Tips Dalam Mempromosikan Toko Online Official Store Anda Pada MarketplaceĀ 

Entah seberapa sukses toko online/ official store yang Anda miliki, tentunya Anda perlu senantiasa memikirkan berbagai inovasi lain yang dapat meningkatkan performa secara terus menerus. Membangun strategi dan ide untuk melakukan promosi toko online/ official store Anda pada marketplace dapat dikatakan susah-susah gampang, terutama jika Anda masih pemula yang belum begitu memahami seluk-beluk dari sistem promosi pada marketplace
 
Tetapi, jika hal tersebut mampu Anda eksekusikan secara baik, Anda tentunya dapat memberikan dampak yang juga  positif pada keuntungan yang akan Anda peroleh. 
 
Menawarkan promosi dan penawaran khusus untuk konsumen potensial merupakan salah satu metode efektif dalam mendatangkan traffic yang berkualitas ke dalam toko online atau official store, mendapatkan lebih banyak pengguna, dan juga tentunya meningkatkan pendapatan Anda. Dan diatas beberapa keuntungan tersebut, penjualan online dari toko Anda ini dapat digunakan untuk mendorong konsumen untuk senantiasa tetap loyal dan menjadi pelanggan tetap bagi toko Anda. 
 
Banyak sekali keuntungan dari membangun official store di marketplace, salah satunya yaitu dengan banyaknya fitur yang dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan toko Anda.
 
Mengapa Kegiatan Promosi Dalam e-Commerce & Memberikan Penawaran Spesial Penting Untuk Anda Lakukan? 
 
Faktanya, konsumen pada era digital saat ini sudah lebih canggih seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini juga dikombinasikan dengan fakta bahwa lebih banyak opsi pembelian secara online yang saat ini tersedia, sehingga tidaklah menjadi sebuah kejutan jika hal tersebut seringkali diperlukan sebagai upaya tambahan agar pengunjung Anda menekan tombol checkout dari halaman tempat dimana toko online/ official store Anda berada. Dalam konteks tersebut, Anda dapat mencoba untuk mempertimbangkan promosi dalam toko online Anda sebagai salah satu alat terbaik untuk digunakan. 
 
Setiap konsumen yang berbelanja secara online tentunya ingin mengetahui tentang penawaran terbaik yang bisa mereka dapatkan, serta di mana mereka bisa melakukan pembelian tersebut. 
 
Meningkatkan Penjualan Toko Online di Marketplace dengan Promosi dan Penawaran Khusus
 
Sekarang, ketika Anda sudah lebih memahami tentang peranan promosi dan penawaran khusus untuk toko online Anda, berikut kami bagikan beberapa promosi yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan penjualan Anda. Tentu, setiap toko tidaklah sama, dan apa yang bekerja pada sebuah industri dapat berbeda dengan industri lainnya. Maka dari itu, sebelum mengimplementasikan beberapa tips di bawah, Anda setidaknya dapat memastikan terlebih dulu untuk data yang Anda miliki agar senantiasa efektif jika diimplementasikan secara bersamaan.
 
Penawaran Biaya Pengiriman Gratis
 
Tidaklah menjadi sebuah rahasia bahwa setiap orang akan senang jika diberikan promosi gratis akan biaya pengiriman ketika berbelanja secara online. Tambahan biaya pengiriman saat proses checkout senantiasa berkontribusi cukup besar pada tindakan pengabaian dari keranjang belanja. Selain menghilangkan biaya yang mungkin diharapkan dari kebanyakan pengunjung toko, pengiriman gratis juga dapat menyederhanakan seluruh proses checkout dari toko Anda.
 
Dalam era dimana banyaknya layanan toko online atau official store berbasis e-commerce marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya, penawaran pengiriman dengan bebas ongkir merupakan salah satu hal yang wajib disertakan. Riset juga menunjukkan bahwa hampir 73% pengguna yang berbelanja secara online mengatakan bahwa promo bebas ongkir merupakan hal yang mereka inginkan untuk dilihat saat menuju halaman checkout.
 
Dua dari tiga orang juga mengatakan bahwa mereka akan membeli produk secara online lebih sering jika mereka mengetahui produk tersebut dapat di refund dengan bebas ongkir. Dan juga tentunya, dengan  adanya tawaran layanan gratis ini, Anda perlu mengatur ulang harga dan model bisnis Anda secara  tepat.
 
Anda dapat menawarkan pengiriman gratis ke seluruh pengguna atau dengan membatasi promosi Anda pada kategori dan produk tertentu yang membuat pelanggan Anda dapat menjelajahi toko online Anda dengan lebih percaya diri karena mengetahui bahwa harga yang tercantum adalah harga yang sebenarnya mereka bayar.  Selain itu, mereka tidak akan lengah dengan biaya tambahan saat memasuki halaman pembayaran. 

