Mobile Design Patterns: A Practical Look

Pola desain UI biasanya seringkali salah diartikan dari segi konsepnya. Seringkali, hal tersebut dicampurkan dengan elemen tertentu (atau fitur) yang sebenarnya dapat dikembangkan dengan mudah dan apa adanya dari salah satu kumpulan pola desain dan wireframing yang populer. Meskipun contoh-contoh tersebut adalah permulaan yang baik, hal tersebut tidaklah cukup. Dan meskipun pola desain UI saling terkoneksi dengan pola pengembangan, kehadirannya lebih berfokus pada penyelesaian masalah pengguna secara umum dan lebih sedikit pada masalah produk.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Pola Desain UI?
 
Pada umumnya, pola desain UI merupakan solusi yang digunakan berulang kali untuk masalah umum yang dapat terjadi pada Anda setiap harinya. Hal tersebut bukanlah fitur yang dapat dimasukkan ke dalam desain produk dan bukanlah desain akhir yang dapat dengan mudah dikodekan.
 
Pola desain UI tersebut merupakan praktek terbaik, sebuah panduan atau template yang para desainer, developer, dan manajemen produk (dan seluruh tim lain yang memegang produk) gunakan untuk menyelesaikan masalah umum ketika merancang desain dari aplikasi perangkat atau sistem.
 
Meskipun kehadirannya harus digunakan dalam situasi yang tepat, hal tersebut menjadi bahasa umum dari perangkat, dan platform agnostik - meskipun mungkin ada batasan teknologi yang tergantung pada bagaimana desain pada akhirnya diimplementasikan. 
 
Bagaimana Cara Menggunakan Pola Desain UI Yang Tepat?
 
Beberapa sumber online mencoba untuk menjelaskan bagaimana Anda dapat bekerja dengan pola ini beserta contohnya. Berikut ini beberapa format umum yang dapat kami berikan untuk Anda saat mengevaluasi pola desain dan mengadaptasinya terhadap desain yang sedang Anda rancang:
 
  • Ringkasan Masalah : Apa masalah pengguna yang Anda coba selesaikan? - Tetaplah fokus dan frasakan hal tersebut seperti cerita dari pengguna - dalam satu kalimat.

  • Solusi : Bagaimana orang lain menyelesaikan masalah ini? - Antara lain, beberapa hal yang perlu dirinci termasuk navigasi pengguna (termasuk pintasan), mendapatkan input pengguna, menangani data dan integrasi dengan layanan atau aplikasi lain, dan menampilkan informasi dan konten (termasuk default).

  • Contoh: Hebat, bisa Anda tunjukkan?  - Terkadang tangkapan layar atau mockup sudah cukup. Tetapi, di sisi lain, waktu, alur pengguna atau catatan tambahan diperlukan untuk mengkomunikasikan pola dengan jelas.

  • Penggunaan: Kapan pola ini (tidak) digunakan? -  Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain arsitektur produk, tata letak antarmuka, perangkat, bahasa pemrograman, tidak adanya atau adanya pola desain lain, jenis pengguna, dan kasus penggunaan utama.

Pentingnya Interaktivitas Dalam Perangkat
 
Dalam setiap pola desain dari perangkat, tentunya ada evolusi dari gestur dan animasi di dalamnya. 
 
Gestur
 
Desain perangkat seluler senantiasa dipenuhi dengan berbagai pola desain baru dan implementasinya. Dimungkinkan dengan memajukan kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak, ruang seluler senantiasa berkembang dengan tingkat interaksi manusia dengan komputer yang belum pernah terjadi sebelumnya. Solusi ini sebagian besar diberdayakan oleh gerakan baru yang memungkinkan berbagai cara untuk membantu pengguna mengambil tindakan tertentu, menavigasikan mereka melalui aplikasi, dan bersosialisasi.
 
Animasi
 
Hal terbaik tentang menggunakan isyarat dalam perangkat seluler adalah bahwa isyarat itu terasa sangat intuitif dan responsif seperti halnya objek nyata. Animasi memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga ilusi tersebut bagi pengguna dan menjaganya agar tetap digunakan dalam UI. Selain animasi yang nyata, kehadirannya juga sering digunakan untuk menyenangkan pengguna dengan memanipulasi hukum dan lensa dari alam nyata.
 
Kurangi kerja keras Anda untuk bergerak lebih cepat dan lebih cerdas. Produk, pengguna, dan tim Anda senantiasa, bahkan dalam cara terkecil, dan membutuhkan solusi akhir yang unik meskipun solusi umumnya sama dengan ribuan solusi lainnya.
 
Ingat, tidak ada solusi tepat untuk semua dalam hal desain pengalaman pengguna. Banyak pola yang telah kita bahas disini yang bekerja dengan sangat baik bila dicampur dan dicocokkan satu sama lain.
 
 
Jika masih bingung tentang mobile apps development atau UI UX Design dari website ataupun aplikasi perangkat seluler yang Anda gunakan, kami dapat membantu. 
 
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
Whatsapp : +62813-8251-8448
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: DesignModo

Related Articles