What Is A Good Conversion Rate For E-Commerce?

Tingkat konversi dari sebuah website mengilustrasikan seberapa sukses sebuah brand dalam menampilkan dirinya dan mengubah traffic menjadi pendapatan. Ketika rasio konversi rendah, hal tersebut mengindikasikan bahwa bisnis sedang kehilangan leads dan konsumen prospektifnya.
 
Hal ini tentunya menjadi mimpi buruk bagi setiap pemasar, karena setiap website e-commerce mungkin belum menampilkan performa terbaiknya. Namun, rasio konversi yang rendah dapat diperbaiki, dan solusinya mungkin saja sederhana.
 
Dalam artikel ini, kami akan mencoba memahami lebih dalam tentang rasio konversi dan bagaimana cara dari website untuk menjadi optimal dan mendorong pengunjung untuk senantiasa bertahan di dalamnya.
 
Tindakan Konversi Dalam Website E-Commerce

Konversi merupakan tindakan yang dibuat oleh pengunjung dalam sebuah website. Contohnya ketika mereka memasukkan data untuk menjadi pengikut newsletter, mengunduh panduan, atau membeli produk dari website Anda. Rasio konversi adalah persentase dari seberapa banyak pengunjung yang menghasilkan tindakan tersebut.
 
Untuk website e-commerce, konversi yang paling relevan biasanya terjadi ketika pengguna mendaftarkan akun baru, memasukkan produk ke dalam keranjang belanja, menyimpan produk dalam wishlist dan menyelesaikan transaksi pembelian. Rasio konversi ini berfungsi untuk memberitahu tentang seberapa berhasil website Anda dalam membawa pengunjung untuk masuk ke dalam corong penjualan Anda. Rasio konversi yang tinggi menunjukkan bahwa website Anda sukses untuk meyakinkan pengguna agar menjadi leads atau konsumen, dan rasio yang rendah menunjukkan bahwa ada hal yang masih harus Anda tingkatkan lagi.
 
Usaha dalam memproduksi dan meningkatkan performa website untuk membawa jumlah leads atau transaksi pembelian yang tinggi disebut dengan pengoptimalan rasio konversi (conversion rate optimization).
 
Rasio Konversi Di Berbagai Sektor
 
Rasio konversi dalam website e-commerce dapat bervariasi tergantung pada sektor industri Anda. Hal ini dikarenakan sifat alamiah dari industri, kepentingan & persyaratan pembelian, serta nilai transaksi. Berikut ini kami berikan contoh data dari Littledata yang digabungkan dengan Econsultancy’s Performance Benchmarks dalam konversi e-commerce. Dalam data ini, kita dapat melihat bahwa:
 
Rasio Konversi Rendah -  Perabotan Rumah (0,4%) dan Peralatan Rumah Serta Taman (0,6%)
 
Ketika membuat keputusan untuk membeli perabotan untuk rumah, konsumen cenderung menghabiskan waktu mereka untuk melakukan riset dan membandingkan opsi yang ada, khususnya saat membeli produk dengan harga yang cukup tinggi.
 
Konsumen yang membeli produk untuk rumah dan taman juga lebih mungkin menghasilkan transaksi pada toko bangunan, baik secara fisik maupun online. Ketika mereka melakukan riset secara online, mereka cenderung ingin melihat produk tersebut secara nyata sebelum membuat keputusan.
 
Sebagai contoh, ketika terakhir kali Anda membeli sofa, mungkin sofa tersebut terlihat menarik pada foto onlinenya. Tetapi, Anda hanya akan mengetahui kualitas sebenarnya dari sofa tersebut ketika Anda mendudukinya secara langsung.
 
Kebanyakan orang tidak terlalu menyukai pengambilan resiko untuk produk dengan harga yang tinggi, yang menjelaskan mengapa hal tersebut mendapatkan rasio konversi yang lebih rendah.
 
Tingkat Konversi Rendah: Travel (0,7%) dan Tujuan Wisata (0,7%)
 
Sekali lagi, tingkat konversi website travel dan pariwisata rendah disebabkan karena perilaku konsumen. Dalam sektor ini, penelitian yang lebih luas merupakan hal yang lumrah. Jarang sekali konsumen melakukan pemesanan pada kunjungan pertama mereka ke dalam website travel.
 
Sebagian besar calon turis akan melakukan perbandingan harga, memeriksa penawaran di berbagai agen, dan mencapai tahap akhir proses pemesanan tanpa mengeluarkan uang - untuk memastikan bahwa harga akhir yang mereka dapatkan sesuai dengan anggaran mereka. Selain itu, agen travel cenderung membuat semua pengaturan bagi konsumen yang memilih untuk berlibur dengan menggunakan jasa mereka, yang membuat lebih sedikit orang yang “dikonversi” secara online.
 
