Tips Memilih Desainer Website Yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Website merupakan salah satu media yang wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis, baik itu penjual jasa, pedagang, profesional dan berbagai macam usaha lainnya. Selain berfungsi sebagai media penyampaian informasi, website juga berfungsi sebagai sarana promosi dan penunjang bisnis supaya bisnis yang Anda miliki semakin dikenal oleh konsumen.
 
Merancang desain sebuah website bukanlah hal yang mudah. Diperlukan keahlian khusus agar website dapat dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan visual yang menarik tanpa menghilangkan nilai pesan dari usaha Anda. Tak jarang, banyak pelaku usaha yang menggunakan jasa pembuatan website dari para web designer yang menawarkan jasa desain website.
 
Kendati demikian, Anda sebagai pelaku bisnis juga harus jeli dan selektif dalam memilih web designer yang akan membangun website sebagai “rumah” dari bisnis Anda. Dalam beberapa kasus, banyak web designer yang memasang harga jasa desain website dengan harga sangat murah, namun justru memberikan pelayanan yang ala kadarnya sehingga merugikan klien. Ada juga beberapa web designer yang sebenarnya tidak menyertakan layanan purna jual atau garansi, namun sama sekali tidak mengkomunikasikannya kepada klien sedari awal perjanjian.
 
Untuk menghindari hal-hal di tersebut, berikut kami berikan beberapa tips dalam  memilih jasa pembuatan website dari para web designer yang kredibel.
 
Lihat Portfolio dan Website Milik Web Designer
 
Kredibilitas seorang web designer dapat dilihat untuk pertama kalinya melalui portofolio. Pada bagian portfolio, Anda akan menjumpai beberapa informasi mengenai track record pembuat website (web designer), seperti hasil karya yang telah dibuat, sertifikat keahlian, bukti-bukti kerjasama dengan perusahaan ternama, dan informasi penting lainnya.

Bagian terpenting dari portfolio terletak pada hasil karya web designer. Di sini, Anda akan mempertimbangkan apakah hasil karya web designer tersebut cocok dengan selera Anda atau tidak. Cobalah untuk tidak terlalu mementingkan jumlah banyak atau sedikitnya karya yang telah dibuat, namun berfokus pada kualitas dari karya web designer.
 
Atau, jika desainer website tersebut memiliki website pribadi, Anda dapat menanyakan alamat website-nya sebagai bahan pertimbangan. Ibarat sebuah rumah, seorang web designer tentu akan memprioritaskan rumah pribadinya untuk selalu dirancang sebaik mungkin. Di sini, Anda dapat melihat seberapa potensial desainer website tersebut dalam bekerja semaksimal mungkin untuk membangun website dari bisnis Anda.


Profesional dan Transparan
 
Jiwa profesional seorang web designer dapat tercermin dari bagaimana ia mampu menjelaskan alur kerja (workflow) jasa pembuatan website secara rinci, jelas, dan terstruktur kepada klien. Profesionalitas tersebut juga dapat Anda lihat dengan jelas pada saat melakukan client brief.

Jika pada saat pertemuan pertama si pembuat website langsung menanyakan beberapa pertanyaan seperti "Usaha apa yang Anda jalankan?", "Apa tujuan Anda membuat website?", "Apakah Anda sudah mempunyai versi cetak company profile atau produk katalog?", "Apa yang unik dari usaha atau bisnis Anda?", kemungkinan besar Anda bertemu dengan seorang web designer yang tepat. Seorang web designer yang akan bekerja maksimal tentunya akan meneliti terlebih dahulu profil usaha Anda secara mendalam sebelum merancang desain website. 
Apabila Anda sudah menentukan web designer yang sesuai, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah transparansi kinerja si pembuat website. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa kasus dimana web designer memasang harga murah pada awal perjanjian, namun seiring proses pengerjaan, tiba-tiba desainer tersebut menambahkan biaya tambahan tanpa sepengetahuan klien. Seperti biaya instalasi Secure Sockets Layer (SSL) yang otomatis ditambahkan saat membeli domain.

Anda sebagai klien, haruslah cermat untuk menanyakan tentang rincian harga dan manfaat yang didapat sebelum melakukan kerja sama. Selain itu, pastikan juga kepastian harga tetap sama seperti awal perjanjian. Sekiranya ada perubahan dalam pengerjaan, desainer yang berkualitas akan langsung mengkomunikasikannya kepada klien, sekecil apapun perubahan tersebut.

Hal penting terkait kepastian layanan jasa pembuatan website lainnya adalah tentang template. Dalam beberapa kasus, masih ada penyedia jasa desain website yang terkadang menagih biaya premium untuk template yang sebenarnya dapat didapatkan secara gratis.

Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal ini, bukan?

Pastikan kembali jika template yang ditawarkan adalah originalitas dari si pembuat website.

Desain Website Berfokus pada Substansi Pesan

Setelah memberikan seluruh informasi tentang bisnis Anda, web designer yang baik akan memecahkan masalah dan memberikan solusi terbaik untuk pembuatan website Anda. Semua hasil pemecahan masalah dan solusi tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk design overview. Penting untuk Anda ketahui bahwa desain yang berkualitas adalah desain yang mampu menyampaikan pesan dari usaha atau jasa Anda secara efektif kepada audiens. Di sini, fokuskan prioritas Anda pada fungsi dari desain yang akan dibuat oleh web designer.

Selanjutnya, Anda baru boleh memperhatikan estetika desain, kemudahan navigasi, kemudahan menemukan informasi dan pertimbangan apakah desain website eye-catching atau tidak. Pemilihan komposisi warna juga harus diperhatikan, jangan sampai perpaduan tone warna website Anda justru membuat pengunjung “sakit mata” saat melihat website Anda.
 
Desain Website yang Dirancang Harus SEO-Friendly

Kebanyakan web designer terlalu berfokus pada estetika desain untuk audiens, sehingga lupa bahwa yang menilai website Anda bukan hanya pengunjung saja, namun juga mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Jika diibaratkan sebagai sebuah kompetisi, SEO merupakan senjata utama sebuah website untuk dapat bersaing dengan website kompetitor lainnya. Jika website tidak dilengkapi dengan SEO plugins, sudah dapat dipastikan website Anda tidak akan pernah mencapai halaman pertama mesin pencari dan akan tertinggal jauh dengan website kompetitor lainnya.

Search Engine Optimization atau SEO merupakan upaya mengoptimasi website dalam mendapatkan peringkat atas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik website Anda pun juga akan meningkat. Selain menghasilkan trafik organik yang tinggi, SEO juga akan membantu website Anda mendapatkan trafik yang tepat. Jadi Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tetapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website Anda. Dengan demikian, pastikan kembali jika website yang akan dirancang oleh web designer sudah terinstal SEO plugins yang memadai.

Web Designer Juga Harus Mampu Memahami Website Development

Proses pembuatan website tidak berhenti sampai proses desain tampilan visual saja. Karena jika hanya sampai pada visualisasi, website yang akan Anda buat hanya akan berhenti pada tahap peluncuran saja (website launching). Ibarat sebuah rumah, website juga perlu dirawat, dipelihara, dan dikembangkan. Oleh sebab itu, seorang web designer yang berkualitas juga harus mengerti konsep dasar website development seperti pembuatan database, mengatur domain dan hosting, membuat tampilan web yang dinamis, hingga mengatur bagaimana pengunjung dapat berinteraksi melalui elemen-elemen dalam halaman website.

Biasanya, web designer akan memberikan platform yang memungkinkan Anda dapat mengatur website Anda secara mandiri, yang disebut dengan Content Management System (CMS). Melalui fitur CMS, Anda dapat log in dan mengatur tampilan, navigasi, serta isi konten Anda sendiri. Namun yang perlu Anda perhatikan sebelum dapat mengatur CMS adalah memastikan bahwa desainer website tersebut memberikan training kepada Anda setidaknya 1 bulan sebelum website diluncurkan. Training tersebut adalah pelatihan menggunakan CMS. Anda akan dilatih untuk bisa mengoperasikan konfigurasi navigasi, mengubah tampilan, hingga mengunggah konten sendiri.

Hal terakhir yang tak kalah penting tentang website development adalah konsistensi maintenance dari si pembuat website. Apabila website Anda sudah diluncurkan selama kurang lebih 6 bulan, kemudian terdapat masalah seperti error atau bug, seorang web designer yang kredibel akan tetap menangani segala permasalahan pada website Anda, sekecil apapun masalah tersebut. Atau jika Anda menginginkan perubahan yang tidak Anda mengerti bagaimana cara melakukannya, web designer yang profesional juga akan tetap membantu Anda menanganinya.


 
Setelah Anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih web designer yang kredibel dan profesional, kini Anda tidak perlu ragu lagi dalam memilih web designer yang terpercaya untuk bisnis Anda. Namun, apabila Anda baru mau memulai bisnis Anda dan masih bingung memilih jasa pembuatan website berkualitas, jangan khawatir.

Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.

Dan juga, Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami juga siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens Anda dengan menyerahkan layanan jasa Custom Web Design / Website Development di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
 
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 

Related Articles