The Fast Guide to Optimizing Your Online Store

Apakah Anda khawatir jika toko online Anda tidak berkinerja sebaik yang Anda harapkan ? Mungkin ini sudah waktunya untuk mengoptimalkan toko online Anda. Dengan melakukannya, Anda dapat menjadikannya alat yang lebih baik dengan mengubah pelanggan online baru dan mengubah mereka menjadi pembeli yang senantiasa loyal dan datang ke dalam toko Anda. 
 
Tanda dimana website Anda sudah perlu di perbarui biasanya kurang terlihat dan menyebabkan Anda bisa saja lengah dan merasa bahwa performa website Anda berjalan dengan efektif. Berikut ini beberapa indikator yang dapat Anda perhatikan agar terhindar dari hal tersebut:
 
  • Tersendatnya Traffic Website Anda Atau Bahkan Ada Penurunan - Bisnis apa pun tentunya akan mengalami naik turun. Tetapi, jika Anda melihat bahwa traffic website Anda dari bulan ke bulan dalam rata-rata selama tiga hingga enam bulan senantiasa datar atau bahkan turun (terutama setelah melihat pertumbuhan yang konsisten), hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa Anda perlu melakukan beberapa perubahan.

  • Adanya Peningkatan Pada Pengabaian Keranjang Belanja - Pengabaian keranjang ini merupakan salah satu masalah besar dalam bisnis e-commerce. Tingkat pengabaian keranjang yang senantiasa meningkat merupakan tanda bahwa Anda harus memikirkan kembali tentang pengalaman pembayaran Anda dan memudahkan pelanggan untuk menyelesaikan pembelian mereka.

  • Anda Memiliki Tingkat Retensi Pelanggan yang Kurang - Pelanggan yang senantiasa kembali akan lebih mudah untuk dikonversi, menghabiskan lebih banyak uang, dan merekomendasikan kepada lebih banyak orang tentang bisnis Anda daripada pembeli yang baru pertama kali mengenali Anda. Anda sebaiknya membuat beberapa perubahan jika Anda mengalami kesulitan untuk menarik orang kembali untuk pembelian kedua.

Jangan Puas Dengan Status Untuk Toko Online Anda Saat Ini
 
Tetap mempertahankan status quo untuk toko online menjadikan Anda tertinggal saat dunia e-commerce senantiasa berkembang pesat. Pandemi ini telah menyebabkan perubahan dramatis menuju dunia e-commerce yang lebih canggih. Faktanya, pada tahun 2023, e-commerce diproyeksikan akan mencapai 22% dari semua penjualan ritel di seluruh dunia (naik dari hanya 14% pada 2019).
 
Dengan pertumbuhan yang cepat ini, kita dapat berharap bahwa e-commerce akan berkembang dengan cepat — tetapi apakah Anda siap untuk tumbuh dan berkembang dengannya? Mengoptimalkan toko online Anda untuk apa yang diinginkan pembeli saat ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan fase pertumbuhan berikutnya.
Jika Anda memutuskan untuk tetap menggunakan apa yang sudah Anda miliki, Anda dapat kehilangan:
 
  • Inovasi  yang memudahkan pelanggan untuk membeli dari website Anda

  • Perkembangan baru dalam desain yang membuat website Anda lebih menarik bagi pelanggan

  • Kemajuan aksesibilitas dalam membuat toko Anda lebih mudah dinavigasikan untuk lebih banyak orang

  • Cara baru untuk menarik dan berinteraksi dengan pelanggan sebelum dan sesudah penjualan

Sebagai pemilik toko e-commerce, potensi pertumbuhan penjualan Anda selama beberapa tahun ke depan sangat besar. Tetapi karena semakin banyak orang menyadari hal ini, lebih banyak toko online yang bermunculan (dan hal tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak persaingan). Sudah ada 7,1 juta toko online di seluruh dunia — dengan lebih banyak yang senantiasa buka  setiap hari.
 
Pengoptimalan bukanlah hal opsional jika Anda ingin mempertahankan keunggulan, tetapi sulit untuk mencari tahu dari mana harus memulai. Itulah mengapa kami mengumpulkan beberapa strategi pengoptimalan toko online yang dapat Anda pertimbangkan.
 
