Persiapan Menyambut HARBOLNAS: Hal - Hal yang Bisa Dilakukan oleh Pebisnis E-Commerce Brand - Part 2

Pada artikel sebelumnya yang berjudul “Persiapan Menyambut HARBOLNAS: Belajar dari Pemain e-Commerce Raksasa di Tiongkok”, kita sudah mempelajari apa saja yang dilakukan oleh platform e-commerce raksasa di Tiongkok dalam mengantisipasi momentum dan peluang saat pesta belanja akhir tahun berlangsung. Menyambung artikel tersebut, kini kami akan memasuki topik pembahasan yang kedua yaitu untuk mengetahui apa saja hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendorong penjualan dengan maksimal saat festival pesta belanja 11.11 dan 12.12 (HARBOLNAS Indonesia) di akhir tahun nanti berlangsung. Berikut informasi yang sudah kami rangkum, semoga bermanfaat.
 
Jadi Bagaimana Pemasar Dapat Belajar untuk Mempersiapkan Festival E-Commerce?
 
Gunakan KOL (Key Opinion Leader) untuk Menyebarkan Informasi & Menarik Perhatian Konsumen Sedari Awal
 
Banyak konsumen cenderung merencanakan pembelanjaan online mereka, bahkan dari dua bulan sebelum festival belanja tersebut dimulai. Oleh karena itu, untuk dapat memasuki dan mempengaruhi pikiran konsumen dengan baik, pebisnis/ online brands perlu untuk mempersiapkan dengan matang & menarik perhatian konsumen dari jauh hari.
Sebagai contoh, sebelum promosi dilakukan, Anda dapat membuat video atau gif dari produk yang ingin Anda pasarkan, lalu kombinasikan hal tersebut dengan KOL dan menyebarkannya melalui media sosial seperti Instagram & Twitter. KOL yang tepat akan memberikan dampak yang sangat baik dalam menanamkan brand Anda di benak konsumen. Mengingat masing-masing KOL memiliki penggemar setia, serta daya tariknya tersendiri, oleh karena itu penting untuk memilih KOL yang pas dengan brand positioning dari produk yang Anda jual.
 
Perlu diperhatikan bahwa produk unggulan juga harus dipilih untuk dipromosikan di awal, sehingga perlu dilakukan riset terlebih dahulu di media sosial tentang produk mana yang cocok untuk dipromosikan dalam platform tersebut. Gunakan blogger untuk membuat konten yang bisa menarik perhatian awal konsumen pada produk Anda, kemudian ajak konsumen untuk segera berpartisipasi dalam acara Anda. Dengan harapan di hari festival berlangsung, konsumen akan “mengantri” di toko online Anda untuk melakukan pembelian.
 
Tingkatkan Anggaran untuk Promosi

Dalam festival belanja e-commerce, bagian pemasaran perlu untuk meningkatkan anggaran dalam meningkatkan penyebaran informasi dari produk yang akan dijual. Hal ini dikarenakan CPC (cost-per-clicks) dalam periode ini lebih tinggi dibandingkan biasanya. Dengan meningkatkan anggaran untuk promosi dari produk Anda, Anda dapat menarik lebih banyak konsumen potensial. Diskon besar juga dapat membantu Anda untuk menarik perhatian konsumen asalkan didukung dengan biaya yang tepat.
 
Festival belanja e-commerce dapat dikatakan sebagai momentum dimana semua traffic pada platform/ online marketplace terpusatkan dalam satu hari/ suatu waktu tertentu. Dilanjutkan dengan menggunakan keunggulan harga untuk mendorong keinginan berbelanja dari konsumen. Pada batas tertentu, festival e-commerce ini juga bisa dianggap sebagai momen pertarungan untuk mendapatkan traffic oleh banyak pebisnis/ brand yang bergabung di dalam platformnya.
 
Biaya traffic yang lebih tinggi disebabkan oleh meningkatnya jumlah pesaing di setiap kategori. Namun, ada begitu banyak sekali pemain e-commerce yang memperebutkan traffic ini. Oleh karena itu, para pelaku e-commerce perlu untuk membuat investasi promosi yang lebih besar dengan biaya yang lebih tinggi pula untuk dapat memperjuangkan traffic ini.
 
Jangan Lupakan Kota Kelas Rendah dan Menengah Saat Melakukan Promosi

Sebagai contoh seperti di negara Tiongkok -  Beijing, Shanghai, dan kota metropolitan lainnya memang penting - tetapi kota dengan tingkat kedua dan ketiga setelah kota metropolitan di Tiongkok tersebut juga penting untuk disertakan dalam kegiatan promosi. Hal ini dikarenakan pertumbuhan dan penggunaan e-commerce yang selalu meningkat dari hari kehari. Mungkin memang kota-kota kecil Ini masih tertinggal dari kota-kota papan atas dalam hal perkembangan untuk mal bergengsi dan toko serba ada.
 