Tingkat Konversi Yang Baik: Makanan dan Minuman (2,4%) & Makanan (2,1%)
 
Meskipun berbelanja bahan makanan secara online telah menjadi bagian dari perilaku konsumen selama lebih dari satu dekade, hal tersebut masih berada dalam tahap awal pada pasar di Amerika Serikat. Namun, minat konsumen senantiasa berkembang, dan penelitian telah menunjukkan bahwa hampir 75% konsumen masih bertahan dengan penjual pertama tempat mereka memesan sebuah produk. Hal ini menjelaskan bahwa tingkat konversi yang tinggi dari website makanan dan minuman senantiasa berjalan. Komponen lainnya adalah ledakan dari popularitas untuk memesan makanan secara online. Di Inggris, sektor pengiriman makanan ke rumah secara langsung berkembang sepuluh kali lipat lebih cepat jika dibandingkan dengan kecepatan pasar yang lebih luas.
 
Keakraban dengan brand serta skema loyalitas pelanggan dapat menjadi daya tarik yang kuat bagi konsumen. Website dan aplikasi pengiriman makanan seperti Gojek & Grab dengan cepat menguasai pasar yang menawarkan akses ke restoran yang tak terbatas di bawah satu area. Karena itu, konsumen tidak terikat oleh makanan yang sama setiap kali mereka ingin memesan makanan untuk diantar ke rumah. Oleh karena itu, layanan ini dapat memanfaatkan tren untuk menjelajahi masakan baru, yang membantu para restoran tersebut untuk  meningkatkan konversi mereka.
 
Tidak seperti pengusaha yang menjual produk dengan harga tinggi seperti furnitur rumah, industri makanan dan minuman lebih mudah ditentukan pilihannya oleh pengguna karena tidak mahal dan minim resiko. Dan juga, konsumen lebih jarang untuk berbelanja memutari aplikasi atau website mereka jika dibandingkan dengan menjelajahi website untuk membeli produk perabotan rumah, seperti sofa.
 
Cara Meningkatkan Tingkat Konversi Untuk E-Commerce
 
Kunci untuk meningkatkan tingkat konversi terletak pada pengoptimalan website e-commerce untuk mendorong tindakan yang diinginkan dari pengunjung. Ada beberapa cara yang dapat Anda dicoba, seperti:
 
Menyesuaikan Bisnis Dengan Pelanggan Ideal Anda
 
Hal ini mungkin tampak jelas, tetapi rasio konversi yang rendah dapat disebabkan oleh kurangnya daya tarik dari website Anda. Selalu ingat pelanggan target Anda saat merancang desain dari website Anda. Pertimbangkan beberapa hal ini:
 
  • Apakah website Anda mudah untuk dinavigasikan pengguna?
  • Apakah website Anda memiliki faktor visual yang menarik?
  • Apakah website Anda memiliki proses pembayarannya mudah?
 
Terkadang, penyesuaian sederhana pada website dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuannya untuk mengubah pengunjung menjadi prospek atau pelanggan untuk bisnis Anda.
 
Virtual Showroom
 
Jika Anda menjual produk fisik, beberapa gambar berkualitas rendah dan copy yang tidak jelas tentunya tidak akan berhasil menarik perhatian calon konsumen Anda. Pilih gambar dan video berkualitas yang tinggi dan berikan deskripsi yang menyajikan informasi yang relevan dan persuasif. Website e-commerce yang baik harus dapat memasarkan produk Anda, bukan membuat mereka malah menjauh. Teknologi seperti VR dan video 360 dapat Anda gunakan di sini.
 
Buatlah Konversi Anda Mudah
 
Kita ambil contoh jika salah satu metrik konversi website Anda adalah jumlah pemegang akun baru. Seharusnya tidak sulit bagi pengunjung untuk berspekulasi dan membuka akun di dalam website Anda. Manfaatkan CTA yang jelas dan langsung, sederhanakan proses pendaftaran, dan sertakan formulir di tempat yang intuitif. Jika sulit untuk membuat konversi, pengguna akan ragu untuk melakukannya.
 
Jangan Terlalu Berlebihan
 
Meskipun proses konversi harus cepat dan mudah, jangan terlalu memaksakan diri dengan memberikan pop-up. Anda tidak perlu memunculkan pop-up, memberikan beberapa formulir di halaman yang sama, atau menjalankan strategi yang agresif. Beri pengunjung kesempatan untuk menelusuri website Anda, tetapi jangan memaksa mereka melakukan tindakan yang mungkin tidak mereka inginkan.
 
Tunjukkan Ulasan Yang Baik 
 
Kepercayaan merupakan komponen kunci dari proses pengambilan keputusan pelanggan. Ulasan dan testimoni positif dari pelanggan yang sudah pernah bertransaksi dengan Anda dapat menjadi sangat persuasif. Hal ini  menunjukkan bahwa brand Anda dapat diandalkan.
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman kami tentang rasio konversi dari e-commerce yang dapat membantu Anda untuk lebih meningkatkan konversi website. Jika Anda masih membutuhkan bantuan, Eannovate ada untuk Anda.
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
 

Related Articles