The Power of Microcopy in Web Design

Copy” telah menjadi salah satu kata kunci tersendiri. Apakah Anda menyadarinya? Orang-orang saat ini lebih memperhatikan kata-kata yang Anda gunakan dalam website Anda. Mereka berusaha memberi nilai pada copy tersebut. Kata-kata tersebut dapat menjadi cara utama Anda dalam berkomunikasi secara langsung kepada pengguna atau konsumen dari brand Anda. Hal tersebut juga merupakan hal kecil yang penting, terutama dalam hal pengalaman pengguna.
 
Kata dapat membantu Anda meningkatkan pengalaman dalam tingkat yang fungsional dan juga menarik. Kata-kata tersebut memiliki nada, suara dan kepribadiannya sendiri. Hal tersebut haruslah senantiasa dijadikan bagian dari desain, tidak hanya ditempatkan dan ditampilkan tetapi juga memberikan nilai dari tampilan mereka. 
 
Tetapi, apa yang dimaksud dengan microcopy? Microcopy merupakan copy dalam bentuk yang lebih kecil seperti pesan kegagalan saat Anda salah memasukkan isi formulir kartu kredit atau kata dalam tombol submit. Microcopy juga terdapat dalam judul halaman, label, pesan saat menunggu muatan halaman, atau pernyataan bahwa alamat email Anda tidak akan disebarkan, dan sebagainya. Microcopy ada di seluruh bagian website Anda. 
 
Microcopy Meningkatkan Kehidupan Pengguna
 
Mari kita lihat kesalahan input kartu kredit, sebagai contoh awal. Jika Anda mendapatkan pesan tentang kesalahan yang mengatakan "input tidak valid" dan "nomor kartu kredit Anda terlalu panjang," mana pesan yang lebih membantu? Kalimat yang pertama mungkin terlihat kurang membantu Anda dalam mencari tahu apa yang salah dan hanya menyatakan bahwa terjadi masalah dan tidak memberitahu Anda cara untuk memperbaikinya. Sedangkan kalimat kedua,  secara langsung dapat memberitahu Anda apa masalah yang Anda hadapi sehingga Anda dapat langsung mengatasinya. Dan kalimat kedua ini dapat menyajikan pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan dengan kalimat pertama karena dapat membuat pengguna bingung.

 
Berikut di atas adalah salah satu contoh dari penggunaan microcopy. Apa yang menurut Anda masih kurang?
 
Ketika Anda memikirkan hal tersebut, tentunya Anda berpikir bahwa memang beberapa website kini menyajikan humor dalam halamannya. Tetapi, hal ini tidak banyak diterapkan dalam sebagian besar website saat ini. Meskipun di sisi lain, website seperti Mailchimp atau Woofoo menerapkan beberapa copy yang jahil di dalam website mereka. 
 
Kebanyakan copy yang ada saat ini dalam sebagian besar website bersifat kurang personal. Beberapa tentunya pintar dan memiliki manfaat, tetapi, berapa banyak website yang sebenarnya lucu dan menarik? Tidaklah banyak. 
 
Sebenarnya, mari kita melihat terlebih dahulu tentang website yang saat ini sudah ada. Seberapa banyak dari website tersebut yang memiliki copy informatif? Ada terlalu banyak contoh di mana copy dari sebuah website kurang jelas, di mana Anda mungkin tidak tahu apa arti kata sederhana seperti "lewati" atau "ok". Ketika ada hal-hal yang tidak jelas seperti itu, hal tersebut merupakan kegagalan desain. Hanya karena hal tersebut bukan termasuk dalam kategori visual atau estetika bukan berarti hal tersebut bukanlah kegagalan dalam desain website.
 
Bagaimana Cara Anda Memproduksi Copy Yang Baik?
 
Ketika harus menciptakan microcopy yang efektif, Anda perlu mempertimbangkan dua hal penting. Pertama, konten Anda  haruslah informatif, seperti yang Anda lihat dalam setiap pesan kegagalan (error messages). Copy Anda tidak akan menyenangkan jika tidak memiliki fungsi untuk pengguna. Setelah itu, Anda dapat memasukkan sedikit hiburan, yang dapat Anda sesuaikan dengan nada pesan yang digunakan. Dengan menambahkan sedikit humor pada copy atau apa pun kepribadian dari brand Anda, Anda dapat menyajikan kenyamanan yang lebih kepada pengguna dari website Anda. 
 
Kami harap Anda menyadari betapa kuatnya kehadiran dari microcopy. Pada akhirnya Anda mencoba untuk mendapatkan konversi, bukan? Microcopy yang fungsional adalah langkah pertama yang dapat Anda lakukan karena akan membuat brand Anda lebih menonjol. Jika website Anda mudah diingat, Anda akan menang di hati pengguna. (Karena mereka akan kembali, menyukai Anda  dan memberitahu teman-teman mereka. 
 
 
Jika Anda baru saja memulai bisnis dan memikirkan untuk menggunakan website sebagai salah satu bentuk pemasaran dari brand Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
Reference: DesignModo

Related Articles