Why is E-Commerce SEO So Important?

Ketika Anda berbicara tentang pengoptimalan mesin pencari (SEO) untuk E-Commerce kepada sebagian besar pemilik bisnis, Anda mungkin dapat seperti menyuruh anak sekolah menengah untuk mengerjakan pekerjaan rumah matematika mereka. "Ya kami tahu. kami tahu! Kami  akan segera mengerjakannya." 

Setiap orang yang menjual secara online memiliki gagasan umum bahwa SEO untuk  e-commerce penting untuk dilakukan dengan benar. Tetapi, mereka juga berpendapat bahwa penjualan mereka sudah cukup baik tanpa memberikan banyak perhatian terhadap SEO. 

Jadi mengapa mereka perlu repot? Apakah SEO benar-benar penting untuk diperhatikan oleh Anda?

Pertimbangkan hal ini terlebih dahulu - Pada tahun 2016, HubSpot memeringkatkan hampir lebih dari 1 juta website untuk mengukur seberapa banyak website yang menggunakan SEO dengan baik. Hasilnya ada dalam gambar dibawah ini.


D- memang terlihat peringkat yang aman, tetapi hal ini juga menunjukkan bahwa kebanyakan website melaksanakan SEO secara buruk. Dan ini keuntungan yang dapat kami beritahukan - Membuat SEO Anda bahkan sedikit lebih baik dari kompetitor Anda dapat menghasilkan peningkatan yang sangat signifikan untuk bisnis Anda. 

Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa alasan mengapa SEO untuk website e-commerce Anda penting bagi kesuksesan dan perkembangan dari bisnis Anda. 

Mendapatkan Traffic Yang Lebih Banyak Dari Audiens Yang Tepat
 
Berita baik untuk toko e-commerce Anda adalah bahwa hampir sekitar 80% orang saat ini berbelanja secara online. Tetapi, berita buruknya adalah bagaimana mereka menemukan apa yang mereka inginkan seperti melalui Tokopedia, Shopee, Google, dan yang lainnya.
 
Untuk para pemilik bisnis yang ingin menjual produk dan layanannya secara langsung dari toko online yang dimiliki, tentunya Tokopedia, Shopee dan e-commerce lainnya merupakan kompetitor yang sangat kuat. Cara bagi audiens Anda untuk mengetahui tentang toko online Anda adalah dengan mendapatkan peringkat setinggi mungkin dengan SEO.
 
Tetaplah ingat bahwa memiliki SEO yang baik tidak secara langsung membawa persentase tinggi dari pencarian Google tetapi membawa persentase tinggi untuk kualitas dari pencarinya.
 
Hal ini bermakna bahwa SEO dari e-commerce halaman produk Anda memiliki peringkat lebih tinggi untuk kueri yang benar-benar berkaitan. Artinya, jika Anda memiliki halaman yang dioptimalkan dengan baik untuk “sepatu badminton merah wanita,” Anda akan mendapatkan lebih banyak klik dari konsumen yang mencari sepatu tersebut dan menuliskan kata yang sama persis dibandingkan dengan konsumen lain yang mencari sepatu Converse.
 
SEO e-commerce yang baik dapat mendatangkan traffic organik yang dibuat khusus untuk konsumen potensial jika dibandingkan dengan konsumen yang kurang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.
 
Berkompetisi Untuk Tempat Kedua & Ketiga
 
Menginvestasikan waktu dan upaya dalam SEO untuk e-commerce mungkin dapat melelahkan bagi sebagian perusahaan atau bisnis. Hal ini dikarenakan apapun yang dilakukan tidak menjamin bahwa posisi mereka akan berada di peringkat pertama pencarian Google. Dalam banyak kasus, brand besar senantiasa mengambil tempat tersebut. Namun, Anda bisa saja menjadi yang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. 
 
Coba kita lihat contoh grafik CTR di bawah ini:
 


Penurunan pada grafik cukup tajam di setiap peringkat, tetapi Anda dapat melihat perbedaan besar di posisi ketiga dan keempat, dengan CTR 10% dan 6%. Hal ini berpotensi disebabkan karena berbagai jumlah klik yang berbeda, tergantung pada traffic per bulannya. Bahkan di area yang lebih rendah lagi dalam halaman pertama Google, memiliki peringkat yang lebih tinggi 1 tempat saja dapat berdampak besar terhadap traffic Anda.
 
