Tips on Using White Backgrounds in Website Design

Dapat terlihat bahwa akhir-akhir ini latar belakang dengan warna putih sering digunakan dalam desain website. Pola dengan warna gelap mungkin sudah menjadi bagian besar dari proses desain sejak lama, tetapi kini warna putih mulai menggantikan tempatnya. Dan saat menggunakan latar belakang warna putih, mungkin desain Anda terlihat mudah dirancang dan selalu aman dalam menyajikan desain yang rapi, tetapi tidak selalu demikian.
 
Warna latar belakang putih harus disesuaikan dengan pilihan teks dan gambar yang Anda gunakan. Latar belakang dengan warna putih memerlukan harmoni dengan keseluruhan desain agar tidak terlihat berlebihan. Dan juga, latar belakang dengan warna ini haruslah memiliki tujuan dan keindahannya tersendiri dari keseluruhan skema warna desain dari website Anda. Jadi, apa yang perlu Anda lakukan untuk membuat warna latar belakang putih dari website Anda menjadi berfungsi dengan baik? Mari kita lihat.
 
Mengapa Kita Menggunakan Warna Putih Sebagai Latar Belakang?
 
Latar belakang putih selalu menjadi pilihan populer - bisa dibilang karena ini adalah pengaturan default saat bekerja di HTML dan CSS - warnanya telah kembali digunakan dalam beberapa bulan terakhir.
 
Putih sebagai warna latar belakang untuk blog dan situs e-commerce dapat dikatakan menjadi sebuah dasar, tetapi yang sering terlihat adalah bahwa lebih banyak desainer yang menggunakan latar belakang putih untuk semua jenis proyek yang berbeda (dan lebih kreatif).
 
Meskipun Anda tidak dapat secara langsung menentukan mengapa hal ini terjadi, namun mudah untuk menghitung jumlah website dengan fokus yang ringan dan menggunakan warna ini. 
 
Kami melihat beberapa korelasi antara latar belakang berwarna putih dan dua tren desain web, yaitu:
 
  • Desain Responsif - Desain responsif dan penggunaan grid untuk berbagai perangkat telah membantu latar belakang dengan warna putih yang sederhana untuk mendapatkan kembali popularitas karena mudah dirancang dan selalu terlihat alami. Di beberapa tata letak dari desain website yang responsif, website tersebut mengunci grid tertentu dan segala sesuatu di luarnya menampilkan "tepi" dari latar belakang. Jika keseluruhan latar belakang berwarna putih, tepi ini menjadi tidak terlihat jika tidak menggunakan pertimbangan desain tambahan.

  • Desain Flat & Sederhana - Sederhana masih menjadi tren utama (seperti yang terjadi di tahun 2013). Dan latar belakang dengan warna putih adalah lambang dari kesederhanaan. Putih juga memudahkan Anda untuk memasangkan dan menggunakan banyak warna cerah dan berani yang merupakan simbol gaya desain flat.

Apa Saja Yang Warna Putih Katakan?
 
Warna putih merupakan warna sederhana yang memiliki artinya tersendiri dan memiliki konteks dari sekitarnya. Putih, alaminya merupakan warna yang melanmbangkan kemurnian, kepercayaan, cahaya, kebersihan, kemungkinan, kelembutan, dan hal yang positif. Sebagai latar belakang, putih biasanya lebih sering menjadi warna pendukung. Putih mempertahankan beberapa asosiasi warnanya tersendiri, dengan rona yang menyerap apa yang ada disekitarnya yang memungkinkan makna penuh dari desain di sekitarnya muncul. Jadi, warna putih jika digunakan sebagai warna latar belakang akan mengambil atribut feminin jika dipasangkan dengan warna merah muda dan jenis huruf skrip.
 
Warna putih sebagai latar belakang warna menekankan kejelasan dan menghilangkan gangguan visual dalam penggunaannya saat ini. Rona digunakan untuk menambahkan penekanan visual ke bagian penting lainnya dari desain - warna, teks atau gambar - dan seringkali menjadi bagian dari keseluruhan estetika visual yang dirancang sederhana dan minimalis.
 
Nuansa Warna Putih Lainnya
 
Warna atau kata lain yang mewakili warna putih atau hampir putih termasuk warna salju, susu, gading, mutiara, kertas, sutra jagung, kerang, linen, krem dan pualam. Rona warna yang mirip dengan warna putih lainnya termasuk sedikit warna seperti hitam - membuat warna putih terasa lebih lembut dengan rona merah untuk dibaca dalam tampilan layar. Beberapa pengguna dan desainer berpendapat bahwa warna putih bersih tidak terlalu enak untuk dipandang. Maka dari itu diperlukan sentuhan sedikit warna lain di dalamnya.
 
Tips Menggunakan Warna Putih
 
Ciptakan  Kontras
 
Pilih warna gelap atau cerah yang dapat berbicara kepada pengguna dengan latar belakang putih. Hitam adalah pilihan umum untuk jenis dengan latar belakang putih (atau abu-abu gelap) karena lebih mudah dilihat dan dibaca. Hal yang sama juga berlaku untuk gambar. Pilih gambar yang fokusnya tidak terlalu merujuk pada warna putih atau pertimbangkan penggunaan bingkai hitam di sekitar gambar untuk membedakannya dari warna latar belakang yang mencolok.
 
Buat Kehadirannya Tetap Sederhana
 
Esensi dari warna putih adalah kesederhanaan. Untuk dampak yang lebih kuat, berfokuslah pada memberikan warna yang sederhana atau skema warna yang bergaya minimalis.
 
Gunakan Gambar Yang Sederhana
 
Gambar, grafik dan ilustrasi haruslah merefleksikan nuansa dan perasaan yang sama dengan keseluruhan desain. Jika dibandingkan dengan memberikan gambar kompleks, tetap pertahankan kesederhanaannya.
 
Berfokus Pada Typography
 
Jenis typography yang cantik adalah hal yang paling penting dari outline sebuah desain saat semuanya dibuat dengan sederhana. Hal ini juga membuat titik poin yang lebih tajam dari keseluruhan desain. Pilihlah satu atau dua font yang baik dan gunakan sebaik mungkin. Penggunaannya akan berjalan seiring dengan tema website minimalis dan serba putih milik Anda.
 
Ruang Adalah Teman Anda
 
Ingatlah bahwa latar belakang dengan warna putih merupakan bagian dari keseluruhan tampilan dan juga tren yang Anda bawa ke dalam website Anda. Gunakan ruang putih tersebut dengan memanfaatkan dan menyisakan ruang yang cukup dalam desain Anda. Tambahkan ruang ekstra di sekitar objek, berikan margin yang lebih luas antara teks dan menu di dalam website Anda. Cobalah untuk berfokus pada ruang sebanyak Anda memfokuskan perhatian ke dalam objek di dalamnya. 
 
Berfokus Pada Warna Aksen
 
Pilihlah warna yang Anda inginkan dan gunakan latar belakang putih serta teks hitam untuk lebih memberikan kesan ceria. Warna yang  menonjol tersebut memberikan fokus lebih terhadap bagian tertentu dari desain dengan cara yang alamiah.
 
Meskipun latar belakang dengan warna putih bukanlah hal baru, kini saatnya Anda untuk merancang desain menggunakan latar tersebut dengan cara yang baru. Bekerja dengan latar belakang putih dapat menghadirkan kesan modern, ramping, dan rapi hampir pada seluruh jenis proyek dari desain website.
 
 
Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk merancang desain website yang sesuai dengan keinginan Anda tanpa ingin mengeluarkan budget yang banyak, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Design Modo

Related Articles