Why Understanding Screen Size and Screen Resolution is Important

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak perbedaan hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika mengembangkan sebuah aplikasi perangkat. Dengan hal-hal tersebut, beberapa elemen pengembangan mungkin dapat terlewat begitu saja. Itulah mengapa Anda harus senantiasa rapi dan terorganisir dengan menggunakan daftar ceklis serta serangkaian alat lainnya dalam mengembangkan aplikasi perangkat yang Anda kembangkan.
 
Tetapi, ada satu faktor yang seringkali terlupakan oleh para pengembang saat ini yaitu tampilan layar sebenarnya pada berbagai perangkat yang berbeda. Ukuran layar dan resolusinya merupakan dua hal yang perlu Anda perhatikan sebelum,saat, dan setelah Anda mengembangkan aplikasi perangkat.
 
Mengapa?
 
Ukuran layar penting karena terdapat banyak sekali variasi di dalamnya. Ketika Anda menentukan platform apapun untuk perangkat Anda, baik Apple ataupun Android, keduanya memiliki berbagai perangkat berbeda. Resolusi juga senantiasa penting. Hal ini dikarenakan resolusi dari setiap layar dapat mempengaruhi bagaimana para designer merancang aplikasi tersebut. 
 
Memahami ukuran dan resolusi dapat membantu untuk mengoptimalkan aplikasi perangkat Anda pada berbagai perangkat. Hal ini merujuk pada perangkat smartphone, tablet, dan bahkan smart TV atau layar lain tempat pengguna dapat mengunduh aplikasi Anda. Dengan hal tersebut, kami berusaha untuk memberikan Anda beberapa tips informatif untuk topik ini. 
 
Cara Mengkalkulasikan Pixels Per Inci
 
Anda perlu memahami perbedaan diantara kedua ukuran dari layar perangkat dan dimensi dari resolusi layar. Ukuran layar dapat diukur dengan satuan inci yang merupakan ukuran asli dari layar pada perangkat.
 
Berikut ini contoh ukuran layar dari perangkat iPhone yang mungkin familiar bagi Anda.
 

 
 
Pengukuran dilakukan dari satu sudut layar ke sudut diagonal yang berlawanan. Hal ini sangat mudah, dan siapa pun yang memiliki penggaris dapat melakukannya. Resolusi layar sedikit berbeda. Resolusi diukur dengan jumlah piksel yang dapat dibedakan dan dapat ditampilkan pada setiap dimensi.
 
Resolusi layar iPhone X adalah 2436 x 1125. Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 memiliki resolusi 2960 x 1440. Anda perlu mengetahui ukuran layar serta resolusi untuk menghitung pixel per inci (PPI) dari sebuah perangkat. . Berikut cara Anda menghitung PPI:
 
  • Tambahkan kuadrat dari kedua angka dalam resolusi

  • Hitung akar kuadrat dari bilangan tersebut

  • Bagilah angka sebelumnya dengan ukuran layar

Kedengarannya agak rumit, tetapi kami akan memberi Anda contoh untuk menunjukkan apa yang kami bicarakan. Anda mungkin memerlukan kalkulator untuk melakukan ini. Mari gunakan iPhone X, karena ini baru, dan kami telah membahas ukuran dan resolusi layar. Kami mendapatkan semua informasi yang kami butuhkan untuk menghitung PPI.
 
  • 2436 x 2436 + 1125 x 1125 = 7199721 (mengkuadratkan kedua angka resolusi)

  • 7199721 / 2683.23 = 2683.23 (akar kuadrat dari jawaban sebelumnya)

  • 2683.23 5.8 (layar inci) = 462 PPI

Menurut spesifikasi teknis Apple, PPI untuk iPhone X berukuran 2436 x 1125 piksel 5,8 inci adalah 458, jadi perhitungan kami tidaklah jauh berbeda.
 
