Tips for Designing Better UI Cards

Desain dengan format kartu saat ini sudah menjadi bagian penting dari setiap desain UI. Ada jutaan aplikasi dan website yang mulai menggunakan format kartu ini dalam setiap desain mereka yang membuatnya juga menjadi tren saat ini.
 
Hal ini bukanlah sekedar hal yang sepele dan tidak berguna melainkan menjadi salah satu elemen paling efektif dalam sebuah tampilan layar yang menunjukkan gambar dan teks informatif seputar rincian dari produk atau layanan yang Anda tampilkan.
 

 
Contoh nyata yang dapat Anda ambil adalah dari gambar diatas. Google menggunakan format kartu ini untuk menampilkan berita dalam bagian pembaruan. Setiap kartu memiliki gambar, judul dan deskripsinya masing-masing yang membantu pengguna agar lebih mudah memahami topik yang sedang dibahas tanpa harus membaca keseluruhan artikel. Dan ketika pengguna menemukan artikel atau konten yang menurut mereka menarik, mereka dapat dengan mudah menekan artikel tersebut untuk membaca keseluruhan konten di dalamnya.
 
Untuk membantu Anda untuk memahami lebih dalam lagi tentang format kartu dalam desain UI ini, berikut beberapa tips yang dapat kami berikan:
 
Gunakan Gambar Secara Efektif
 

 
Menggunakan gambar di dalam format kartu ini membuat tampilannya lebih menarik dan mendefinisikan informasi di dalamnya dengan lebih efektif. Tetapi, Anda harus senantiasa berhati-hati, khususnya saat menggunakan gambar di dalamnya. Terkadang, memasukkan gambar ke dalam format kartu dari desain UI ini juga dapat menghancurkan pengalaman pengguna dari aplikasi atau website Anda. 
 
Sebelum Anda menerapkannya pada aplikasi atau website yang Anda miliki, Anda dapat mencoba untuk menggunakan gambar contoh terlebih dahulu agar pengguna dapat membantu pengguna dalam mempertimbangkan produk mana yang layak untuk mereka beli tanpa melihat detail keseluruhan dari produk yang mereka inginkan. 
 
Gunakan Gaya Fonts Yang Sesuai
 
Penggunaan gaya font yang sesuai juga merupakan langkah penting yang dapat Anda ambil. Teks yang Anda berikan membantu pengguna untuk dapat lebih mudah mencerna informasi secara cepat. Dan juga, Anda perlu mengingat bahwa penggunaan font dengan gaya yang sesuai penting untuk diterapkan. Jika Anda memilih font yang kurang tepat, tentunya ada peluang dimana pengguna tidak memahami format desain kartu UI Anda dan menghasilkan pengalaman yang kurang baik. 
 
 

 
Menggunakan teks yang sederhana dapat menjadi salah satu pilihan Anda karena penggunaannya membuat pengguna lebih mudah untuk memahami informasi konten secara lebih cepat.
 
Buat Tampilannya Rapi & Jelas
 
Definisi dari tampilan yang rapi dan jelas adalah dengan menghindari penumpukan konten dengan berbagai teks dan informasi serta tindakan di dalamnya. Setiap kartu hanya memerlukan informasi terpenting dan menyajikan ringkasan singkat untuk pengguna.
 

 
Anda juga dapat menambahkan beberapa data dalam kartu tersebut tetapi pastikan untuk mencantumkan informasi yang relevan dengan pencarian pengguna agar senantiasa menjadikan pengalaman pengguna positif saat mengunjungi website ataupun aplikasi Anda.
 
Tambahkan Beberapa Efek Jika Diperlukan
 
Menambahkan beberapa efek seperti pergerakan atau bayangan dapat meningkatkan desain dari format kartu UI Anda tersebut dan membuatnya lebih menonjol di mata pengguna.
 

 
Pastikan Anda memilih bayangan atau motion yang tepat untuk konten dan produk Anda.
 

 
Gestur sederhana seperti swipe, atau gestur memperbesar dapat memudahkan pengguna untuk menelusuri berbagai kartu tanpa mengambil ruang yang besar dari layar mereka.
 
Pertahankan Hierarki Visual Yang Anda Gunakan
 
Hierarki dari gambar dan teks yang Anda gunakan haruslah sempurna dalam membuat kartu UI lebih efektif dan juga menarik perhatian. Hierarki ini membuat setiap informasi di dalam kartu lebih jelas dan mudah dipahami oleh pengguna.
 

 
Desain dengan format kartu UI yang Anda miliki dapat menunjukkan informasi mana yang lebih baik untuk ditunjukkan. Dan juga, dengan menjaga strukturnya, kartu Anda akan lebih efektif dalam menyampaikan pesan kepada pengguna secara langsung.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips untuk merancang desain kartu UI bagi aplikasi ataupun website yang Anda miliki. Jika Anda masih membutuhkan bantuan, kami hadir untuk Anda. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
Reference: UX Planet

Related Articles