Tips to Keep Customers Come Back Several Times without Begging Them

Untuk bertumbuh secara berkelanjutan, mendapatkan konsumen baru tidaklah cukup. Untuk nilai yang senantiasa berjalan dalam bisnis, Anda memerlukan rencana yang tepat untuk tetap mempertahankan konsumen tersebut dalam website Anda dan meningkatkan tingkat retensi. Peningkatan sebanyak 5% dalam tingkat retensi konsumen dapat meningkatkan hampir sebanyak 25-95% pendapatan Anda. Tetapi, mempertahankan pelanggan lama dari website Anda memang 7x lebih mahal daripada mendapatkan pelanggan baru. Tingkat retensi konsumen ini merupakan matriks fundamental yang mencerminkan seberapa baik hubungan antara brand dengan pelanggan Anda.
 
Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang kembali pada website Anda, maka semakin perlu brand dan bisnis Anda untuk membantun hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan mereka. Berikut ini kami berikan beberapa panduan untuk meningkatkan hubungan Anda dengan konsumen agar membuat mereka senantiasa betah untuk bertahan dalam website tanpa perlu meminta mereka berulang-ulang.
 
TIngkatkan Kepuasan Konsumen
 
Menurut penelitian dari Rare Consulting, loyalitas terdiri dari tingkat kepuasan (86%) dan kepercayaan (83%). Semakin senang konsumen akan produk atau brand Anda, maka semakin besar kemungkinan dari mereka untuk kembali ke dalam website Anda. Karena itulah, hal ini menjadi salah satu poin utama yang harus Anda fokuskan dalam mengembangkan bisnis Anda. Pastikan bahwa setiap konsumen dan pelanggan Anda memiliki kepuasan setelah berbelanja dalam website Anda.
 
Menyajikan pelayanan konsumen yang baik dapat menjadi pilihan yang tepat selain dengan menyajikan kualitas produk yang juga terbaik. Pelayanan untuk konsumen ini juga memiliki dampak terbesar dari kepuasan pelanggan. Pelayanan konsumen yang buruk dapat mendorong 71% konsumen untuk keluar dari website Anda. Hal tersebut menunjukkan bahwa departemen untuk layanan pelanggan dapat menjadi fokus dalam menempatkan upaya Anda.
 
Beberapa tips untuk memberikan pelayanan konsumen yang baik:
 
  • Respon Cepat - Waktu respons yang cepat dapat meningkatkan layanan konsumen Anda. Menurut Customer Think, 40% pelanggan berpendapat bahwa waktu respons yang lebih cepat akan memberi mereka kepuasan yang lebih tinggi.

  • Lakukan Hal Terbaik Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mereka - Jika Anda senantiasa ada ketika konsumen membutuhkan bantuan, mereka akan tetap bersama Anda dalam jangka waktu panjang. Berikut adalah contoh dari Trader Joe. Pada tahun 2009, saat badai musim dingin, Trader Joe menerima permintaan akan pengiriman makanan. Hal ini dipesan untuk pria berusia 89 tahun yang kehabisan makanan. Semua toko bahan makanan lainnya menolak. Tetapi, Trade Joe membuat pengecualian pada hari itu dan mengirimkan makanan kepada lelaki tua itu, secara gratis.

    Dengan membantu orang lain ketika dibutuhkan, Trader Joe’s telah mendapatkan kesetiaan dari keluarga lelaki tua tersebut seumur hidup. Ceritanya kemudian diunggah pada komunitas Reddit dan menjadi viral. Ribuan orang menunjukkan kepuasan dan respect mereka kepada Trader Joe.

Jika Anda dapat membantu pelanggan dengan apa yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain, Anda bisa mendapatkan loyalitas dalam jangka waktu panjang untuk keberlangsungan bisnis Anda.
 
Tunjukkan Apresiasi Anda Kepada Konsumen
 
Untuk membuat konsumen Anda senantiasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan, dukungan konsumen (customer service) saja tidaklah cukup. Anda perlu melangkah lebih jauh dan menunjukkan apresiasi Anda. Ketika konsumen merasa terapresiasi dan melihat seberapa penting kehadiran mereka untuk Anda, mereka akan lebih loyal kepada brand Anda.
 
