The Principles of Mobile Web Design

Ketika perangkat seluler mulai menjadi tren, banyak bisnis yang menyadari bahwa membangun website berbasis perangkat seluler bukanlah hanya tantangan yang harus dilewati, tetapi juga menjadi hal yang wajib dimiliki untuk senantiasa relevan dan kompeten. Sejak google memutuskan bahwa website yang mobile-friendly dapat mempengaruhi peringkat pencarian, Anda tentunya perlu menggunakannya.
 
Tetapi, bahkan jika perangkat seluler saat ini sudah mengambil alih tempat dari desktop secara perlahan, cara pengguna dalam menggunakan perangkat - dan cara mereka berinteraksi dengan website dalam perangkat tersebut - senantiasa berbeda dengan jika mereka mencarinya melalui desktop. Dan kebanyakan designer dari aplikasi perangkat kurang memperhatikan hal ini.
 
Keterlibatan juga senantiasa berbeda dari pengguna dengan perangkat seluler dan juga desktop. Berikut ini angka dari Google:
 

 
Meskipun ada kesamaan dalam hal jumlah penelusuran, pengguna desktop menghabiskan waktu tiga kali lebih lama dalam sebuah website dan mengunjungi tiga kali lebih banyak halaman di setiap website. Dan rasio pentalan untuk perangkat seluler hampir dua kali lipat dari desktop.
 
Anda dapat mempertimbangkan faktor diatas, dan ada beberapa hipotesis yang dapat kami berikan:
 
  • Pengguna perangkat memiliki tujuan jelas tentang apa yang mereka cari - mereka mencari untuk informasi spesifik.

  • Jika mereka tidak menemukan langsung tentang apa yang mereka cari, mereka akan langsung berpindah ke website lain.

  • Mereka tidak memiliki kesabaran yang cukup untuk masuk ke dalam website dengan navigasi yang rumit - mereka berekspektasi untuk menemukan apa yang mereka cari hanya dalam beberapa klik.

Jadi, apa hubungan hal tersebut dengan desain dari aplikasi perangkat Anda? Tentunya banyak hubungan di dalamnya. Terlalu banyak desainer yang memiliki pendekatan website berbasis perangkat seluler hanya sebagai versi yang diperkecil dari website utama mereka, yang menurut kami kurang tepat. Website berbasis perangkat seluler Anda haruslah menjadi salah satu kesempatan untuk benar-benar menampilkan kualitas dari aplikasi perangkat dan menghubungkan kebiasaan unik pengguna dan brand Anda secara langsung.
 
Kehadirannya harus menyampaikan informasi yang dicari pelanggan seluler dengan cara yang dioptimalkan untuk perangkat seluler. Dan hal tersebut dapat diartikan bahwa mentalitas dan prinsip desain yang Anda buat haruslah mengutamakan perangkat seluler.
 
Prioritaskan Performa 
 
Muatan halaman yang lambat merupakan faktor pembuat frustasi pertama bagi setiap pengguna website berbasis perangkat seluler dan salah satu alasan utama tentang mengapa mereka meninggalkan website Anda. Faktanya, lebih dari 34 konsumen akan langsung meninggalkan website Anda jika mereka hanya disajikan elemen-elemen “fancy” yang Anda berikan tanpa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
 
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan ketika merencanakan halaman untuk website berbasis perangkat seluler Anda:
 
  • Buatlah ukuran halaman maksimal 1 MB atau lebih kecil agar dapat dimuat dengan lebih cepat

  • Pikirkan secara teliti tentang gambar yang butuhkan, lalu potong, dan ukur serta kompres agar lebih cepat dimuat

  • Minimalkan kode yang Anda buat, khususnya JavaScript - JS Request meningkatkan kompleksitas dan proses rendering halaman yang lebih lambat.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana kinerja website berbasis aplikasi seluler yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan Google PageSpeed Analyzer untuk mendapatkan langkah konkrit yang dapat Anda ambil jika website Anda dimuat dengan lambat dalam perangkat seluler.
 
Pikirkan Kembali Tentang Konten Dalam Homepage Anda
 
Untuk sebagian besar bisnis, yang ingin dicapai oleh pengunjung dengan website perangkat seluler mereka biasanya berbeda dengan pengunjung yang menggunakan website utama berbasis desktop. Elemen dan branding yang terlihat canggih dan gambar yang Anda gunakan dalam homepage mungkin akan kurang menarik perhatian mereka. 
 
