Why You Should Never Center or Right Align Your Logo

Banyak desainer yang berasumsi bahwa bagian tengah atau kanan untuk menempatkan logo dapat membuat merek mereka lebih mudah dikenali. Tetapi nyatanya, riset menyatakan bahwa asumsi ini tidak benar. Faktanya, meletakkan logo selain di bagian sebelah kiri halaman dapat membuat merek anda lebih sulit untuk diingat dan bahkan membuat website anda lebih sulit untuk dinavigasikan.  

Logo Yang Ditempatkan Di Sebelah Kanan Melemahkan Brand Recall

Studi yang dibuat oleh Nielsen Norman Group menyimpulkan bahwa lebih banyak pengguna yang mengingat sebuah merek saat logo mereka ditempatkan di sebelah kiri dibandingkan di sebelah kanan. Mereka menemukan bahwa rata-rata angka dalam brand recall mencapai 89% jika logo ditempatkan di sebelah kiri.

 
Saat pengguna memindai sebuah website, pandangan mereka bergerak dari arh kiri. Sebuah logo yang ditempatkan di bagian kanan akan melemahkan tatapan visual yang menyebabkan lemahnya brand recall. Menempatkan logo anda di bagian sebelah kiri dapat membuat tatapan visual yang lebih dan memberikan pengguna waktu lebih untuk mengingatnya. 

Logo Yang Ditempatkan Di Tengah Menghalangi Navigasi 
 
Nielsen Norman Group juga melakukan studi jika logo ditempatkan di bagian tengah. Mereka tidak menemukan brand recall yang lebih kuat dengan logo yang ditempatkan di bagian tengah jika dibandingkan dengan di bagian kiri. Faktor desain lainnya seperti kontras logo dan legibilitas dapat mempengaruhi brand recall lebih banyak. 
 
 
Tidak hanya itu saja, penempatan tersebut juga dapat menghalangi navigasi dari pengguna yang ingin mengunjungi homepage anda. Hasil dari studi diatas menunjukkan bahwa pengguna gagal bernavigasi menuju homepage hampir sebanyak 6x atau lebih saat logo ditempatkan di bagian tengah halaman.

Pengguna memiliki kebiasaan dengan menekan elemen yang berada di sebelah kiri untuk menuju homepage. Jika elemen tersebut bukanlah logo, mereka pasti akan menekan di bagian tersebut, entah kemana mereka akan diarahkan. Kesalahan navigasi ini dapat mengirim pengguna ke dalam beberapa halaman yang salah sebelum mereka menemukan homepage anda. 

Salah satu cara untuk menghindari kesalahan navigasi ini adalah dengan menempatkan “home” di bagian kiri lebih jauh dari navigation bar anda. Saat pandangan mereka bergeser ke arah kiri untuk menemukan homepage, mereka akan menemukan tautan tersebut dan menekannya secara benar langsung saat itu juga. 

Logo Yang Ditempatkan Di Sebelah Kiri Bekerja Dengan Lebih Baik

Jika brand recall dan navigasi homepage penting bagi anda, anda harus menempatkan logo anda di bagian kiri layar. Pengguna mulai memindai halaman dari atas kiri dan bergeser dari kiri ke kanan menuruni halaman. Hal ini membuktikan bahwa pengguna akan bertahan lebih lama di halaman tersebut jika logo ditempatkan di sebelah kiri.
 
 
Semakin banyak pandangan visual dari logo anda, semakin mudah bagi pengguna untuk mengingat kembali merek anda. Dengan menempatkan logo di bagian kiri layar, anda memperkuat kebiasaan pengguna dalam menekan elemen yang berada di sebelah kiri untuk menuju homepage. 
 
Perbedaan Budaya
 
Kebanyakan bahasa di dunia menggunakan bagian kiri untuk skrip, tetapi ada beberapa negara yang menggunakan bagian skrip dari bagian kanan ke kiri. Hal ini dapat mengartikan bahwa logo yang diletakkan di bagian kanan dari sebuah halaman website dengan skrip di bagian kanan ke kiri (seperti Ibrani, Arab, Persia, Urdu) dapat lebih menunjukkan dampak baik dalam brand recall dan navigasi homepage. 
 
Logo Anda memiliki dampak besar pada kesan pertama pengguna. Jika tidak mudah diingat, pengguna cenderung tidak akan mengunjungi kembali situs Anda. Menempatkan logo dalam header website anda memerankan peran kunci dalam menentukan brand recall. Penempatan kiri untuk logo merupakan konvensi yang diharapkan pengguna serta hal yang paling akrab untuk mereka. 
 
Pandangan pengguna dan kebiasaan navigasi menentukan di mana Anda dapat menempatkan logo Anda. 
 


Jika anda sudah lebih memahami mengapa penempatan logo dalam website anda penting, kini saatnya anda untuk menerapkannya. Anda baru ingin membuat website atau aplikasi yang menerapkan poin-poin diatas?
 
Anda bingung mencari agency yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bidang UI UX di Jakarta?
 
Jangan khawatir.
 
Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau?
 
ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi homepage kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
  


Reference: UX Movement

Related Articles