Dari perspektif psikologis, Anda akan diuntungkan jika pengunjung yakin bahwa harga yang mereka lihat adalah representasi akurat dari biaya akhir yang harus mereka bayar. Satu hal yang perlu disebutkan adalah bahwa Anda tidak harus menanggung biaya pengiriman tersebut, Anda cukup "menyembunyikannya" dengan menyematkannya langsung pada harga produk yang Anda jual.
 
Menerapkan Diskon Berbasis Persentase
 
Tentunya toko fisik senantiasa mengajarkan Anda akan sebuah hal. Siapa yang tidak menyukai tulisan “diskon 50%” di depan sebuah toko pakaian favorit mereka? Hal ini dapat Anda sematkan dalam produk untuk meningkatkan konversi untuk toko online Anda. Pertimbangkan penggunaan dua harga dari dua produk yang sejenis, misalnya dengan membandingkan harga awal dengan harga setelah diskon untuk produk tertentu. 
 
Meskipun diskon berbentuk persentase ini sudah berada di setiap e-commerce dan marketplace di dalamnya, hal ini tetaplah masih efektif untuk Anda coba. Entah bagaimanapun, otak manusia masih lebih tertarik untuk membeli suatu produk jika harga asli yang dinaikkan secara artifisial telah "dipangkas" ke jumlah yang lebih rendah. Bereksperimen dengan persentase yang berbeda bergantung pada margin keuntungan dalam menemukan persentase yang paling efektif untuk Anda.
 
Menerapkan Promosi Beli 1 Gratis 1 (Buy 1 Get 1)
 
Setiap orang menyukai hal gratis. Anda dapat mengatur beberapa promosi pemberian produk gratis seperti sampel jika beberapa produk yang dibeli pelanggan mencapai tingkat minimal pembelian tertentu. Anda dapat memberikan konsumen Anda kesan pertama yang positif dan membuat mereka merasa bahwa mereka menerima nilai produk yang lebih berkualitas dan juga menjadikan opini mereka senantiasa positif ketika selesai melakukan transaksi dengan toko online/ official store Anda.
 
Pada waktu yang sama, hal tersebut juga dapat memberikan mereka insentif tambahan untuk menghabiskan lebih banyak uang mereka jika mengunjungi kembali toko online/ official store Anda. Bahkan Shopify, salah satu e-commerce yang memiliki banyak marketplace di dalamnya juga mengakui bahwa promosi dan fitur buy one get one yang mereka berikan senantiasa menjadi salah satu performa terbaik dan yang mendapatkan banyak respon positif dari konsumen yang berbelanja.
 
Memberikan Diskon Berdasarkan Kuantitas
 
Cara terbaik lainnya untuk meningkatkan penjualan dan nilai rata-rata pembelian dari pelanggan Anda (basket size) adalah dengan memberikan diskon berdasarkan kuantitas produk spesifik yang dibeli oleh pengguna. Diskon ini dapat distrukturkan dengan berbagai cara seperti harga flat, persentase maksimal atau skala bergeser.
 
Hal ini sangat menguntungkan Anda yang berusaha untuk menjual kepada konsumen biasa dan juga untuk para toko online lain yang membeli dengan kuantitas besar untuk dijual kembali. Anda dapat mengatur struktur kuantitas diskon sehingga mereka yang ingin membeli dalam jumlah besar tidak perlu menghubungi Anda secara langsung untuk menegosiasikan harga. Semakin banyak otomatisasi dalam toko online Anda, semakin banyak jam kerja yang dapat dialokasikan bagi bisnis Anda untuk berinovasi dan bertumbuh lebih baik lagi. 
 
 
Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya bahwa, mengelola toko online di marketplace, serta melakukan berbagai kegiatan promosinya merupakan hal yang bisa dibilang susah-susah gampang. Semuanya bisa Anda pelajari secara mandiri sedikit demi sedikit. Namun yang menjadi pertanyaan, jika Anda merupakan pemilik brand besar dan memiliki banyak sekali produk (ratusan hingga ribuan produk atau lebih), apakah Anda sempat untuk meluangkan waktu dan mempelajarinya terlebih dahulu? Apakah Anda memiliki tenaga yang berpengalaman di bidang tersebut? Tentunya toko Anda tidak bisa menunggu, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari industri e-commerce.
 
Sebagai solusinya, mungkin Anda dapat mempertimbangkan penggunaan jasa e-commerce enabler seperti Jet Commerce, yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan dan mengelola toko online atau official store Anda di marketplace.
 
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce enabler & solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan Jet Commerce meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment service (storing products - order processing – packing – shipping by logistic partners).
 
 Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer Brand Partners kami merupakan sebuah prioritas.
 
 
 
 
 
Reference: OuterBox

Related Articles