Namun, informasi yang Anda masukkan ke dalam homepage dapat Anda arahkan ke dalam kebutuhan dari pengguna perangkat, yang biasanya terdiri dari kombinasi beberapa hal berikut ini: 
 
  • Info kontak, dengan tombol telepon atau WhatsApp yang dapat ditekan disebelahnya

  • Lokasi, Arah & Jam operasi

  • Kolom pencarian / pencarian produk

  • Penempatan pesanan/status pesanan/pelacakan pesanan

  • Pembuatan reservasi/janji/permintaan jasa

  • Login konsumen/akses akun

  • Opsi untuk melihat website utama

  • Unduhan aplikasi seluler

  • Tombol media sosial

  • Dan sebagainya.

Sederhanakan Menu & Navigasi
 
Hamburger menu biasa digunakan sebagai solusi dari navigasi setiap aplikasi perangkat seluler yang memiliki sifat mobile-friendly. Hal tersebut juga menjadi salah satu gagasan yang diterima secara umum tentang navigasi seluler yang mengambil, paling banyak, tiga ketukan untuk membawa pengguna ke halaman yang diinginkan. Idealnya, Anda hanya memiliki satu sub menu di bawah setiap kategori menu untuk kemudahan penggunaan. Pastikan untuk menempatkan halaman terpenting Anda terlebih dahulu.
 
Jika Anda tidak membutuhkan lebih dari tiga atau empat menu, Anda dapat bereksperimen dengan navigasi statis. Hal ini memiliki tampilan visual yang lebih menarik. Kunci dari pertimbangan kedua kasus ini adalah Anda harus senantiasa membuat navigasi dan opsi menu yang mudah untuk jari tangan dengan berbagai ukuran. Terlalu banyak opsi dalam sebuah halaman dapat mempersempit gerak jari dari pengguna dan membuat navigasi Anda terasa lebih sulit.
 
Reformasi Formulir Yang Anda Berikan
 
Untuk sebagian besar pengguna seluler, mereka benar-benar benci untuk mengetik pada perangkat mereka. Jadi mengharapkan mereka untuk memasukkan banyak informasi pada website Anda adalah tindakan mematikan yang kemungkinan besar akan menyebabkan banyak pengunjung langsung menuju pintu keluar. 
Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Berikut beberapa cara yang dapat coba Anda ikuti:
 
  • Kumpulkan informasi dalam jumlah minimum yang Anda perlukan untuk transaksi tertentu. Misalnya, jika seseorang mendaftar ke newsletter Anda, Anda benar-benar hanya membutuhkan nama dan alamat email (dan jangan lupa untuk menggunakan keyboard email untuk mereka.

  • Jika Anda memiliki situs e-commerce, jangan paksa pelanggan untuk mendaftar akun terlebih dahulu jika ingin membayar, beri mereka opsi untuk checkout sebagai tamu.

  • Untuk formulir atau transaksi dengan beberapa halaman yang lebih lama, beri pengguna tab status untuk mengukur kemajuan mereka.

Formulir merupakan salah satu tempat yang tepat untuk pengujian A/B - Anda dapat mengambil satu atau lebih bidang, mengganti tata letak, bermain dengan CTA dan melihat formulir mana yang mendapatkan tingkat penyelesaian terbaik.

Sebagai catatan, pengguna lebih cenderung mengisi formulir jika tidak memerlukan nomor telepon, jadi kecuali jika Anda benar-benar membutuhkannya, sebaiknya jangan memintanya kepada pengguna. 
 
Permudah Pengguna Untuk Menemukan Produk Yang Mereka Inginkan
 
Sebagian besar konsumen dengan perangkat seluler memiliki pemikiran khusus saat mereka mengunjungi situs Anda; pembeli seluler sebenarnya bukan browser, seperti yang ditunjukkan bagan yang menunjukkan pengunjung Amazon ini:
 

 
Seorang pengunjung dengan perangkat seluler menghabiskan hanya empat menit dan memeriksa sekitar delapan halaman rata-rata, yang berarti dia menghabiskan sekitar setengah menit per halaman. Pengguna tersebut merupakan pembeli dalam sebuah misi yang menghabiskan waktu dua kali lebih lama pada setiap halaman website.
 
Untuk designer website berbasis perangkat seluler, tantangan yang dihadapi adalah dalam memastikan menu dan navigasi yang mudah bagi pengguna untuk menemukan produk tertentu atau mempersempit pilihan untuk memenuhi kebutuhan khusus pembeli. Pengguna perangkat seluler kemungkinan besar tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk menelusuri produk tanpa henti, jadi Anda harus kreatif dalam memberikan opsi menu untuk membantunya menemukan apa yang diinginkannya dengan cepat.
Berikut adalah beberapa tips dan prinsip yang dapat Anda ikuti untuk merancang desain dari website berbasis aplikasi perangkat milik Anda. 
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form
 
 
 
 
 
 
 
Reference: BuildFire

Related Articles