The Right SEO Tactics for E-commerce Content Marketing

Menjalankan toko berbasis e-commerce merupakan salah satu pengalaman yang menguras tenaga Anda. Tidak ada hal yang berjalan sesuai dengan waktu dan usaha keras Anda. Bahkan lebih sulit untuk membawa konsumen (traffic) ke dalam toko Anda. Dengan Google yang senantiasa mengganti algoritmanya, semakin sulit tentunya bagi kita untuk meraih peringkat teratas dan halaman terdepan dalam mesin pencarian.
 
Karena itulah, pemasaran dengan menggunakan konten merupakan salah satu cara yang diandalkan bagi para pebisnis di e-commerce. Pemasaran dengan konten dapat membawa keuntungan dibandingkan dengan pemasaran lainnya. Gratis, dan dapat meraih target audiens secara akurat dan mendatangkan return on investments yang lebih banyak.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Pemasaran Melalui Konten?
 
Pemasaran ini merupakan strategi yang menggunakan konten yang diproduksi dan dikurasi untuk mendatangkan traffic secara online. Ada beberapa manfaat yang didapatkan, seperti:
 
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Membantu pemberian peringkat pada mesin pencarian
  • Membuat kehadiran sosial secara online untuk brand Anda
  • Menjual lebih banyak produk melalui tombol CTA, dan sebagainya.

Pemasaran berbasis konten sudah ada lama, bahkan mungkin dari awal muncul dan berkembangnya e-commerce. Dengan seiring berjalannya waktu, pemasaran ini senantiasa berubah dan menjadi apa yang kita lihat saat ini. Konten dan tata letak pada saat ini sudahlah mengalami beberapa dekade transformasi sebelumnya.
 
Contohnya, dalam beberapa saat terakhir, pemasaran berbasis konten senantiasa berfokus untuk memajang produk dan layanan yang diberikan. Dan hari ini, kehadirannya lebih memiliki makna seperti menciptakan koneksi brand dengan konsumen, meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan rasio CTR, dan tentunya rasio konversi.
 
Kunci Meningkatkan Strategi Pemasaran Berbasis Konten Untuk E-Commerce
 
Memiliki Blog
 
Blog pribadi merupakan salah satu tempat dimana Anda dapat memiliki, memproduksi dan melakukan kurasi untuk brand Anda. Kehadirannya memuat banyak artikel tentang produk atau layanan yang brand Anda tawarkan. Blog yang juga mendapatkan promosi sponsor dapat menghadirkan keterlibatan pengguna yang lebih tinggi dan juga kesadaran merek yang lebih baik bagi brand Anda.
 
Listed Content
 
Listicles memiliki penggemar berat yang mengikuti di Internet. Kehadirannya ringkas, mudah dibaca dan membantu pengguna untuk membuat keputusan cepat tanpa harus melakukan penelitian yang ekstensif. Brand Anda dapat membuat daftar dari berbagai sudut dan menyertakan produk Anda untuk kesadaran maksimum dan daya tarik lebih bagi pengguna.
 
Whitepapers
 
Whitepapers merupakan laporan otoritatif yang memberikan informasi atau proposal tentang suatu masalah. Whitepaper membantu membangun otoritas tentang merek di tengah target audiens Anda. Whitepaper sendiri menampilkan kecakapan industri dan perintah yang dimiliki dari bisnis Anda pada dasar operasinya sendiri. 
 
Guest blogs
 
Kontribusi guest posting merupakan jalan yang sukarela dalam memanfaatkan penyebaran sosial dari sebuah kehadiran brand. Memasukkan konten yang orisinil dan branded ke dalam blog yang populer dengan bantuan dari influencers dapat membantu Anda untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dengan brand Anda.
 
Infografik
 
Kehadirannya terlihat menarik, informatif, dan memiliki kekuatan untuk disebarkan secara sosial. Infografik dapat digunakan kembali untuk memperlihatkan konten orisinil yang telah dibuat atau dipublikasikan sebagai unggahan blog atau listed content.
 
