Show the Way: Directional Cues in User Interfaces

Apa yang akan anda lakukan jika seseorang bertanya tentang sebuah tempat yang anda ketahui? Anda tentunya melakukan segala cara untuk menjelaskan arah menuju tempat tersebut. Dalam desain pengalaman pengguna (UX), hal ini juga bekerja dengan sifat yang sama. 
 
Jangan mengekspektasikan bahwa pengguna datang ke dalam website atau aplikasi anda dengan pengetahuan penuh dalam menggunakannya. Itulah tugas anda sebagai desainer dalam mendatangkan konversi semudah dan se-intuitif mungkin. Petunjuk arah merupakan salah satu kunci untuk mencapai tujuan ini. 
 
Berikut ini beberapa jenis tampilan antarmuka dari petunjuk arah dalam website ataupun aplikasi yang dapat anda pertimbangkan dan juga ketahui pentingnya:
 
Apa Yang Dimaksud Petunjuk Arah Dalam Tampilan Antarmuka?
 
Petunjuk arah merupakan salah satu elemen dari tampilan antarmuka yang memberikan petunjuk dalam interaksi atau konten spesifik dalam memberikan pengguna pengalaman yang cepat dan mudah. Sama seperti marka jalan dan rambu-rambu dalam dunia nyata. Kehadirannya menunjukkan pengguna elemen kunci, garis teks, dan elemen CTA dalam website atau aplikasi anda, dan juga membawa konversi yang dapat diraih serta menyelesaikan masalah pengguna dengan lebih cepat. 
 
Pada kebanyakan kasus, anda hanya memiliki beberapa detik untuk meyakinkan pengguna dalam berinteraksi dengan produk anda, dengan membuat setiap bagian dari konten yang interaktif terlihat secara langsung pada mata mereka. Hal ini juga krusial dan berperan sebagai pengambil keputusan. 
 
Bagaimana Petunjuk Arah Ini Mempengaruh Pengalaman Pengguna?
 
Petunjuk arah ini:
  • Meningkatkan tingkat pemindaian layar atau halaman.

  • Menguatkan hierarki visual.

  • Meningkatkan Navigasi.

  • Meningkatkan rasio konversi.

Mungkin, salah satu eksperimen yang paling baik untuk menunjukkan kekuatan dari petunjuk arah dan efektifitas setiap jenisnya dicapai oleh CXL Institute. Mereka membuat beberapa versi halaman arahan yang hanya berbeda dari sisi petunjuk arahannya lalu mengumpulkan data dari interaksi pengguna lalu menganalisanya.
Eksperimen berikut menunjukkan bahwa petunjuk arah memiliki dampak hebat dalam pengalaman pengguna, konsumsi konten dan rasio konversi:


 
Halaman dengan panah mendapatkan waktu tinggal yang lebih lama dan perhatian terarah kepada formulir kontak di sebelahnya, 
 
 
Sementara, versi halaman dengan gambar pria melihat ke arah lain dari formulir kontak mendapatkan perhatian dan interaksi pengguna yang lebih sedikit.
 
Maka dari itu, berhati-hatilah dalam menempatkan petunjuk arah, anda sebagi desainer UX harus dapat meningkatkan komunikasi visual dari antarmuka kepada pengguna. Buatlah mereka mudah mencapai tujuan mereka, yang juga merupakan faktor yang mempengaruhi penggunaan.
 
Jenis Petunjuk Arah Yang Sering Digunakan
 
Panah
 
Salah satu petunjuk arah yang berasal dari dunia nyata ini adalah panah. Mungkin, sudahlah jelas bahwa kita dapat menunjukkan arah hanya dengan menggunakan panah. Karena itulah variasi setiap panah biasanya digunakan untuk membantu pengguna agar tidak bingung di dalam website atau aplikasi anda. Pola interaksi ini cukup jelas bagi setiap orang dari berbagai usia, budaya, tingkat pendidikan dan literasi teknologi. 
 
Pointers

Bagaimana jika anda tidak ingin membuat desain yang terlihat langsung seperti panah? Pointer dapat membantu anda. Hal ini bekerja seefektif dalam kehidupan nyata: ketika seseorang ingin mengarahkan perhatian anda pada sebuah objek atau seseorang, hal tersebut dapat dilakukan cukup dengan mengarahkannya. 
 
Pada halaman website dan layar ponsel pengguna, trik ini bekerja dengan cara yang sama, yang juga memberikan petunjuk visual yang elegan pada informasi inti atau elemen interaktif.
 
Garis Mata (Arah Pandangan)
 
Arah pandangan merupakan salah satu petunjuk arah kuat lainnya yang dibangun dari reaksi manusia. Saat pengguna melihat bahwa pandangan atau mata orang lain terfokus pada suatu titik atau objek, mereka memiliki kecenderungan untuk mengecek apa hal tersebut. Karena itulah trik ini biasa digunakan dengan konten visual seperti foto atau ilustrasi yang terintegrasi dengan tata letak UI. 
 
Petunjuk Visual
 
Tidak hanya panah yang dapat memberikan petunjuk kepada pengguna bahwa interaksi dimungkinkan. Objek lain dapat memberikan bantuan, seperti ikon atau ilustrasi yang melambangkan jenis interaksi. Mouse dapat berarti bahwa Anda dapat menggeser, animasi tangan akan memberitahu anda bahwa mungkin untuk menggeser dan sebagainya. Dengan cara ini pengguna tidak perlu melakukan upaya tambahan untuk memahami cara kerja antarmuka.


 
 
 
Ketika sudah memahami lebih dalam tentang bagaimana petunjuk arah mempengaruhi tampilan antarmuka dari website atau aplikasi, sudahkah anda menggunakannya? Anda baru ingin membuat website atau aplikasi yang menerapkan poin-poin diatas? Anda bingung mencari agency yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bidang UI UX di Jakarta? Jangan khawatir.
 
Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
 
ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Tubik Studio

Related Articles