorong pemasaran dari konten Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menulis unggahan blog atau membuat halaman baru yang didedikasikan untuk mendidik audiens Anda dan mengarahkan mereka untuk berniat membeli produk atau layanan Anda.
 
Jadi, meskipun tujuan akhirnya adalah mendorong pengguna untuk membeli produk Anda, membuat halaman di toko Anda yang membahas masalah atau topik tertentu dapat meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan di tempat pertama melalui kata kunci informasi.
 
Langkah Kedua: Temukan “Pencarian Yang Berkaitan Dengan” & Tuliskan Daftarnya 
 
Saat Anda mulai membuat daftar kata kunci, salah satu konsep yang sebaiknya Anda pahami adalah kata kunci dengan ekor panjang (long-tail keywords), atau kata kunci yang biasanya terdiri dari tiga sampai empat kata atau lebih panjang. Kata kunci ini memiliki persaingan yang lebih sedikit, tetapi juga volume penelusuran yang lebih rendah, sehingga kata kunci tersebut hanya akan berguna untuk bisnis Anda jika sangat ditargetkan; artinya, kehadirannya mengirimkan traffic yang sangat berharga ke website Anda. 
 
Saat Anda memikirkan tentang kata kunci, buka Google, ketik kata atau frasa, lalu bergeserlah ke bawah halaman pada bagian "Penelusuran terkait dengan". Tambahkan kata kunci relevan yang Anda temukan di sini ke dalam daftar Anda dari Langkah pertama.
 
Langkah Ketiga: Gunakan Alat Riset Kata Kunci Untuk Memperluas Jangkauan Anda
 
Ada banyak alat yang membantu mempermudah proses penelitian kata kunci Anda. Salah satu alat gratis yang dapat kami rekomendasikan adalah Ubersuggest. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda perkiraan tentang berapa kali kata kunci tertentu dicari di Google setiap bulannya untuk membantu Anda memprioritaskan kata kunci yang tepat. Pilihan lain untuk mendapatkan volume pencarian bulanan dan saran kata kunci adalah Google Keyword Planner. Nilai utama dari alat ini adalah informasinya berasal langsung dari Google sehingga lebih akurat daripada alat lainnya. Namun, Anda memerlukan akun Google Ads untuk menggunakannya dan Anda tidak akan melihat semua data kecuali Anda mulai menjalankan iklan.
 
Alat lainnya adalah Ahrefs, yang jauh lebih canggih dari yang kedua alat diatas. Alat ini merupakan alat yang digunakan setiap orang ketika SEO adalah pekerjaan penuh waktu mereka. Paket pemula yang dimiliki memang cukup mahal dan lebih dari $100 sebulan. Penggunaan Ahrefs mungkin sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan saat bisnis Anda menghasilkan pendapatan yang konsisten setiap bulan, dan saat SEO menjadi landasan strategi distribusi Anda. Tetapi, jika Anda baru memulai strategi bisnis Anda, mungkin menggunakan Ahrefs tidaklah sesuai dengan budget yang Anda miliki.
 
 
Sekarang, saatnya Anda untuk menciptakan beberapa ruang untuk bertukar pikiran tentang seberapa banyak daftar kata kunci potensial yang dapat Anda saring dari waktu ke waktu. Dan juga jangan lupa untuk mengingat bahwa Anda sedang dalam tahap eksplorasi, jadi cobalah untuk tidak memfilter ide-ide Anda sampai tiba waktunya mempersempit daftar Anda.
 
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mendapatkan kata kunci yang tepat untuk pemasaran digital dari produk Anda, kami dapat membantu.
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
Reference: Shopify

Related Articles