  • Ucapkan Terimakasih Yang Tulus - Langkah pertama yang sederhana untuk menunjukkan apresiasi Anda kepada konsumen adalah dengan mengucapkan terima kasih. Tetapi, untuk membuat mereka lebih senang, Anda memerlukan ide kreatif seperti dengan mengirimkan tulisan tangan dari Anda yang berterima kasih secara langsung kepada mereka.

  • Sertakan Hadiah Gratis Dalam Paket Mereka - Hal ini dapat Anda lakukan dengan memberikan sampel produk atau menawarkan diskon untuk pembelian selanjutnya kepada konsumen. Hal ini dapat dimunculkan saat konsumen berada dalam halaman penyelesaian pesanan dan dengan memberikan mereka kode diskon setelah mereka selesai melakukan pembayaran. 

  • Berikan Perhatian Khusus Kepada Mereka - Setiap orang senang untuk didengar dan dilihat. Anda dapat mengunggah umpan balik positif di saluran media sosial Anda dan menyebutkan pelanggan. Tindakan kecil ini akan membuat pelanggan merasa istimewa dan diperhatikan. Oleh karena itu, mereka ingin kembali dan berbelanja dengan Anda.

Tingkatkan Pengalaman Pengguna
 
Jika Anda ingin konsumen untuk senantiasa berbelanja pada website Anda, proses yang Anda sajikan haruslah smooth dan menyenangkan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:
 
  • Buat Shortcut  Untuk Checkout - Semakin banyak toko online saat ini yang menggunakan satu halaman pembayaran untuk meminimalkan penggunaan halaman. Dengan satu halaman ini, proses pembayaran hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit untuk menyelesaikannya. Contohnya, Amazon mengurangi waktu pembelian menjadi hanya 1 klik. Mereka membuat tombol Checkout dengan 1 klik sehingga pelanggan dapat langsung membayar dengan informasi yang sudah disimpan sebelumnya.

  • Rancang UX Yang Baik Untuk Setiap Halaman  - Berbelanja secara online benar-benar mengubah pengalaman berbelanja dari pelanggan Anda. Hal ini dikarenakan Anda tidak bertemu pelanggan secara langsung, dan pengalaman yang mereka miliki dengan Anda tidak bergantung pada cara Anda berbicara atau melayani mereka. 

Sebaliknya, hal ini sebagian besar bergantung pada cara Anda merancang desain toko Anda dan bagaimana Anda membiarkannya berbicara untuk Anda. Toko dengan UX yang baik harus dapat memberitahu pelanggan tentang seluruh hal yang perlu mereka ketahui tanpa menyebabkan frustrasi atau ketidaknyamanan saat menelusur di dalamnya.
 
Membuat Layanan Berlangganan Untuk Produk Anda
 
Cara lainnya yang juga baik untuk Anda terapkan dalam mempertahankan hubungan jangka panjang dengan konsumen adalah dengan menawarkan layanan berlangganan untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda menjual produk yang dapat dibeli dalam frekuensi mingguan atau bulanan (seperti sampo, makanan, kebutuhan rumah tangga, dan sebagainya), Anda dapat membuat rencana untuk program berlangganan bagi produk tersebut. Ketika konsumen berlangganan, produk Anda dapat langsung dikirim dengan jadwal yang sebelumnya sudah mereka tentukan tanpa harus memasukkan ulang setiap produk yang mereka inginkan dari waktu ke waktu.

Dan jika Anda menjual produk yang cukup mahal dan tidak dapat dibeli secara mingguan atau bulanan, Anda dapat menawarkan layanan berlangganan untuk servis tambahan. Contohnya jika Anda menjual sepatu, tentu saja tidak dalam setiap minggu atau bulan konsumen akan membelinya kembali. Maka dari itu, Anda dapat menawarkan layanan pembersihan sepatu secara bulanan kepada mereka. Hal tersebut juga dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan nilai kepuasan dan juga loyalitas dari pelanggan.
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam menjaga agar konsumen Anda senantiasa kembali untuk membeli produk pada toko e-commerce yang Anda miliki tanpa harus meminta mereka secara berulang-ulang. 
 
Jika Anda masih baru dalam dunia e-commerce atau masih belum memahami secara lebih dalam tentang website dan e-commerce yang ingin Anda gunakan, kami dapat membantu. 
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
 
 
 
Reference: Beeketing

Related Articles