White Hat SEO: The Only Way to Outrank Your Competitors

Optimasi mesin pencari atau biasa dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) bukanlah hal yang baru. Hal ini merupakan teknik pemasaran yang senantiasa berkembang setiap tahunnya seiring dengan mesin pencari seperti Google yang senantiasa juga semakin kuat dan dipercaya. Sekarang, SEO dapat dipandang sebagai metode yang kuat dalam mendatangkan traffic yang ditargetkan ke dalam website. Setiap merek besar dan bisnis kecil yang memiliki kehadiran secara online tentunya menginginkan traffic pencarian organik ini. 
 
Pada saat ini, sebelum SEO menjadi sangat teknikal, kehadirannya cukup sederhana. SEO sendiri berbicara tentang menghasilkan konten terbaik dan relevan untuk mesin pencari dalam memeringkatkan website tersebut di sekitar kata kunci yang relevan. Yang menarik adalah, yang penting di awal masih penting hari ini: Konten Berkualitas. Satu-satunya hal yang telah berubah atau menjadi lebih baik adalah bagaimana mesin pencari menilai kualitas konten.
 
Konten hebat dan relevan menjadi fokus utama dan ide utama dibalik "White Hat SEO" - versi etis dari optimasi mesin pencari.
 
Karena konten menjadi semakin penting setiap harinya, kepentingan dari white-hat SEO mulai tumbuh. Jika Anda berpikir bahwa Anda dapat meraih peringkat mesin pencari teratas tanpa berinvestasi dalam konten yang baik, terutama setelah pembaruan algoritma Google yang utama Anda harus memikirkannya lagi.
 
Terlebih lagi, dengan berfokus pada konten berkualitas, Anda juga akan dapat menggali lebih dalam topik yang relevan. Menunjukkan bahwa Anda memiliki otoritas di bidang tersebut, dapat berdampak pada posisi peringkat Anda di Google.
 
Jadi ya, satu-satunya cara yang sah untuk menentukan peringkat website Anda lebih tinggi daripada pesaing Anda (dan tetap di sana) adalah memberikan effort lebih pada White-Hat SEO dan rajin menciptakan nilai nyata bagi target audiens Anda.
 
Google dan mesin pencari lainnya menghormati dan merekomendasikan penggunaan white-hat SEO, dan tidak akan ragu untuk memberi Anda posisi yang layak di SERP mengingat Anda mempraktekkannya.
 
White Hat SEO vs Black Hat SEO
 
Saat berbicara tentang SEO, tujuan utamanya adalah untuk meraih dan mengelola posisi teratas dalam mesin pencari - diluar jenis website itu sendiri. Saat ini, bagaimana cara anda mengimplementasikan SEO dan teknik apa yang anda gunakan akan mengacu pada pendekatan antara “White-hat” atau “Black-hat” SEO.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan White Hat SEO?
 
Tanpa membuat hal menjadi lebih kompleks, white hat SEO dapat dijelaskan sebagai kumpulan teknik untuk meningkatkan peringkat sebuah website berdasarkan tata cara tertentu. Hal ini dilakukan tanpa mengimplementasikan cara yang kurang baik dan dapat dikategorikan sebagai penyimpangan oleh mesin pencari. 
 
Kualitas merupakan kunci utama dalam strategi white hat SEO ini. Mulai dari jenis konten yang anda terbitkan hingga keseluruhan pengalaman pengguna dalam website haruslah memiliki kualitas tinggi. 
 
Berikut ini beberapa faktor yang dapat anda implementasikan untuk membuat usaha white hat SEO anda berhasil:
  • Membuat konten yang dalam dan relevan

  • Konten visual yang menghibur dan mendidik

  • Informasi meta yang ditargetkan untuk website anda

  • Navigasi website anda

  • Kecepatan dan performa dari website anda

 
Singkatnya, white hat SEO merupakan cara terbaik untuk meningkatkan peringkat dalam mesin pencari karena berisikan konten berkualitas dan mengacu pada kepuasan pengguna dalam setiap tingkatannya. 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Black Hat SEO?
 
Black hat SEO dimulai pada jalan yang salah, karena seluruh ide di balik hal tersebut adalah untuk memanipulasi aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari. Para pelaku tekniik ini mengabaikan orang atau pengguna pencarian dan mencoba membuat mesin terkesan, yang dengan sendirinya menggunakan strategi yang buruk. 
 
Black hat SEO dapat memberi Anda hasil jangka pendek yang tinggi dalam hal traffic dan exposure. Tetapi dalam jangka panjang, ada kemungkinan besar bahwa website Anda akan dihukum atau dihapus sepenuhnya dari indeks mesin pencari.
 
Black hat SEO diimplementasikan oleh sejumlah webmaster yang hanya berfokus pada pengembalian cepat daripada keuntungan jangka panjang. Berikut adalah beberapa teknik black hat SEO yang perlu dihindari:
  • Mengambil konten dari website  lain dan menggunakannya di website Anda sendiri (berbeda jika mencantumkan sumber dan link website tersebut)

  • Memproduksi konten yang diotomisasi atau membangun backlink yang rendah kualitasnya atau menawarkan nilai tidak nyata.

  • Melaporkan website kompetitor sebagai spam padahal tidak menerapkan teknik black hat SEO.

  • Memproduksi halaman gateway yang menarik pengguna dengan kata kunci bertarget tetapi menipu dan mengarahkan mereka ke website atau halaman yang tidak relevan.

 
Hal ini hanya menunjukkan bahwa black hat SEO adalah hal yang tidak boleh anda gunakan jika Anda membangun bisnis yang nyata dan etis. Fokus Anda harus tertuju untuk mendapatkan hasil maksimal dari banyak strategi white hat dan memastikan bahwa tidak ada taktik SEO Anda yang tidak etis.
 
