Why Good Design Gets Better Marketing Results

Sebagai designer, Anda senantiasa mengetahui tentang pentingnya memiliki website dengan tampilan visual yang baik. Tetapi, sebenarnya hal tersebut jauh lebih dalam dari itu. Desain yang baik tidak hanya memperlihatkan tampilan yang menarik, tetapi juga menjadi alat pemasaran dan branding yang kuat dan dapat membantu menghasilkan penjualan bagi produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.
 
Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa alasan tentang mengapa desain yang baik dapat mengkomunikasikan setiap pesan dan ide di dalamnya dengan baik dalam bidang pemasaran beserta beberapa contoh brand yang sudah melakukannya.
 
Kesan Pertama
 
Hal ini dimulai dengan apa yang dilihat pengguna saat pertama kali membuka website Anda - warna, typography dan gambar. Pesan apa yang elemen-elemen tersebut sampaikan? Apakah komunikasi yang disampaikan jelas dan terorganisir atau malah memusingkan dan tidak relevan?  Apapun pesan yang dilihat pengguna dari kesan pertama ini akan membentuk segala komunikasi dari titik tersebut.
 
Website Anda perlu dirancang dengan baik sehingga pengguna menemukan alasan untuk kembali ke dalam website Anda di kemudian hari. Dan juga,  Anda perlu dirancang dengan desain yang sesuai dengan konten dan informasi yang juga mudah untuk dilihat dan dicerna.
 
Kesan Yang Bertahan Lama
 
Setelah kesan pertama diatas, pengguna memerlukan alasan untuk tetap berada dan berpikir tentang website, perusahaan, bisnis atau brand Anda secara lebih dalam. Jadi, Anda dapat memberikan hal lebih untuk mereka. Tunjukkan pengguna apa yang unik dari perusahaan atau bisnis Anda dengan desain yang Anda berikan (visual yang baik juga menjadi salah satu cara terbaik dalam menyajikan pengalaman pengguna positif untuk pengguna).
 
Homepage website yang menarik dan great-looking memang baik, tetapi halaman dan elemen lainnya juga perlu Anda perhatikan dari segi desain visualnya juga. Pikirkan hal ini - Kemungkinan dimana hampir lebih dari setengah pengunjung akan membuka website Anda mulai dari halaman lain selain homepage.
 
Bangunlah Loyalitas
 
Setelah Anda mendapatkan pengguna untuk berkunjung, Anda tentunya dapat merancang desain untuk mendorong mereka agar kembali lagi dan menjadi pengguna yang loyal. Logo yang baik, palet warna yang baik dan jenis teks dan font yang mudah dibaca merupakan salah satu cara mempertahankan mereka.
 
Ciptakan koneksi yang tidak membuat pengguna ingin pergi dengan desain visual yang baik. Anda selanjutnya dapat membangun loyalitas dengan kata-kata atau gambar yang ingin dikaitkan dengan pengguna. Mereka harus dapat melihat website Anda dan diri mereka sendiri (atau diri yang mereka inginkan) dalam website Anda.
 
Bangun Pengakuan Brand Anda
 
Merancang desain dengan konsistensi akan membantu pengguna untuk lebih cepat dalam menemukan website Anda. Hampir setiap orang, dimanapun di seluruh dunia dapat mengidentifikasi logo dengan lengkungan emas yang menandakan brand dari McDonald’s. Dari sini Anda dapat belajar bahwa Anda membutuhkan skema desain yang tepat untuk melakukan hal ini.
 
Tetap berpegang pada gaya, palet warna, palet jenis, suara, dan pesan yang berbeda. Logo atau brand Anda harus selalu jelas dan terintegrasi ke dalam setiap desain yang Anda rancang. Kehadiran visual yang baik tidak ada artinya jika pengguna tidak tahu siapa yang membuatnya atau apa yang diwakilinya.
 
Gaya & Pengambilan Keputusan
 
Dalam hal gaya dan pengambilan keputusan, tujuan nomor satu haruslah konsistensi. Siapa Anda siapa? Ingin menjadi apakah brand Anda? Mengapa pengguna ingin membuat koneksi dengan Anda? Jika Anda memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini dalam proses desain, kemungkinan besar Anda akan membuat pilihan yang lebih baik tentang proyek Anda secara umum.
 