Anda Membutuhkan Pengguna Untuk Membeli Apa yang Mereka Taruh di Keranjang Belanja Mereka
 
Keranjang belanja yang ditinggalkan merupakan sebuah masalah besar bagi setiap bisnis di e-commerce. Hal tersebut dapat terjadi ketika pelanggan menambahkan produk ke keranjang belanja mereka lalu meninggalkan website Anda tanpa membelinya. Lima alasan teratas yang terjadi ketika pengguna meninggalkan pembelian mereka adalah biaya pengiriman yang tinggi, kode diskon yang salah, waktu pengiriman yang lama, keharusan memasukkan kembali informasi kartu kredit dan memasukkan kembali informasi pengiriman secara berulang.
 
Meskipun sebagian besar pembeli meninggalkan keranjang mereka karena mereka membandingkan harga atau berbelanja, pengguna lain yang pergi memiliki beberapa alasan diatas yang sebenarnya dapat Anda cegah dengan mengoptimalkan toko online Anda. 
Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan dalam mengatasi hal diatas:
 
  • Jangan Mewajibkan Pengguna Untuk Memiliki Akun & Biarkan Pelanggan Melakukan Checkout Dengan Cepat - Cara terbaik untuk mengurangi pengabaian keranjang belanja adalah dengan melewatkan keranjang belanja tersebut sama sekali. Semakin sederhana pengalaman pembayaran Anda, semakin besar kemungkinan orang untuk menyelesaikannya. Memaksa orang untuk membuat akun menambah kerumitan proses yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

  • Mudahkan Penyimpanan Pada Keranjang Belanja - Pelanggan mungkin ingin meninggalkan website Anda, tetapi kembali untuk menyelesaikan pembayaran nanti. Anda harus membuatnya semudah mungkin bagi mereka untuk menyelesaikan pesanan tersebut ketika mereka kembali. Menyimpan produk yang mereka miliki di keranjang akan memudahkan mereka saat kembali ke website Anda dan melihat bahwa mereka belum membayar.

  • Tunjukkan Biaya Pengiriman & Biaya Lainnya Di Muka - Tidak ada pengguna yang suka untuk pergi ke halaman checkout dengan mengharapkan satu total, hanya untuk dibutakan oleh biaya pengiriman, pajak, dan biaya lainnya.

Anda Membutuhkan Lebih Banyak Pengunjung — Yang Sebenarnya Mungkin Membeli Sesuatu Dari Website Anda
 
Sudahkah Anda melihat hambatan pada traffic website? Mungkin Anda telah berjalan-jalan selama beberapa bulan untuk melihat laporan Anda tentang pengunjung website baru yang terus bergerak ke atas dan ke kanan. Kemudian, tiba-tiba, pertumbuhan bulanan Anda terhenti mendadak (dan bahkan mungkin mulai turun). Tersendatnya traffic website  ini membatasi potensi pertumbuhan Anda, tetapi ini juga merupakan tanda bahwa Anda memiliki ruang untuk meningkatkan website e-commerce Anda.
Pertanyaannya, bagaimana?
 
  • Perbarui Desain Homepage Dari Toko Online Anda - Homepage Anda merupakan kesan pertama untuk setiap konsumen baru. Hal tersebut harus dapat memberikan mereka gambaran besar tentang apa yang dapat mereka ekspektasikan dari Anda dan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

  • Ketahui Lebih Dalam Tentang Konsumen Anda - Siapa saja yang berbelanja dalam toko Anda dan mengapa? Bagaimana Anda menjawab pertanyaan tersebut dapat membantu mengasah cara Anda dalam membicarakan produk dan menampilkannya di hadapan pelanggan baru. Titik kontak dengan pelanggan baru dapat memberi Anda wawasan berharga tentang apa yang dicari orang dan cara terbaik untuk membantu mereka.

 
Berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan toko online yang Anda miliki. Jika Anda masih baru dalam dunia online dan ingin memiliki toko e-commerce milik Anda sendiri, kami dapat membantu. 
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
 
 
 
Reference: ABetter Lemonade

Related Articles