SEO and Content Marketing: How to Combine Them Effectively to Achieve Results

Ada banyak kebingungan yang mungkin dirasakan dalam dunia pemasaran tentang dua teknik penting dari pemasaran digital yang sering digunakan: SEO dan pemasaran melalui konten (content marketing). Mudah untuk menjadi bingung bagi Anda karena keduanya seringkali muncul bersamaan dalam unggahan blog dan artikel sebagai entitas yang terpisah. Dan karena hal tersebut banyak pemasar yang menggambar garis pembatas di antara keduanya. 
 
Faktanya, kehadiran keduanya lebih rumit lagi. Pemasaran melalui konten dan SEO merupakan hal yang saling melengkapi antara satu sama lain. Keduanya melengkapi satu sama lain dan bertindak sebagai roda dari setiap kampanye pemasaran digital yang tentunya diperlukan. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang bagaimana kedua hal ini saling melengkapi, mari kita lihat beberapa informasi ini.
 
Apa Yang Dimaksud SEO (Search Engine Optimization)?
 
Search Engine Optimization (SEO) merupakan serangkaian teknik yang memastikan bahwa konten dan halaman website untuk terlihat oleh audiens tertentu yang ingin ditargetkan oleh pemasar. Sederhananya, SEO adalah hal yang membantu Anda untuk mencocokan halaman website yang Anda miliki dengan kueri pencarian dari demografi target audiens Anda.
 
Tujuan dari SEO adalah untuk mendapatkan audiens yang tepat dan juga konten yang relevan, setiap waktunya. Melalui pengoptimalan yang ditargetkan, pengawasan teknis dan penyesuaian secara berkala terhadap hal ini, Anda dapat mendatangkan traffic yang bersumber organik seperti dari mesin pencarian.
 
Tanpa konten, halaman website, deskripsi produk, artikel atau bahkan gambar dan video dalam SEO tentunya akan sangat sulit dilakukan. SEO tidak dapat berjalan seorang diri - ia butuh kehadiran konten untuk membantu dalam mencocokkan kueri kata kunci dari pengguna.
 
Bagaimanapun, semua hasil untuk "Bagaimana Cara Kerja SEO?" tidak muncul dengan begitu saja -  ada hal di sisi lain yang membantu mesin pencarian untuk lebih memahami cara mengkategorikan konten yang tepat.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Pemasaran Konten (Content Marketing)
 
Pemasaran konten merupakan pemasaran menggunakan konten, sama seperti sebutannya secara literal. Hal tersebut merupakan dasar dari setiap kampanye pemasaran digital. Unggahan blog minggu lalu dapat digunakan dalam platform media sosial untuk menarik perhatian lebih, tetapi hal yang lebih meningkatkan performa dari pemasaran konten Anda adalah SEO yang bekerja di balik layar.
 
Memiliki SEO yang baik tidak berarti memberikan konten Anda kesenggangan. SEO bukanlah ramuan yang dapat memperbaiki unggahan blog yang buruk dan website yang berkaitan dapat muncul langsung pada peringkat atas dari mesin pencarian.
 
Salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh mesin pencari saat melihat sebuah konten adalah kualitas. Jika pemasaran digital Anda dipenuhi banyak kesalahan, tidak konsisten, ditulis dengan buruk, dan sebagainya - tidak mungkin SEO Anda dapat memperbaikinya. Anda perlu menghasilkan konten yang dapat dinikmati oleh target audiens Anda, menyajikan solusi dan memberikan hiburan bagi mereka.
 
Menggabungkan Teknik SEO & Pemasaran Konten Secara Bersamaan
 
Hal ini sudah tidak menjadi pertanyaan lagi dari SEO vs pemasaran konten.
 
Hal ini bukan lagi menjadi pertanyaan tentang SEO vs pemasaran konten. Hal ini adalah pertanyaan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda yang sudah baik dengan SEO yang kuat. Jika Anda baru memulai dengan salah satunya, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran konten dan SEO secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik:
  • Rancang Desain Konten Anda Dengan Memikirkan Mesin Pencarian

    Hal ini tidak membuat Anda harus mengisi konten Anda dengan berbagai kata kunci. Tetapi, hal ini bermakna bahwa Anda harus lebih hati-hati dalam memahami bagaimana mesin pencarian bekerja. Mesin pencarian senantiasa mencoba untuk memahami tentang nilai dan maksud dari  sebuah halaman website atau artikel  blog yang diunggah, lalu mengelompokkannya secara bertahap.

    Hal ini memberitahu Anda bahwa jika dilihat dari sisi pemasaran konten, Anda harus dapat membagi konten Anda ke dalam beberapa area topik, dengan masing-masing konten yang berfokus di dalamnya jika memungkinkan.