Jawab pertanyaan di atas dengan desain serta buatlah  tampilan dan kehadiran terpadu di seluruh halaman website Anda. Gunakan tampilan visual yang sama pada website, aplikasi seluler, media sosial, media cetak, dan produk pemasaran lainnya yang Anda buat. (Mungkin juga dapat menguntungkan Anda jika Anda membuat panduan gaya yang rinci untuk beberapa aturan diatas).
 
Mudah Digunakan & Terhubung
 
Jangan lupa bahwa koneksi Anda dengan pengguna haruslah senantiasa mudah dilakukan. Hal ini mencakup beberapa konsep desain dan pengembangan - website Anda harus dapat dimuat dengan cepat, menggunakan desain yang modern dan teknologi HTML, serta memiliki kontrol dan fungsi pengguna dengan cara yang sama.
Website yang mudah digunakan akan membuat pengguna lebih terhubung dengan Anda. Pengalaman yang menyenangkan membantu membawa orang kembali dan mendorong mereka untuk menjadi pengunjung yang lebih setia.
 
Buat Kisah Bersama 
 
Bagian dari desain dan rencana pemasaran Anda harus menyertakan sebuah cerita. Tampilan visual website Anda harus senantiasa mengkomunikasikan sesuatu kepada pengguna tentang sebuah cerita yang dapat mereka ingat dan ceritakan kembali, dan dapat menjadi metode yang efektif untuk menghasilkan lebih banyak pengguna.
 
Terkadang menemukan cerita memang sulit. Pertimbangkan hal-hal seperti bagaimana Anda memulai bisnis, mengapa Anda membuat produk atau hal tertentu atau caapa saja cara Anda bekerja dalam komunitas Anda. Cobalah untuk terhubung dengan setiap pengguna.
 
Dorong Pengguna Untuk Berbagi
 
Sertakan banyak peluang bagi pengguna untuk berbagi. Dan dorong perilaku tersebut. Bentuk pemasaran sosial ini dapat mengurangi beban Anda dan membantu brand dalam membentuk komunitas karena pengguna baru diperkenalkan dalam website atau bisnis Anda oleh orang lain yang mereka kenal.
 
Rancang tombol berbagi secara sosial yang mudah digunakan dan ditemukan. Masukkan pesan, teks, dan gambar Anda ke dalam prompt untuk mengelola pesan yang keluar. (Sebagian besar pengguna akan berbagi menggunakan teks Anda jika ada).
 
Bangun Kepercayaan Sebelum Berbisnis
 
Desain Anda harus membantu membangun kepercayaan, dan kemudian mendorong pengunjung untuk berbisnis. Hal ini bisa jadi sangat rumit. Elemen seperti warna dan typography dapat mempengaruhi kepercayaan pengguna. (Jika Anda ragu, pilihlah pilihan yang lebih tradisional, terutama jika Anda memiliki website e-commerce.) 
 
Tambahkan elemen desain lain yang mendorong kepercayaan seperti tautan ke dalam liputan media, testimonial dari klien, menunjukkan jumlah koneksi media sosial, menggunakan gambar dan foto milik Anda sendiri dan membuat website Anda sendiri dan bukan hanya template.
 
Pengaruhi & Ubah  Tindakan Pengguna
 
Terakhir, untuk hasil pemasaran terbaik, Anda memerlukan desain yang mendorong tindakan dari pengguna. Semua tombol dalam website Anda harus dirancang sedemikian rupa sehingga mudah ditemukan, di-klik dan secara langsung melanjutkan ke langkah berikutnya.
 
Elemen dan instruksi navigasi Anda harus jelas dan ringkas. Desain Anda akan gagal jika pengguna tidak tahu siapa yang harus menyelesaikan tindakan yang dirancang oleh Anda untuk mereka lakukan. Buat hal tersebut menjadi mudah. Tombol CTA harus dapat menjadi elemen yang paling menonjol dan mudah ditemukan di seluruh bagian website Anda.
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam membuat desain Anda lebih menarik dan menghasilkan hasil yang lebih baik untuk penjualan dan pemasaran Anda. 
 
Jika Anda masih membutuhkan bantuan akan SEO Digital Marketing, desain website dan development dari bisnis Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: DesignModo

Related Articles