Namun, hal yang lebih penting bagi para platform e-commerce adalah mempelajari cara melampaui kota-kota besar. Pinduoduo telah berhasil membangkitkan konsumen di kota-kota kecil dan daerah pedesaan dengan model perdagangan sosialnya, dan Alibaba serta JD.com telah memasuki persaingan dengan aplikasi saingan yang kompetitif untuk mendapatkan konsumen dari kota-kota ini. Alibaba bahkan mengadakan festival e-commerce, "Super Bargain Day," pada bulan September tahun lalu khusus untuk menawarkan diskon besar dan kesepakatan grup untuk konsumen di kota-kota ini.
 
Gunakan Strategi Marketing yang Umum Digunakan saat Intensitas Berbelanja Tinggi

Buatlah halaman khusus untuk menghitung mundur waktu datangnya festival. Sebuah toko dapat membuat acara penghitungan mundur dalam webstore/ halaman utama toko mereka di marketplace dan mengirimkannya kepada konsumen dalam bentuk e-mail, pesan singkat, serta menautkan link di dalamnya. Pendekatan “hitung mundur” ini dapat memberikan rasa antisipasi dan urgensi untuk konsumen potensial Anda.
 
Gunakan konten seperti “penawaran terbatas” untuk membuat rasa urgensi pada konsumen. Tetapi perhatikan bahwa penawaran dalam waktu terbatas ini untuk memberikan diskon tidak kurang dari 50%. Promosikan pemesanan secara massal untuk mendorong konsumen agar memesan produk dalam jumlah besar untuk menikmati diskon yang lebih besar lagi. Paket, hadiah, dan penjualan dalam bentuk kit dan bentuk promosional lainnya juga dapat Anda pertimbangkan.
 
Pengambilan produk secara offline (cocok dengan penjual yang memiliki webstore dan toko offline) juga dapat Anda berikan dalam festival ini. Pengalaman berbelanja yang nyaman dari "pemesanan online dan pengambilan offline" ini memberi konsumen diskon tambahan untuk mengurangi biaya logistik dan transportasi. Apapun strategi yang dipilih oleh Anda, penting untuk diingat bahwa diskon dan promosi harus konsisten pada semua saluran yang Anda miliki.
 
Bangun Strategi Pemasaran Menggunakan Data dari Platform Besar

Kebanyakan brand mungkin kebingungan saat baru bergabung dalam maraknya festival belanja e-commerce. Mungkin awalnya Anda hanya ingin memberikan kampanye diskon untuk konsumen. Tetapi, jika hanya itu tujuan Anda, mungkin acara ini tidak dapat memberikan penjualan dan pendapatan yang Anda harapkan.
 
Inilah mengapa sangat krusial bagi setiap brand untuk mempelajari tentang bagaimana kompetitor pemasaran mereka melaksanakan festival e-commerce. Anda perlu melakukan riset tentang apa saja jenis pesan brand dan informasi diskon yang perlu disebarkan melalui media sosial dan KOL mana yang banyak aktif berperan dalam berbicara tentang brand/ produk tertentu saat periode festival ini berlangsung.
 
Setelah itu, Anda dapat merefleksikan diri Anda sendiri terlebih dahulu. Pertimbangkan bagaimana performa brand Anda di media sosial. KOL mana yang tertarik dengan brand Anda, bagaimana interaksi konsumen dari kompetitor Anda, seberapa banyak nilai yang Anda dapatkan, dan lain sebagainya.
 
 
Sekian beberapa pembelajaran mendalam yang bisa didapatkan dari para pemain e-commerce besar di Tiongkok dalam mempersiapkan festival e-commerce mereka. Sekiranya, jika Anda memiliki toko atau bisnis berbasis e-commerce, Anda dapat menggunakan beberapa tips dan mengenali strategi yang digunakan oleh brand tersebut dalam menguasai pasar e-commerce saat festival diselenggarakan.
 
Namun, jika Anda merasa kewalahan dan membutuhkan bantuan dalam mengelola bisnis/ brand di e-commerce, mungkin Jet Commerce bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.
 
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.
 
Layanan Jet Commerce meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment center. Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan.
 
 
Prioritas dari Jet Commerce adalah menjaga & melaksanakan kepercayaan dari Brand Partners & Online Sellers dengan memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer. Layanan dari Jet Commerce merupakan solusi alternatif bagi setiap Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan usahanya di ranah e-commerce tanpa perlu khawatir kewalahan saat menghadapi festival belanja. 
 
Tunggu apalagi, gunakan jasa terbaik dan berkualitas dari Jet Commerce untuk tingkatkan pengelolaan dari bisnis berbasis e-commerce Anda, sekarang!
 
 
 
 
Reference: Parklu

Related Articles