Apakah hal tersebut menyatakan bahwa brand yang lebih kecil bahkan tidak dapat meraih peringkat paling atas? Tidak sama sekali.
 
Tentunya, bisnis Anda senantiasa berfokus untuk mendapatkan posisi teratas dari hasil pencarian. Tetapi, jika Anda berakhir pada posisi kedua atau ketiga,hal tersebut masih menjadi pencapaian yang besar untuk brand Anda. Dan kabar baiknya lagi, pengguna yang berbelanja secara online saat ini sudah semakin memahami teknologi dan mereka akan melihat hasil pencarian yang lebih spesifik dari kueri mereka. Dibandingkan dengan mencari kata kunci “sepatu,” mereka akan mencari “sepatu berlari Adidas warna merah.” 
 
Semakin spesifik kueri yang Anda masukkan, maka semakin banyak kesempatan untuk bisnis Anda dalam mengambil tempat dari brand-brand ternama lainnya karena mereka perlu mengoptimalkan lebih dari 10 juta kata untuk setiap produk mereka. Sedangkan Anda, hanya perlu berfokus pada kueri pencarian yang berkaitan langsung dengan produk Anda. 
 
Menyimpan Lebih Banyak Budget Dari Pemasaran & Penjualan
 
Hal ini mungkin menjadi hal terpenting yang menjadi alasan mengapa Anda harus memperhatikan SEO untuk e-commerce Anda secara serius - potensi untuk menyimpan lebih banyak biaya yang harus Anda keluarkan. Faktanya, upaya SEO Anda haruslah memproduksi ROI (return on investment) yang tinggi dari setiap upaya pemasaran Anda. 
Alasannya adalah karena teknik SEO ini tidak menguras biaya saat diimplementasikan. 
 
Berikut ini beberapa contoh dari SEO yang hemat biaya dan dapat Anda lakukan secara langsung:
 
  • Deskripsi Halaman Produk Yang Diisi Dengan Konten — Banyak website e-commerce yang menghabiskan waktu mereka untuk menulis ratusan kalimat dari unggahan blog mereka. Tetapi, halaman produk individual mereka kurang diperhatikan. Praktik terbaik yang dapat Anda lakukan untuk setiap halaman produk seperti blog Anda adalah dengan menulis setidaknya 1.000 kata dan mengoptimalkannya untuk frasa kata kunci Anda dengan mengulangnya hingga tiga sampai lima kali.
  • Ruang Meta Yang Unik —  Meta Title Tags  & deskripsi meta sangat penting untuk memberitahu bot dari Google tentang halaman e-commerce Anda. Setiap halaman produk harus memiliki tag yang unik dengan kata yang menarik seperti “termurah” atau “beli sekarang” di dalamnya. 
  • Arsitektur Website Yang Sederhana — Website e-commerce yang berantakan dan sulit untuk menavigasikan dapat merusak SEO dengan membingungkan Googlebots dan pelanggan, serta membuat mereka akan kesal dengan website Anda. Merancang ulang website Anda dengan arsitektur yang tepat dapat menjadi pendorong yang baik untuk fungsi kegunaan, kecepatan, dan dapat meningkatkan durasi belanja dalam website Anda.

Senantiasa ingat bahwa semakin tinggi peringkat website Anda dalam pencarian Google, maka semakin sedikit pula budget yang Anda keluarkan untuk memasarkan produk Anda secara digital seperti dengan menggunakan Adwords. PErtimbangkan seberapa mahal budget yang harus Anda keluarkan jika Anda selalu memasang bid yang tinggi dalam satu kata kunci. Fungsi yang sama dapat Anda raih hanya dengan menggunakan SEO dalam e-commerce yang dapat juga menghemat budget Anda.
 
Jika Anda membutuhkan cara yang mudah dan budget-friendly untuk merancang website e-commerce untuk produk dari bisnis Anda yang bersifat SEO-friendly, kami dapat membantu Anda. 
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 

 Reference: Growth Spark

Related Articles