Presentasi & Video
 
Slideshare, YouTube, Vimeo, dan sebagainya bukanlah tempat untuk mengunggah video pribadi belaka. Kehadirannya dapat juga menjadi perpustakaan tempat menyimpan berbagai video dimana setiap brand dapat memasukkan video kreasi mereka tentang produk dan layanan mereka untuk meningkatkan kesadaran merek yang lebih tinggi.
Mari kita lihat beberapa taktik yang dapat digunakan bagi toko e-commerce dalam meningkatkan ROI di bawah ini:
 
Riset Kata Kunci
 
Kata kunci merupakan kata dan kalimat yang akan digunakan oleh target audiens Anda untuk mencari produk dan layanan yang Anda tawarkan. Ada beberapa jenis kata kunci seperti kata kunci dengan ekor panjang (long-tail keyword) yang biasanya lebih efektif dan presisi serta kontekstual untuk kueri pencarian pengguna.  Dengan menggunakan analisa kata kunci yang mendalam dengan alat seperti SEMRush, Anda dapat memiliki kata kunci yang mungkin memang diketik oleh pengguna.
 
Teks Deskriptif Yang Orisinil 
 
Google sangat membenci plagiarisme. Ia hanya menyukai konten yang orisinil dan bernilai. Konten yang orisinil, presisi, dan kontekstual mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam Google. Demikian juga untuk mesin pencarian lainnya. Gunakan deskripsi teks yang orisinil pada deskripsi produk, iklan berbayar, blog dan dimanapun tempat yang tepat untuk mendukung kesuksesan SEO dari pemasaran berbasis konten ini.
 
Tinggalkan Jargon Yang Kurang Relevan Untuk Digunakan
 
Ketika konten yang orisinil berperan baik, terlalu banyak menggunakan jargon atau slogan dapat membawa tingkat keterbacaan konten menjadi buruk. Pengguna menghabiskan waktu mereka untuk membaca konten yang sederhana, mudah dipahami dan dituliskan dalam aturan yang baik. Semakin tinggi waktu yang dihabiskan, semakin tinggi peringkat Anda dalam mesin pencarian.
 
Jual Produk Anda Tetapi Jangan Berlebihan
 
Saat konten utama dari objektif sebuah e-commerce adalah untuk menjual produk atau layanan, kebanyakan brand mengalami kegagalan dan jatuh dalam penggunaan penjualan yang terlalu berlebihan. Penjualan yang terlalu berlebihan dapat menjadi sebuah kejahatan bagi strategi pemasaran berbasis konten. Google dapat menurunkan konten Anda dan mengubahnya menjadi spam, menurunkan peringkat halaman dan tentunya menghilangkan kepercayaan dari target audiens Anda. Jadilah jelas, buatlah poin dan biarkan konsumen Anda berkonversi dengan sendirinya.
 
Keamanan
 
Dalam Konferensi I/O di tahun 2014, Google membuat jelas bahwa keamanan merupakan salah satu sinyal penting bagi setiap website. Website dengan tingkat enkripsi tinggi seperti dengan adanya Sertifikat EV SSL di dalamnya akan menjadi prioritas dari munculnya hasil pencarian bagi pengguna.
 
Langkah ini merupakan langkah yang diciptakan Google untuk membuat ekosistem yang aman dimana pengguna dapat berinteraksi tanpa memiliki rasa takut bahwa dirinya akan ditipu atau diambil data privasinya. Penelitian juga mengkonfirmasi bahwa semakin tinggi tingkat keamanan dari sebuah website, maka semakin tinggi pula peringkatnya dalam mesin pencarian serta rasio konversi yang dimiliki. Dan pada akhirnya, tentu seluruh konsumen ingin merasa aman jika mengisi data-data pribadi mereka seperti nomor kartu kredit dalam setiap website yang mereka temukan. 
 
 
Berikut diatas adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk mencari taktik SEO yang tepat bagi pemasaran konten dari website e-commerce Anda. Jika sudah lebih memahaminya, kini saatnya Anda untuk menerapkannya. Jika Anda baru saja ingin mulai menggunakan e-commerce sebagai salah satu tempat Anda berbisnis dan membutuhkan bantuan dalam SEO, kami hadir untuk Anda. 
 
Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: SEMRush

Related Articles