Tips for Designing The Perfect Navigation Bar

Setiap orang senantiasa menggunakan tab navigasi (navigation bar). Hal ini dikarenakan mudahnya penggunaan tab navigasi tersebut pada setiap aplikasi. Tetapi, jika digunakan dengan kurang tepat, tentunya pengalaman pengguna juga akan terpengaruh. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan dalam merancang desain dari performa tab navigasi yang lebih baik untuk tampilan antarmuka Anda.
 
Selalu Garisbawahi Tab Yang Sedang Digunakan Oleh Pengguna
 
Dengan menggarisbawahi tab yang sedang digunakan, tab navigasi Anda dapat memberikan respon balik pada pengguna tentang apa yang sedang mereka lakukan. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna dapat mengetahui dimana mereka berada. Dan jika Anda tidak menggunakannya, mungkin ada peluang dimana pengguna akan menjadi bingung dalam menggunakan website ataupun aplikasi Anda.  Anda dapat mencoba menggunakan beberapa warna dan interaksi mikro untuk mengindikasikan tab yang sedang mereka gunakan dalam hal ini. 
 

 
Aplikasi Google juga memiliki tab navigasi yang menggarisbawahi tab yang sedang digunakan dengan mengubah warna ikon dari abu-abu menjadi biru.
 

 
Dan untuk aplikasi berbasis website, tentunya penting bagi Anda untuk mengindikasikan tab yang sedang aktif untuk pengalaman dan pemahaman pengguna yang lebih baik.
 
Tambahkan Animasi Di Dalamnya
 
Gunakan animasi atau mikro animasi di dalam tab navigasi Anda untuk memberikan kesan yang lebih baik dan membuat aplikasi Anda menjadi lebih menarik. Misalnya seperti dengan menggunakan animasi mikro seperti di bawah ini.
 

 
Dengan menambahkan animasi sederhana yang bergerak dan ikon dengan interaksi mikro, Anda dapat membuat navigasi Anda terasa lebih berguna untuk pengguna. Anda juga dapat mencoba melakukannya dengan menggunakan ikon yang dapat berubah warna dan teks dengan animasi yang membuat navigasi Anda senantiasa menarik.
 
Tetapi Jangan Tambahkan Terlalu Banyak Animasi 
 
Dalam tips sebelumnya, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan animasi dalam tab navigasi. Tetapi, jangan terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan penggunaan yang terlalu berlebihan dalam navigasi tersebut dapat melukai pengalaman pengguna Anda.
 
 
Animasi yang berukuran besar dan lama untuk dimuat dapat mengganggu pengguna khususnya jika mereka jadi harus dengan cepat menekan tombol tertentu untuk melewati halaman yang ingin mereka tuju. 
 
 
Efek animasi dapat mengganggu bagi pengguna pada umumnya. Coba bayangkan jika pengguna harus berinteraksi dengan efek tersebut setiap kali. Terkadang, animasi tersebut mungkin terlihat menarik, tetapi jika mereka sering membuka website atau aplikasi Anda, hal tersebut dapat membuat mereka frustasi.
 
Gunakan Teks & Ikon Dengan Bijak
 
Ikon dengan teks dapat mengambil banyak ruang dalam tab navigasi. Dan juga, penting untuk Anda ketahui kapan waktu yang tepat untuk menggunakan teks atau tidak. Untuk pengambilan keputusan dari rancangan desain Anda, perhatikan dan pahami kebutuhan dari audiens terlebih dahulu. Jika audiens Anda memiliki beberapa pengetahuan teknis dan dapat memahami ikon yang Anda berikan tanpa tambahan teks, Anda dapat menggunakan ikon saja dalam tab navigasi Anda. Dan juga, sebaliknya.
 
Anda juga dapat menggunakan teks yang singkat dan senantiasa menggunakan ikon yang lebih mudah untuk dikenali untuk aksesibilitas yang lebih mudah bagi pengguna.
 
 
 
Berikut di atas adalah contoh nyata dari ikon Spotify. Dalam gambar diatas, Spotify menggunakan ikon yang sederhana dengan teks singkat di bawah ikonnya. Hal ini membantu pengguna untuk lebih mudah memahami navigasi dari aplikasi tersebut. 
 
Less Is More
 
Yang dimaksud dengan less is more disini adalah dengan menggunakan lebih sedikit ikon dalam tab navigasi website ataupun aplikasi Anda. Tab navigasi Anda harus diisi dengan fitur dan hal yang paling penting dari keseluruhan fungsionalitas aplikasi atau website. Anda dapat mencoba menggunakan fitur yang penting di dalamnya dan menempatkan tab navigasi di bagian menu atau pengaturan profil.
 
 
Alasan lain untuk menerapkan hal ini adalah dikarenakan jari dari pengguna. Jika terlalu banyak ikon dalam tab navigasi Anda, tentunya ada risiko besar bahwa pengguna akan menekan ikon yang salah karena layar perangkat yang kecil. Jadi, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan sedikit ikon dan opsi yang biasa terbatas sekitar 5 opsi dalam satu tab.
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk meningkatkan performa dari tab navigasi website ataupun aplikasi yang Anda miliki. Jika Anda masih membutuhkan bantuan seputar UI / UX Design bagi website ataupun aplikasi, kami dapat membantu Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
Reference: UX Planet

Related Articles