    Sebagai contoh, jika perusahaan atau bisnis Anda bergerak di bidang dealer mobil dan Anda ingin melakukan pemasaran konten yang cukup berat untuk brand yang senantiasa ready stock, Anda mungkin tidak dapat memasukkan mobil Chevrolet dan Ford dalam halaman yang sama. Atau Anda akan memiliki halaman untuk jenis sedan dan satu halaman lagi untuk jenis  SUV. Semakin ketat fokus Anda, semakin mudah bagi mesin pencari untuk menemukan tempat yang paling cocok dengan gambaran yang lebih besar.

  • Senantiasa Memperbarui Konten Secara Berkala

    Meskipun sebagian besar hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran konten, ada SEO yang bekerja juga di dalamnya. Salah satu faktor yang dilihat oleh mesin pencari adalah seberapa sering Anda mempublikasikan konten baru. Hal ini baik untuk blog atau website yang senantiasa diperbarui secara rutin. Tetapi, jika Anda tidak senantiasa memperbarui atau baru mulai ingin memproduksi konten, membuat jadwal publikasi untuk konten sangat membantu.

    Setiap bagian dari konten bukan hanya menjadi sinyal dari Anda yang masih aktif dan relevan, tetapi juga menambahkan topik dan kata kunci potensial lainnya ke dalam daftar pencarian yang dapat mendatangkan traffic. Hal ini membantu untuk meningkatkan otoritas Anda dan juga artikel yang dituliskan dalam berbagai topik dan subtopik

    SEO berperan dalam memastikan agar konten Anda seimbang dalam website dan agar Anda tidak terlalu bergantung pada satu elemen bisnis dan mengabaikan elemen lain yang juga perlu diperhatikan. Pemasar SEO yang baik senantiasa menggunakan alat analitik dan alat teknis lainnya untuk memastikan bahwa celah yang dimiliki senantiasa terisi dan setiap area baru yang ingin Anda jelajahi ditangani dengan tepat dalam kerangka website Anda.

  • Evaluasikan Nilai Tautan Anda

    Anda mungkin pernah membaca di tempat lain bahwa ketika Anda mendapatkan backlink dari "tempat yang buruk", hal tersebut hanya berpengaruh kecil pada SEO Anda atau bahkan dapat merusak SEO Anda dalam beberapa keadaan tertentu.

    SEO dapat membantu Anda untuk mengetahui lingkungan apa yang paling tepat bagi tujuan Anda, dan lingkungan mana yang berpotensi untuk menjebak Anda. Hal ini bukan hanya tentang pemantauan tautan, tetapi hal ini menjadi bagian integral dari proses SEO itu sendiri. Lagipula, tautan dari website perbaikan transmisi sepertinya tidak akan dianggap sangat relevan untuk blog resep Anda.

    Pada saatnya, pemasaran konten yang baik dengan SEO yang tepat dapat membawa Anda ke lingkungan yang lebih baik - dan dengan cepat.

    Ketika konten Anda mulai muncul lebih tinggi di hasil mesin pencari, yang digunakan banyak orang untuk menemukan sumber informasi berkualitas tinggi, Anda akan melihat jumlah backlink Anda juga ikut meningkat. Karena website yang lebih signifikan dan lebih bereputasi mulai menautkan ke Anda, algoritma mesin pencarian akan mengenali hal ini dan memberi penghargaan pada halaman website  Anda yang sesuai dengan pencarian pengguna tersebut.
 
SEO vs Pemasaran Konten: Dapatkah Anda Memilih Salah Satu Saja?
 
Konten dan SEO perlu bekerja bersamaan untuk menyajikan pengguna konten yang menarik dan juga relevan. Jika Anda menjual produk yang berkualitas baik, Anda perlu menuliskan konten yang menarik pengguna untuk melihatnya. Hal tersebut membutuhkan strategi SEO yang kuat. SEO haruslah menjadi bagian penting dari perencanaan yang bekerja dalam membangun perencanaan konten yang matang. Kehadirannya tidaklah menjadi opsi alternatif. Jika tidak ada yang dapat membaca konten Anda, apakah hal tersebut disebut dengan pemasaran melalui konten?
 
Ada beberapa sinergi yang nyata diantara SEO dan pemasaran konten, khususnya ketika keduanya dijalankan dengan baik. Inilah mengapa agensi pemasaran konten yang besar bekerjasama dengan para pakar SEO - karena mereka paham bahwa mereka memerlukan SEO untuk membuat konten mereka bekerja dengan baik.
 
Jika Anda melakukan sendiri pemasaran untuk bisnis Anda, Anda perlu melakukan pendekatan seperti apa yang dilakukan para profesional ketika berbicara tentang SEO. Hal tersebut termasuk memahami seluruh topik, memiliki ide untuk keseluruhan strategi, dan mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari. Mungkin terlihat sulit, tetapi data analitik Anda akan menunjukkan hasil yang setimpal dengan usaha Anda ketika sudah berjalan dengan baik.
 
 
Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam pemasaran di dunia digital, kami dengan senang hati dapat membantu Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: SEMRush

Related Articles