Apa Yang Terjadi Jika Website Anda Dihukum Oleh Google
 
Google sangat ketat ketika menjaga kualitas website dalam indeksnya. Dan kenapa tidak? Bagaimanapun, Google ingin memberikan pengalaman pengguna terbaik kepada penggunanya dengan mengirimkan mereka ke dalam website yang relevan dan menawarkan nilai nyata. Jadi seharusnya tidak mengejutkan bahwa raksasa mesin pencari itu benar-benar menghukum situs yang terlibat dalam praktik tidak etis.
 
Ketika Anda dihukum oleh Google, Anda mungkin melihat halaman "mengganggu" telah menghilang dari halaman hasil mesin pencari. Atau Anda mungkin melihat bahwa traffic pencarian organik telah berkurang secara dramatis selama periode waktu tertentu.
 
Orang-orang yang mengalami perubahan seperti itu dapat mengetahui jika dan mengapa mereka terkena penalti dengan mengunjungi Google Search Console.
Bahkan situs peringkat teratas dapat didorong keluar dari tempatnya jika mereka menikmati praktik SEO yang tidak baik. Hal ini dapat menghantam otoritas website dan tingkat traffic Anda dengan keras.
 
Solusinya? Segera selesaikan masalahnya dan beritahu Google. Meskipun peluang website untuk diblokir sangat tipis, tetapi hal ini masih mungkin terjadi. Peluang ini menjadi lebih tinggi jika situs tersebut telah menggunakan praktik black hat SEO.
 
Harap perhatikan bahwa membatalkan hukuman dari Google tidaklah mudah. Hal mengharuskan Anda untuk menyingkirkan semua praktik yang tidak etis dan merugikan serta memilih cara white hat SEO. Hanya setelah melakukan pembatalan dan tindakan dalam jumlah yang cukup, Anda dapat mengirim permintaan pertimbangan ulang pada Google.


Mengapa Anda Perlu Berinvestasi Melalui White Hat SEO
 
White hat SEO merupakan teknik terbaik dalam pengoptimalan mesin pencari. Hal ini dikarenakan jika Anda ingin mesin pencari menunjukkan respect terhadap website Anda dan benar-benar menemukannya bermanfaat, Anda harus bermain sesuai aturan. Menjadi pemberontak dapat dan akan membuat website Anda dihukum oleh Google, Bing, dan mesin pencari lainnya.
 
Mari kita hadapi, jika pelanggan potensial Anda tidak dapat menemukan Anda di Google, ada sedikit kemungkinan mereka akan menemukan Anda melalui beberapa mesin pencari yang lebih kecil. Yang berarti jika Anda tidak melakukan upaya Anda dalam white hat SEO, Anda mengambil risiko besar.
 
Lihat beberapa alasan logis bagi Anda untuk mempertimbangkan white hat SEO daripada taktik SEO lainnya yang dipertanyakan:
 
  • Menjaga Reputasi Anda

    Butuh waktu lama untuk membangun reputasi yang kuat, terutama di dunia bisnis. Dan tidak mudah mempertahankannya begitu Anda membangunnya. Jadi mengapa mempersulitnya dengan teknik SEO yang tidak etis? Mengapa mengambil risiko itu? Jika jawaban Anda adalah "hasil yang cepat", pikirkan lagi. Karena hasil cepat dapat menghilang sama cepatnya ketika Anda tertangkap oleh Google. Setiap teknik white hat SEO yang Anda gunakan dapat menjadi perisai terhadap hukuman mesin pencari. Hal ini membuat website Anda dapat hidup lebih lama di mesin pencari dan memberikan nilai sebenarnya kepada pengguna.

  • Meningkatkan Visibilitas Organik

    Ketika Anda berusaha keras untuk mencapai halaman pertama Google, Anda harus melakukan apa saja untuk mempertahankan posisi Anda. Karena semakin lama Anda tinggal di sana, semakin banyak visibilitas organik yang Anda peroleh. Meskipun hasilnya dengan white hat SEO tidak black hat SEO, Anda layak mendapatkannya. Situs yang mempraktikkan white hat SEO jarang mengalami fluktuasi besar dalam peringkat mereka tidak seperti rekan black hat SEO mereka. Intinya adalah, ketika Anda memperlakukan pengguna dengan hormat dan memberikan nilai nyata, mesin pencari memungkinkan Anda memenangkan perlombaan SEO dari waktu ke waktu.

  • Meraih ROI Yang Lebih Tinggi

    Jika Anda menginvestasikan waktu dan uang ke SEO, Anda jelas berharap untuk melihat hasil positif. Dengan white hat SEO, Anda bisa mendapatkan pengembalian investasi yang lebih tinggi karena Anda berada dalam jangka panjang. Yang berarti Anda tidak hanya akan memulihkan investasi Anda tetapi juga mendapatkan keuntungan yang konsisten dari upaya Anda selama ini. Dengan black hat SEO, Anda membangun istana pasir yang bisa tersapu ketika gelombang besar (pembaruan Google) datang. Pada akhirnya, Anda akan kehilangan waktu dan uang, serta mendapatkan reputasi buruk untuk diikuti.



 
 
Ketika anda sudah memahami pentingnya penggunaan white hat SEO dalam website anda, sudahkah anda menerapkannya? Jika anda masih bingung dan baru memulai bisnis anda dengan menggunakan website, jangan khawatir.

Eannovate hadir Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menjamin bahwa teknik yang kami gunakan adalah teknik  white hat SEO sehingga website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.




 
 
Reference : Lyfe

Related Articles