Dengan menggunakan rumus ini, cobalah beberapa contoh untuk perangkat Anda sendiri. Mudah untuk mengetahui spesifikasi yang tepat dari berbagai perangkat hanya dengan mencarinya dari website produsen. Pada dasarnya, Anda harus menyadari bahwa ukuran layar dan resolusi layar sama-sama berperan dalam menentukan PPI, dan hal ini dapat memberitahu Anda tentang seberapa baik gambar Anda ditampilkan pada perangkat tertentu.
 
Perbedaan Jenis Layar
 
Jadi Anda telah mengetahui bahwa perangkat yang berbeda memiliki berbagai ukuran dan resolusi layar. Namun, beberapa resolusi lebih populer daripada yang lain. Berdasarkan traffic web Internet dari perspektif global, smartphone dengan resolusi 720 x 1280 piksel merupakan perangkat yang paling populer.
 
Selalu penting untuk mengetahui jenis perangkat mana yang paling populer dalam hal industri aplikasi seluler. Hal ini dapat sangat membantu jika target pasar Anda atau mayoritas orang yang menggunakan perangkat Anda berada di negara dengan persentase perangkat tertentu sangat tinggi.
 
Anda juga harus memperhitungkan jenis layar lain seperti layar HD dan layar QHD. HD adalah singkatan dari definisi tinggi, sedangkan QHD adalah singkatan dari kuartal definisi tinggi.
 
Resolusi piksel untuk layar berdefinisi tinggi adalah 1920 x 1080. Layar definisi tinggi Quarter memiliki resolusi 960 x 540 piksel. 
 
Jadi, mana yang lebih populer? Layar Full HD atau layar QHD? Penelitian menunjukkan bahwa layar QHD mengalami penurunan popularitas pada akhir-akhir ini.
 
Jadi rencanakan dengan tepat saat Anda mengembangkan dan merancang desain dari berbagai elemen aplikasi seluler Anda.
 
Bagi Anda yang berencana membuat aplikasi di masa mendatang, Anda harus lebih fokus pada layar HD daripada layar QHD. Jika tren ini terus berlanjut, layar QHD akan menjadi hal lama yang ditinggalkan. Namun untuk saat ini, Anda masih harus memastikan aplikasi, gambar, dan desain Anda dapat mengakomodasi berbagai perangkat sebanyak mungkin.
 
Bagaimana Anda Dapat Memanfaatkan Perbedaan Ukuran Layar
 
Ponsel, tablet, dan perangkat lain memiliki ukuran layar, resolusi, dan piksel per inci yang berbeda. Bahkan ada jenis layar yang berbeda. Sekarang apa?
 
Sebagai pengembang, Anda hanya perlu mengingat semua informasi ini sehingga aplikasi Anda senantiasa dioptimalkan untuk semua ukuran dan perangkat yang berbeda. Jika Anda hanya membuat aplikasi dengan satu jenis layar, hal tersebut akan berdampak negatif pada pengalaman pengguna dengan perangkat lain. Pengalaman pengguna yang buruk akan merugikan Anda, yang tentunya ingin Anda hindari.
 
Sebagai seorang desainer, Anda harus memiliki kebebasan dan fleksibilitas untuk berkreasi dengan desain dan animasi Anda. Pastikan Anda memperhitungkan berbagai ukuran layar saat Anda menggunakan tata letak otomatis untuk membuat animasi iOS dengan tingkat lanjut. Selain itu, aplikasi Anda dan gambar lainnya masih perlu dimuat dengan sempurna tidak peduli bagaimana pengguna memegang perangkatnya.
 
Selain dimensi ukuran layar dan resolusinya, Anda juga harus memastikan bahwa ada transisi yang mulus antara mode potret dan lanskap. Bergantung pada ukuran layar, pengguna lebih cenderung condong ke satu orientasi di atas yang lain. 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi yang dapat kami berikan mengenai ukuran dan resolusi layar perangkat. Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk mengembangkan aplikasi perangkat yang sesuai untuk bisnis Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form
 
 
 
 
 
Reference: BuildFire

Related Articles